Hari kedua C3AFA JKT 2018: Salam penutup dari I ❤ Anisong

Setelah penampilan EGOIST yang habis-habisan dalam konser di hari pertama C3AFA Jakarta 2018, enam penampil lain tampil bergantian memanjakan para penonton di hari kedua (1 September).

Yang dipercaya membuka hari pertama adalah BAND-MAID. Siapa pun yang tidak mengenal mereka dan tertipu oleh dandanan mereka yang manis, dengan segera tertampar gempuran musik mereka yang kencang. Ditimpali ayunan lightstick yang bersinar merah, Miku, Misa, Kanami, Saiki, dan Akane membawakan tidak kurang dari sepuluh lagu.

Penonton makin dibuat gemas oleh upaya Miku menyapa penonton—yang mereka istilahkan ‘goshujin-sama’–dengan bahasa Indonesia yang terpatah-patah dan kalimat-kalimat yang diakhiri po. Mereka juga  mengajak penonton untuk berseru, “Moe moe!” yang merupakan bagian khas dari pertunjukan live mereka.

Setlist BAND-MAID

  1. Domination
  2. Dice
  3. Alone

– MC-

  1. Carry on Living
  2. Choose Me
  3. Start Over
  4. Freedom

– MC-

  1. Real Existence
  2. Secret My Lips
  3. The non-Fiction Days

– MC-END-

 

BAND-MAID memang langsung membuat penonton kehabisan napas. Untunglah setelahnya mereka bisa lebih santai sejenak karena giliran Megumi Nakajima yang mengambil alih panggung. Dengan gaun sederhana yang cantik berwarna putih dan rambut tergerai, Megumi yang penuh senyum menebarkan pesonanya kepada penonton. Penonton pun lekas menyesuaikan warna lightstick mereka dengan musik Megumi.

Tentunya Megumi tidak lepas dari Macross Frontier yang membuat orang-orang tidak bisa melupakan perannya sebagai Ranka Lee. Penampilannya ia buka dengan lagu dari anime tersebut, What ‘bout my star? @FORMO. Malam itu, dari delapan lagu yang ia tampilkan, total ia membawakan lima lagu dari Macross Frontier, yang tentunya sangat mampu memuaskan rasa kangen para fans.

Setlist Megumi Nakajima

  1. What ’bout my star? @FORMO

– MC-

  1. サタデー・ナイト・クエスチョン (Saturday Night Question)
  2. Try Unite!
  3. Bitter Sweet Harmony
  4. アナタノオト (Anata no Oto)

– MC-

  1. 蒼のエーテル (Ao no Ether)
  2. 放課後オーバーフロウ (Houkago Overflow)

– MC-

  1. . 星間飛行 (Seikanhikou)

– MC-Ending-

Setelah Megumi Wakajima pamit, Konomi Suzuki langsung menaikkan tensi pertunjukan lagi. Ruangan kembali menyala dengan warna merah lightstick penonton, yang langsung ikut bergerak tidak berhenti-henti. Akan tetapi, penonton lumayan kaget karena Konomi Suzuki menyudahi penampilannya sesudah baru empat lagu. THERE IS A REASON dari film bioskop No Game, No Life Zero menjadi nomor pamungkas Konomi, yang malam itu tampil tegas dan dinamis dengan kostum hitam-putih, rambut diekor kuda, dan boots hitam.

Setlist Konomi Suzuki

  1. Redo
  2. Choir jail

– MC-

  1. 歌えばそこに君がいるから (Utaeba Soko ni Kimi ga Iru Kara)
  2. THERE IS A REASON

Penonton tidak bisa berlama-lama terhenyak, karena Ami Wajima kemudian tampil menggebrak dengan empat lagunya. Dengan kemeja oversized kotak-kotak biru dan sepasang sepatu sneakers yang sangat memudahkannya bergerak, Ami memang sangat siap mengajak penonton bergoyang, dimulai dari Eien Loop yang merupakan salah satu lagu penutup dari anime Kuromukuro. Ami menuntaskan penampilannya dengan Ai, lagu penutup Digimon Universe: Appli Monster.

Setlist Ami Wajima

  1. 永遠ループ (Eien Loop)
  2. キミへ (Kimi E)
  3. 幻想ドライブ (Gensō Drive)

– MC-

  1. Ai

Mashiro Ayano mendapatkan giliran berikutnya, yang ia buka dengan Vanilla sky dari anime Gunslinger Stratos. Ia mencurahkan energinya dengan meledak-ledak di panggung, membuat penonton—termasuk fans Mashiro dari Jepang—juga tidak mau kalah. Ayunan dinamis rumbai-rumbai yang menjuntai dari lengan jaketnya mengiringi geraknya mondar-mandir di panggung. Selepas membawakan lagu terakhir, Ideal white (Fate/stay night: Unlimited Blade Works), ia tampak lelah, namun juga puas.

Setlist Mashiro Ayano

  1. Vanilla sky
  2. Believe
  3. Newlook

– MC-

  1. Lotus pain
  2. Syoudou

– MC-

  1. Matroska
  2. Starry
  3. Ideal white

I ❤ Anisong C3AFA Jakarta 2018 – yang barangkali juga merupakan yang terakhir – ditutup oleh TRUE. Tentunya banyak yang belum melupakan lagunya STEEL—Tekketsu no Kizuna yang menjadi bagian dari OST anime Mobile Suit Gundam: Iron-blooded Orphans yang sangat popular. Lagu itu menjadi salah satu yang TRUE bawakan selain tujuh lagu lainnya, yang diawali oleh single-nya yang megah, Lonely Queen’s Liberation Party. Penggemar Violet Evergarden yang bisa ditonton lewat Netflix juga terhibur dengan dibawakannya Sincerely. TRUE menutup malam dengan Dream Solister yang ceria dan optimistis, seolah mengajak penonton agar juga jangan bersedih meskipun malam itu harus diakhiri.

Dalam pesannya di Twitter, TRUE alias Miho Karasawa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada hadirin AFA. Ia berjanji bekerja lebih keras sehingga ia bisa kembali lagi ke Indonesia. Dan, kalau nanti ia kembali, ia meminta agar penonton juga datang lagi dengan cinta dan energi yang sama. Tentu saja banyak yang menginginkan hal ini, bukan? Hanya saja, di malam itu juga C3AFA harus dengan berat hati mengumumkan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir penyelenggaraan C3AFA. Padahal AFA sudah digelar di Indonesia sejak tahun 2012.

Terima kasih banyak dan sampai jumpa lagi, C3AFA. Sayonara for now!

Setlist TRUE

  1. Lonely Queens Liberation Party

– MC-

  1. Unisonia
  2. 飛竜の騎士 (Hiryō no Kishi)
  3. STEEL -鉄血の絆 (STEEL -Tekketsu no Kizuna)

– MC-

  1. Dear Answer
  2. Divine Spell
  3. Sincerely
  4. Dream Solister

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s