Coffee Latte 1st Project: Donasi dan Kunjungan ke YKAKI 1512013

Pada tanggal 15 Desember kemarin, saya dan beberapa teman memberikan kunjungan dan donasi ke YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) dalam rangka merayakan ulang tahun salah satu member VIXX, Leo, yang jatuh pada tanggal 10 November. Donasi ini pun kami berikan atas nama Leo, yang juga terlampir pada sertifikat donasi. Karena satu dan lain hal, proses pemberian donasi baru dapat dilakukan pada bulan Desember. Kebetulan tanggal 6 Desember, VIXX mendapatkan kemenangan pertama atas lagu comeback-nya yang berjudul VOODOO.  Oleh karena itu, kami punya ide untuk sekaligus merayakannya di YKAKI.

Kemenangan VIXX ini kami simbolkan dengan pemberian ayam goreng kepada staf dan orang tua anak-anak kanker yang tinggal disana. Kenapa ayam goreng? Karena sebelumnya N (leader dari VIXX) berjanji akan mentraktir para Starlights (sebutan fans dari VIXX) dengan ayam goreng apabila mereka menang di salah satu acara music show. Kenapa juga hanya kami tujukan kepada staff dan para orang tua? Itu karena tidak semua anak kanker boleh mengkonsumsi ayam goreng ini. Supaya tidak merugikan banyak pihak nantinya, kami rencanakan saja demikian.

Untitled-5

Donasi yang kami berikan kepada YKAKI berupa uang tunai, biskuit, sereal dan ayam goreng. Uang tunai terkumpul dari periode donasi yang dibuka pada 10 September hingga 7 November. Sebagian dari uang tunai tersebut kami alokasikan untuk membeli biskuit dan sereal. Kedua makanan ini kebetulan adalah bahan makanan yang dibutuhkan oleh YKAKI pada saat itu. YKAKI mempunyai peraturan bahwa sebelum kami berkunjung dan memberikan donasi, hendaknya kami bertanya dahulu kepada mereka barang-barang apa sajakah yang dapat didonasikan pada saat kami berkunjung nanti supaya tidak ‘salah sasaran’. Kedua bahan makanan tersebut juga adalah bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua anak kanker karena anak-anak seperti mereka mempunyai limitasi menu makanan yang harus mereka konsumsi setiap harinya.

Kunjungan ke YKAKI ini merupakan yang pertama bagi kami. Namun, untuk saya sebagai pengelola akun Coffee Latte dan salah satu teman saya yang bersedia ikut berkunjung ke YKAKI, ini adalah kunjungan yang kedua. Kami dapat melihat banyaknya perbedaan yang terjadi di YKAKI. Beberapa anak yang kami temui sebelumnya sudah ada yang menghadap Sang Khalik, tetapi justru dalam rentang waktu tersebut, YKAKI malah semakin kedatangan beberapa pasien baru. Hingga kemarin kami mendatanginya, tercatat sudah ada 30 anak kanker yang menetap di YKAKI.

Setiap hari Senin, mereka harus melakukan check-up ke RS Cipto Mangunkusumo, makanya ketika kami kesana pada hari Minggu, kami belum bisa menghabiskan waktu yang banyak bersama mereka. Mereka harus istirahat lebih awal agar tidak mengganggu jadwal check-up di keesokan harinya. Di luar hari Senin, mereka akan tetap beraktivitas seperti biasa. Pergi ke sekolah, bermain, belajar, menyanyi, menggambar, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang sering dilakukan anak-anak pada umumnya.

Jujur, lewat kunjungan ini, secara pribadi pun saya merasa bersyukur karenanya. Selain karena lewat donasi ini fans kpop, terutama Starlights, bisa menunjukkan bahwa mereka juga peduli terhadap lingkungan dan tidak hanya berkutat dengan info atau spazzing-an tentang artisnya, tetapi juga karena ketulusan mereka bahwa apapun yang mereka donasikan pasti bisa membantu kelangsungan hidup anak-anak kanker walau mungkin porsinya kecil sekali.

Akhir kata, saya berharap ini bukanlah donasi terakhir yang dapat saya, teman-teman dan Starlights berikan bagi YKAKI. Semoga saya bisa mengadakan event yang serupa, mungkin lebih besar dan baik lagi, untuk kedepannya. Tidak jemu-jemunya saya kembali ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik yang tinggal di Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia. Semoga Tuhan memberkati.

Tulisan dan foto oleh  Coffee Latte (fanbase untuk Leo dari VIXX)

coffeelatte_banner

Click the pic to follow them on twitter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s