HaKU Di Indonesia Japan EXPO 21122013

“Apa kabar Jakarta? Selamat malam. Kami HaKU. Mari kita bersenang-senang!”

—Yuki of HaKU 

Setelah lima tahun, akhirnya Indonesia-Japan EXPO dilaksanakan kembali di JIExpo, PRJ Kemayoran selama empat hari dari 19-22 Desember 2013. Kali ini  untuk memperingati ulang tahun yang ke-55 persahabatan antara Indonesia dan Jepang, tujuan pameran lebih diarahkan untuk memperkenalkan teknologi pembangunan yang berwawasan lingkungan. Tentunya setiap acara persahabatan dua negara tidak akan lengkap tanpa adanya penampilan khusus dari artis kedua negara itu sendiri. Kebetulan di hari ketiga ada HaKU yang menjadi salah satu pengisi acara yang ditunggu-tunggu dalam rangkaian EXPO.

Sound check yang dilakukan sekitar pukul enam sore pun sudah membuat orang-orang berkumpul di depan panggung menyaksikan kehebatan band ini. Wilayah panggung semakin penuh diiringi dengan pengumuman dari panitia yang mengatakan bahwa penampilan akan segera dimulai. RekON pun sudah tidak sabar menunggu penampilan seperti apa yang akan mereka suguhkan malam itu.

P1017622

Waktu sudah menunjukkan pukul tujuh malam dan penampilan perdana HaKU di Indonesia dibuka dengan lagu Jepang yang sangat popular di Indonesia, Kokoro no Tomo, yang tentu saja sudah diaransemen ulang mengikuti aliran musik electronic rock yang HaKU populerkan. Tentunya tidak kalah asik dibandingkan versi aslinya! Berhasil menarik perhatian penonton, band beranggotakan Tsujimura Yuki (Vo. & Gt.), Miyoshi Haruna (Bs. & Vo.), Fujiki Hiroshige (Gt.), dan Hasegawa Shinya (Dr.) ini lanjut menggebrak panggung dengan Karman Line dan Masquerade. Haruna, satu-satunya perempuan di band ini, langsung beraksi dengan melepas sepatu dan melemparkannya ke belakang panggung. Mereka tampak sangat menikmati bernyanyi di hadapan penonton Indonesia yang ikut lompat mengikuti irama musik.

Seusai menyanyikan What’s with Him, Hikari, dan Nemurenu Yoru ni Raito wo Atete, Haruna menyapa fans dengan sangat imut! Seratus delapan puluh derajat berbeda dengan aksinya ketika bermain bass. Sambil memetik bass dengan lincah ia menggoyang-goyangkan kepala dan rambutnya, tidak lupa juga lompat dan menghentakkan kaki. “Hai, semuanya. Kami HaKU dari Jepang. Kami senang sekali bisa tampil IJ-EXPO hari ini. Terima kasih!” sapanya sambil melirik contekan yang ada di lengannya, diikuti dengan penonton yang berteriak “Lucu banget!”, “Kawaii!” Kemudian ia memperkenalkan lagu yang akan mereka bawakan selanjutnya, Dye it White. Dye it White adalah lagu terbaru HaKU yang video klip-nya dapat dilihat di official YouTube channel mereka.

Tampaknya angin malam yang begitu kencang menerpa lokasi performance tidak menjadi masalah yang berarti untuk penonton. “Are you ready?!” teriak Yuki yang dibalas dengan “Ooooh!” yang tak kalah kencangnya oleh para fans. Pertunjukan dilanjutkan dengan Archalk Smile dan 1-byokan de Kimi wi Tsuresaritai yang mampu menggoyang satu JIExpo. Usai lagu, Yuki kembali menyapa para penggemarnya dengan Inggrs berlogat Japanese. “How are you doing Jakarta? This has been an awesome night!” Yuki juga mengumumkan bahwa lagu yang akan mereka bawakan berikutnya adalah lagu terakhir hari itu. Walau merasa sayang bahwa penampilan akan segera berakhir, penonton tetap ikut menyanyikan Everything but the Love bersama HaKU.

Satu per satu member keluar dari panggung. Penonton yang merasa belum puas serempak meneriakkan “ANKORU! ANKORU!” Dengan senyum lebar, HaKU kembali ke atas panggung dan membawakan Gravity sebagai penutup. Sorakan fans yang makin kencang terdengar pun ikut  mewarnai penampilan pada Sabtu malam tersebut. Untuk penampilan yang benar-benar terakhir ini, mereka seakan mengeluarkan seluruh energi terakhir yang mereka punya di atas panggung.

P1017703

Penampilan HaKU malam itu, sungguh memukau. Bukan hanya Haruna yang tampak sangat bersemangat, setiap anggota band begitu berenergi sehingga menulari penonton juga. Walau di awal-awal banyak penonton yang terlihat malu-malu untuk bergoyang, melihat aksi penuh energi di atas panggung lantas membakar juga semangat penononton. Misi menjaring fans baru pun sukses!!

Walaupun penampilan mereka di atas panggung dengan total satu jam penuh sudah berakhir, bukan berarti tatap muka dengan HaKU usai begitu saja. Fans yang merasa tidak puas, banyak yang mengantri untuk foto bareng dan berbincang dengan para member kesayangannya di luar panggung.

Setlist:

  1. Kokoro no Tomo
  2. Karman Line
  3. Masquerade
  4. What’s with Him
  5. Hikari
  6. Nemurenu Yoru ni Raito wo Atete
  7. Dye it White
  8. Archalk Smile
  9. 1-byokan de Kimi wo Tsuresaritai
  10. Everything but the Love

Encore:

  1. Gravity

 

Ditulis oleh Rekan kami Mitla Taslima

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s