BTS in 2015 1st SH Power Music 11092015

 

_MG_8262

Akhirnya setelah pembatalan acara BoB yang seharusnya dijadwalkan bulan Januari lalu, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys) untuk pertama kalinya datang ke Jakarta dan menjumpai para ARMY (sebutan untuk fans BTS) Indonesia. Mereka tampil dalam acara 2015 1st SH Power Music with BTS and KM yang dipromotori oleh SH Entertainment. Acara yang diselenggarakan hari Jumat, tanggal 11 September kemarin ini, menjadikan BTS sebagai penampil utama. Selain penampilan panggung, BTS juga menyapa para penggemarnya melalui acara hi-touch dan foto grup.

BTS_1

Para penonton telah memadati area sekitar The Kasablanka Hall, pusat perbelanjaan Kota Kasablanka lantai 3, sejak siang hari. Sesuai jadwal yang telah ditentukan promotor, pada jam 4 sore, para penonton yang berkesempatan melakukan foto bersama dan hi-touch dengan BTS, sudah berkumpul di dalam loka. Sebelum memulai rangkaian acara, BTS dijadwalkan untuk menyapa seluruh teman media yang telah hadir. Namun sangat disayangkan, dengan adanya perubahan yang dilakukan oleh manajemen artis dan promotor, akhirnya hanya 10 media yang diijinkan masuk, dan sayangnya RekON tidak termasuk di dalamnya. Jadi maaf bila tidak ada ‘oleh-oleh’ foto ataupun cerita dari sesi tersebut yah, ONers.

Tepat jam 6 sore, acara showcase pun dimulai. Para penonton yang berada dalam loka pun semua bersemangat meneriakkan nama BTS. Maklum, ini adalah kedatangan sekaligus penampilan perdana BTS di Jakarta, jadi tak heran ARMY Indonesia telah menanti-nantikan grup yang debut tanggal 13 Juni 2013 ini.

KM_1

Sesuai dengan tajuk acara, selain BTS, grup asal Indonesia KM (Korean Music) juga menjadi pengisi acara hari itu. Grup yang terdiri dari 5 dara, SessyWulanReikaLira dan Bila ini, dengan percaya diri tampil dengan lagu yang berkonsep Indonesia-Korea, Heundeul Heundeul. KM juga menyanyikan lagu dengan lirik dari 3 bahasa, yaitu Indonesia, Korea, dan Inggris, agar bisa mencakup pasar yang lebih besar. Walau ada reaksi negatif dari penonton malam itu, KM dengan penuh percaya diri dan bersemangat menampilkan yang terbaik. Menurut RekON, dari segi koreografi, penampilan KM malam itu cukup bagus, namun memang masih harus banyak berlatih, karena sangat terlihat para personil KM kewalahan dari segi vokal akibat harus menyanyi sambil menari. Pada malam itu, KM tampil dengan membawakan 5 lagu, Heundeul HeundeulTemptationNo WayHampa, dan Back To Me.

_MG_8274

Setelah penampilan dari KM, diadakan pemutaran video musik BTS, I Need You dan Dope, yang diambil dari EP terakhir mereka, The Most Beautiful Moment in Life Part 1. Pemutaran video musik ini langsung membuat para fans yang hadir kembali bersemangat dan histeris. Koor dari kedua lagu itu pun terdengar dinyanyikan dengan lantang oleh fans yang hadir. Diiringi penonton yang meneriakkan nama BTS, VJiminJHopeRap Monster (Rapmon)SugaJin dan Jungkook muncul satu per satu ke atas panggung. Dengan ditemani oleh seorang MC dan seorang penerjemah, BTS mengucapkan salam, “Hi, we are BTS”, kepada penonton. Setelah itu satu persatu memperkenalkan diri masing-masing dalam Bahasa Indonesia.

BTS_JIN

Sehabis perkenalan, sesi tanya jawab pun dimulai oleh MC. Akan tetapi karena teriakan kebahagiaan yang tak henti-henti dari penonton, BTS, MC, dan penerjemah terlihat kewalahan akibat percakapan yang menjadi kurang terdengar. MC sempat memperingatkan penonton agar lebih tenang pada sesi tanya-jawab ini, akan tetapi begitu melihat reaksi dari para personil BTS, teriakan pun kembali tak terbendung. MC menanyakan apakah BTS tahu kalau mereka mempunyai fans Indonesia yang begitu banyak  dan bagaimana perasaan mereka. Personil BTS pun menjawab kalau mereka tidak tahu kalau akan ada banyak fans di Indonesia, dan melihat fans yang begitu banyak, BTS pun merasa senang bila mereka dan musiknya diterima serta mendapat sambutan yang begitu hangat dari fans Indonesia.

BTS_RAPMONSTER_1

Seusai sesi tanya-jawab, ada sedikit waktu yang digunakan untuk bermain antara MC dan BTS, selanjutnya ada kue ulang tahun yang dibawa masuk ke panggung. Kue tersebut adalah kejutan untuk ulang tahun Rapmon yang jatuh pada keesokan harinya, tanggal 12 September. Serta-merta semua penonton dan personil BTS menyanyikan lagu ulang tahun untuk Rapmon.

BTS_2

Penampilan panggung BTS malam itu diawali dengan lagu N.O dari EP O!RUL8,2?. Seperti biasa, pada lagu ini, BTS tampil dengan enerjik dan garang. Beat cepat dan keras untuk memanaskan suasana tidak hanya sampai di sana. No More Dream, yang merupakan lagu andalan saat BTS debut, menjadi sajian berikutnya. Setelahnya, BTS kembali memperkenalkan diri, dan Suga, yang dikabarkan tidak begitu baik kondisinya saat hi-touch dan foto bersama, terlihat lebih ceria dan melakukan gerakan mengajak penonton agar berteriak lebih kencang sebelum ia memperkenalkan dirinya. Lalu, para personil mengajak penonton untuk berlatih bagian refrain lagu Miss Right, dan setelah mendengar lantangnya para penonton menyanyikan bagian refrain, JHope, Jungkook dan Suga mengeluarkan komentar, “wow Jakarta wow“, “perfect“, dan “good, you are so good“, kepada para penonton. Memang dalam hal ini penonton Indonesia selalu jempolan.

BTS_JHOPE_1

Miss Right, lagu dengan melodi manis dan mendayu dinyanyikan berikutnya. Selain menjadi kesempatan untuk para personil BTS mengambil napas, di lagu ini pun para personil mulai berinteraksi dan berkomunikasi, tidak hanya dengan sesama personil tapi juga dengan penonton yang hadir. Jimin dan Suga adalah dua personil yang paling sering menghampiri kamera untuk melakukan gestur manis ataupun konyol, yang ditampilkan di layar yang ada di kanan dan kiri panggung. Lagu I Like It yang bertempo lambat menambah kesan romantis pada malam itu.

BTS_JUNGKOOK

Malam itu, nampaknya tidak ada kata lelah bagi para penonton yang datang. Dengan semangat yang terus berkobar, fanchant yang terus diteriakkan, dan lagu-lagu yang selalu ikut dinyanyikan bersama, penonton mendapatkan pujian “mantap” dari Rapmon disertai acungan jempol. Jin yang terlihat pendiam malam itu pun ikut berkomentar, “Wow, Jakarta, I love your sweet voice. Bagus“, dan tak ketinggalan maknae BTS, Jungkook berkata “I want to be with you all the time“.

BTS_V

Lagu bertempo cepat yang menjadi ciri khas BTS kembali mengambil alih panggung. War of Hormone dengan gerakan tarian dinamisnya lebih dulu ditampilkan, lalu dilanjutkan dengan Danger yang disertai tarian yang powerful. Sama seperti sebelum-sebelumnya, fanchant yang diserukan oleh para ARMY di kedua lagu ini pun tak kalah keras dan bersemangat, dan membuat seisi loka membahana. RekON pun ikut merinding mendengarkan kompaknya para ARMY malam hari itu.

BTS_SUGA_1

Ada kesalahan teknis yang terjadi malam itu, yaitu mic yang digunakan Suga sempat mengalami gangguan saat ment dan kembali berfungsi sebelum memulai lagu I Need You. Akan tetapi, Suga yang seharusnya melakukan rap di bagian awal lagu I Need You, tak terdengar suaranya. Ternyata mic kembali tidak berfungsi. Dengan tenang, Suga mengacungkan mic ke arah penonton, dan penonton secara cepat mengisi kekosongan itu dengan melakukan rap yang menjadi bagian Suga dengan lantang. Penonton pun tak henti untuk terus ikut bernyanyi di sepanjang lagu bertema patah hati ini dan bahkan sampai di lagu berikutnya Boy In Luv.

BTS_JIMIN

Ruangan menjadi gelap setelah lagu Boy In Luv. Walau BTS mengatakan bahwa acara sudah selesai, pada ment sebelumnya, penonton tidak ada yang beranjak, dan teriakan “we want more” pun bergema. Tak berapa lama kemudian di layar muncul kalimat “Are you still with BTS?” Dan BTS pun mucul untuk melakukan encore. Dengan penampilan yang lebih santai, kaos putih yang dilapisi oleh basketball jersey bertuliskan BTS, mereka membawakan lagu Boyz With Fun dan Attack on Bangtan. Sebelum membawakan lagu terakhir, masing-masing personil mengungkapkan perasaannya mengenai acara malam itu. Mereka sangat senang dan berterimakasih atas sambutan para fans di Jakarta dan mereka berharap agar semua fans terus mendukung dan mendengarkan karya-karya dari BTS. Mereka juga berjanji untuk datang kembali ke Jakarta pada kesempatan berikutnya. Rapmon juga memberikan bocoran bahwa album The Most Beautiful Moment In Life Part 2 akan segera rilis jadi, “please keep your eyes and keep your ears on us (BTS)“, kata Rapmon.

BTS_5

Teaser untuk konser BTS selanjutnya “Episode III” menjadi penutup pada acara malam itu. Walau acara terasa sangat singkat, hanya sekitar 90 menit, akan tetapi kedatangan pertama BTS ke Jakarta ini sangat bermakna bagi seluruh penonton, khususnya ARMY Indonesia. Semoga BTS bisa kembali ke Jakarta dengan membawa acara yang lebih besar, yaitu konser.

 

Setlist 2015 1st SH Power Music with BTS and KM 11092015

  1. KM – Heundeul Heundeul
  2. KM – Temptation
  3. KM – No Way
  4. KM – Hampa
  5. KM – Back To Me
  6. BTS – I Need You & Dope MV
  7. BTS – N.O
  8. BTS – No More Dream
  9. BTS – Miss Right
  10. BTS – I Like It
  11. BTS – If I Ruled The World
  12. BTS – War of Hormone
  13. BTS – Danger
  14. BTS – I Need You
  15. BTS – Boy In Luv
  16. BTS – Dope
  17. BTS – Boyz With Fun
  18. BTS – Attack On Bangtan

Credit photo : SH Entertainment

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s