VIXX LIVE FANTASIA in Manila UTOPIA 2015 02052015

Akhirnya hari ini tiba, tanggal 2 Mei 2015, waktunya untuk VIXX LIVE FANTASIA in Manila UTOPIA 2015, yang dipersembahkan oleh PULP LIVE WORLD. Walaupun sebelumnya sudah pernah bertemu dengan VIXX saat mereka berkunjung ke Indonesia, untuk admin CJ konser kali ini adalah konser VIXX pertama yang didatangi. Jadi konser kali ini sangat dinanti-natikan. Kenapa memilih Manila? Bagi admin CJ, Manila mempunyai kenangan konser tersendiri dan promotor yang terpercaya menjadi pertimbangan juga.

20150502_135011
Dengan memegang tiket VIP, RekON juga ikut dalam sesi HiTouch yang diadakan beberapa jam sebelum konser dimulai. Yang dapat mengikuti sesi HiTouch ini adalah semua pemegang tiket Royalty dan VIP, serta beberapa pemegang tiket Patron yang diundi. Tiba di area sekitar konser, Mall of Asia Arena pada jam 1 siang, terik matahari tidak mematahkan semangat para Starlights. Terlihat sudah banyak teman-teman Starlights yang berkumpul, dan beberapa orang pun sudah berbaris rapi untuk mendapatkan handbanner, photocard atau cinderamata dari sesama rekan Starlights lainnya. RekON pun sempat bertemu dengan teman-teman dari #UTOPIASupportPH Union dan mendapatkan banyak cinderamata dari mereka.
20150502_134218
Tidak terlihat adanya tumpukan penonton yang mengantri dari pagi hari, seperti pemandangan saat menonton konser umumnya di Jakarta. Selain memang karena semua bagian bertempat duduk dan bernomor, juga ada larangan dari pihak promotor. Untuk sesi HiTouch, penonton baru mulai mengantri sekitar jam 4 sore, karena sesuai pengumuman dari pihak promotor sehari sebelumnya bahwa registrasi untuk sesi HiTouch akan dimulai jam setengah 5 sore. Saat memasuki area antrian pun sudah ada pemeriksaan dari bagian keamanan apakah benar pemegang tiket Royalty dan VIP atau pemenang dari tiket Patron yang masuk. Setelah masuk ke area antrian, ada staf yang mengecek tiket dan menunjukkan antrian. Antrian pun dibuat rapi mengular dan staf yang sigap selalu mengecek antrian dalam beberapa menit untuk mengecek apakah antrian tetap rapih. Dua jempol untuk keteraturan, kesigapan dan pelayanan yang diberikan oleh staf.

Sekitar jam setengah 6, antrian pun diizinkan masuk ke dalam venue. Pemeriksaan tas dan tiket dimulai. Setelah masuk, peserta HiTouchmasih harus mengantri lagi di dalam sekitar 30 menit, karena persiapan para member, dan juga menunggu para pemegang tiket Royalty untuk foto bersama N, Leo, Ken, Ravi, Hongbin, dan Hyuk. Antrian sangat rapi. Sama seperti antrian di luar, antrian di dalam pun dibuat mengular, dan ada beberapa orang dari bagian keamanan dan staf yang selalu memeriksa kerapihan antrian. Dijamin tidak ada menyelak. Setelah pemegang tiket Royalty foto bersama, mereka sempat keluar lagi ke area antrian, dan tidak lama sesi HiTouch dimulai.
20150502_161943
Didahului dengan pemegang tiket Royalty lalu diikuti oleh pemegang tiket VIP dan Patron, semua peserta HiTouch dibawa ke sebuah ruangan, dan disana telah berdiri Leo, Ravi, Hongbin, N, Hyuk dan N. Dengan memakai setelan kemeja dan celana dengan bernuansa hitam putih, semua anggota VIXX terlihat bersinar. Mereka pun menyambut semua peserta dengan senyum hangat. Saat melakukan HiTouchdengan semua member, mereka satu per satu mengucapkan salam seperti “Hai” atau “Halo” kepada semua peserta. Seperti biasa, Ken terlihat sangat ramah dan bersemangat saat itu. RekON sangat terkesan dengan keramahan mereka. Setelah keluar ruangan, tak sedikit teriakan yang terdengar ataupun tangisan yang terlihat dari peserta yang telah selesai melakukan HiTouch.
Beberapa menit setelah sesi HiTouch benar-benar selesai, penonton yang memegang tiket lainnya pun dipersilahkan masuk. Kali ini pun, antrian penonton terlihat sangat baik dan rapih. Sempat terjadi kericuhan sedikit karena adanya pembagian CD, poster dan cinderamata dari fansite Korea yang mendadak, akan tetapi kesigapan staf pun dapat langsung meredakan hal tersebut. Ada hal menarik yang menjadi perhatian RekON sore itu. Di sekitar tempat masuk setelah pemeriksaan tiket, ternyata telah bersiaga para petugas kesehatan dan juga seorang petugas informasi. Wah, sangat terorganisir yah, ONers! Oh ya, selain itu saat masuk ke dalam MoA Arena, makanan dan minuman dari luar dilarang masuk, akan tetapi di dalam Arena ada snack corner yang menyediakan makanan dan minuman untuk seluruh penonton, jadi tidak perlu takut kelaparan.

Saat masuk ke area konser, RekON disambut oleh petugas keamanan dan staf yang menanyakan mengenai tempat duduk dan mereka pun mengantarkan RekON sampai ke barisan tempat duduk. Pelayanan yang ramah dan teratur adalah hal yang akan selalu terkenang dari semua pengalaman menonton konser ini. Ruangan konser terlihat tidak terlalu besar karena panggung dibuat maju dan menghabiskan setengah bagian ruangan. Panggung juga dibuat tidak terlalu tinggi, jadi RekON yang malam itu berada di barisan keempat dapat melihat panggung dengan sangat jelas.

20150502_185522
Tepat jam 8 malam, konser pun dimulai. Lagu On & On menjadi pembuka konser malam itu. VIXX terlihat berkarisma dengan setelan jas hitam-hitam. Penampilan yang powerful pun dilanjutkan di lagu selanjutnya, Voodoo Doll. Teriakan penonton seperti tak ada habisnya. Fanchant terus terdengar dengan serempak. Penampilan up tempo berlanjut pada lagu Light Up The Darkness dan Secret Night. Dengan tata cahaya yang bagus, penampilan bertenaga dan juga kekompakan gerak tarinya, VIXX terlihat memukau dalam membuka konser ini.

VIXX selanjutnya menyapa dan memperkenalkan diri kepada seluruh penonton dengan menggunakan Bahasa Tagalog. Kedatangan VIXX ke Manila kali ini adalah kedatangan mereka yang keempat kalinya. Saat ditanya mengenai perasaan mereka bisa kembali lagi ke Manila, Leo mengaku sangat senang. Lain lagi dengan Ravi yang mengekspresikan kegembiraannya dengan melakukan poppin setelah berkata hatinya seperti meledak karena senang. Lalu N mengajak semua penonton untuk bersenang-senang sampai akhir, dan dibalas teriakan ‘Ne’ (artinya ‘Iya’) dari arah penonton, lalu N kembali bertanya ‘Jinjja?’ (artinya ‘Benarkah?’), ‘Ne’ teriak penonton lagi. Saat Hongbin ingin mengajak penonton untuk menyaksikan penampilan selanjutnya, N memotong dan bertanya kepada Hongbin tentang makanan kesukaannya di Manila, dan Hongbin menjawab buah-buahan, terutama mangga. Lalu N melontarkan “Ayo kita ke dalam makan mangga dan lihat penampilan berikutnya dari Ken”.
20150502_200443
Setelah lelucon garing dari N, sang vokalis utama Ken mengambil alih panggung dengan suara merdunya. Tampil dengan sangat apik, malam itu Ken membawakan lagu Rolling In The Deep dari Adele. Lalu Ravi dengan image dark dan swag tampil dengan membawakan lagu yang diciptakannya sendiri, Ghost. Lagu baru ini memang sengaja dibuat khusus untuk para Starlights yang datang ke konser UTOPIA. Penampilan solo ketiga pada konser malam itu dipersembahkan oleh Hyuk. Sang maknae terlihat sangat dewasa dan tampan dengan memakai setelan jas berwarna putih. Ditemani sebuah piano, Hyuk membawakan lagu dari Jeff Bernatt yang berjudul Call You Mine. Selain bermain piano dengan apik, Hyuk mengakhiri penampilannya dengan tarian yang powerful.

VCR pertama yang ditampilkan bertema ‘Let’s Learn About Human Emotions’. Di dalam VCR, kita dapat melihat para member menampilkan segala macam reaksi emosi, mulai dari senang, sedih, kaget, takut, dan sebagainya. Lalu semua member VIXX kembali ke panggung dengan memakai kemeja hitam dan setelan jas berwarna merah. Dengan membawakan lagu Sad Ending dan Say U Say Me. Sepanjang kedua lagu ini, semua member terlihat begitu menikmati panggung dan suasana konser malam itu. Sambil menari, sesekali mereka terlihat bersenang-senang dan bercanda antar sesama member. Keisengan semua member VIXX lebih terlihat lagi saat mereka membawakan lagu Rock Ur Body. Saat lagu riang ini dibawakan, Leo sempat mengusap-usap kepala Hongbin. Interaksi dengan penonton pun tak terlewatkan.
20150502_202914
Kali ini waktunya para member VIXX untuk bermain. Dengan dipandu oleh MC Ravi, para member bertanding menari. Ravi memanggil peserta pertama, member yang paling imut dan seksi. Dengan percaya diri N mulai maju, tapi sayang sekali ternyata julukan ini diberikan Ravi untuk sang maknae, Hyuk. Lalu Hyuk menampilkan tarian yang sangat mengebu-gebu sampai semua penonton dan member VIXX terbahak -bahak saat melihatnya. Selanjutnya untuk member yang paling manis, Leo. Saat musik dimulai, Leo hanya menampilkan pose dengan V sign, lalu penonton dan member kompak melempar komen ‘Eeyyyyyy’. Percobaan kedua pun dilakukan, kali ini Leo melakukan tendangan berputar. MC yang sudah pasrah lalu memberikan kesempatan pada member terganteng, Hongbin. Hongbin menampilkan sexy wave saat lagu mulai dan mendapatkan respon positif dari member dan penonton.
Selanjutnya member terpanas, N, yang meminta untuk diberikan lagu seksi. Saat bersiap melakukan pose tarian seksi, lagu yang diputar adalah lagu daerah, lalu N pun protes. Setelah dua kali protes karena lagu yang tidak sesuai, kali ini N menampilakan tarian seksi dan panasnya kepada seluruh member dan seluruh penonton. Kursi pun tak lepas menjadi properti N dalam menampilkan tarian seksinya itu. Ravi yang tampil setelah N, menampilkan pose aegyo dalam pertandingan tari ini. Yang terakhir adalah si unik, Ken. Saat musik diputar, bukannya menari, Ken malah asik menyanyi dengan lirik spontan ciptaannya. Saat ditanya Hyuk, kalau tadi Ken spontan menciptakan lagu, dengan entengnya Ken menjawab, “Yes. I’m Genius”. Pada akhirnya yang menang adalah Hyuk, dan dia menampilkan encore dari tarian menggebu-gebunya tersebut.

20150502_201130
Setelah lelah bermain, VIXX pun duduk untuk melanjutkan penampilan berikutnya. Tapi sebelum memulai, N sempat menyuruh seluruh penonton menyalakan lightstick yang sudah disediakan oleh penyelenggara. Setelah terjadi lautan merah, Hongbin pun terkesan dan berkata “Awesome Philippines”. Lalu N menambahkan “Banjjak Banjjak” (Artinya “Kerlap Kerlip”) dan mengatakan agar semua Starlights selalu bersinar bersama dengan VIXX. Love Letter dan Someday yang menampilkan kekuatan vokal VIXX ditampilkan selanjutnya.

VCR berikutnya menampilkan surat VIXX kepada Starlights. Kemudian Leo tampil solo dengan lagu barunya. Lagu ini termasuk dalam dua lagu baru yang memang khusus disiapkan untuk konser UTOPIA. Dengan lagu bertempo lambat ini, Leo menampilkan kualitas vokalnya dan menyanyikan lagu ini dengan sepenuh hati. Untuk penampilan solonya, Hongbin menari dengan dibantu oleh efek grafis komputer. Tanpa bantuan dari penari latar, Hongbin berhasil menciptakan penampilan tarian yang powerful dan mewah. Tidak hanya Hongbin, N juga menampilkan tarian solo. Untuk penggemar VIXX, pasti sudah tahu kalau sebelum debut N pernah mendapatkan penghargaan dengan menampilkan blindfold dance. Tarian indah itu diciptakan oleh N dan dibawakan untuk konser kali ini.
Penampilan enerjik dengan konsep tari yang memukau dilanjutkan oleh VIXX dalam lagu Hyde, Beautiful Killer dan Eternity. Dengan mengenakan baju panggung bernuansa emas dan hitam, menambah kesan mewah dalam konsep vampir yang ditunjukkan VIXX. Lalu muncul VCR yang menunjukkan bahwa lagu selanjutnya adalah lagu terakhir yang akan dibawakan untuk konser malam itu. Kemudian dengan pakaian serba hitam, VIXX muncul dengan formasi tari cyborg-nya. Apalagi kalau bukan lagu Error. Hype penonton tak kunjung mereda sampai pada akhir lagu ini. Fanchant juga terus terdengar.
20150502_201958
Selesai lagu Error, semua member langsung masuk ke belakang panggung. Kondisi tempat konser dibiarkan tetap gelap. Penonton pun meneriakan kata ‘VIXX’ atau ‘Encore’. Tiba-tiba muncul VCR yang menanyakan “Is your heart still beating?”, dengan semangat penonton berteriak “Yes!”. Muncullah sebuah hati kosong yang baru akan terisi. Saat sekitar 80%, tiba-tiba pengisian untuk hati itu terhenti. Ternyata instruksinya mengatakan kalau teriakan penonton terlalu lemah. Langsung teriakan seluruh penonton bergema dalam arena, dan pengisian hati komplit mencapai 100%. Lalu muncul kalimat “Welcome To UTOPIA”, dan lagu Love Equation mulai terdengar.

Sambil menarikan lagu riang ini, seluruh member terlihat senang dan tak lepas mengembangkan senyumnya. Di tengah-tengah lagu, semua member langsung maju ke depan panggung dan melakukan interaksi dengan penonton. Mulai dari melambaikan tangan, memberikan pose hati, atau hanya sekedar menyanyikan lagu untuk penonton. Leo yang biasanya cool dan pendiam, menjadi sering maju ke depan panggung dan memberikan pose-pose uniknya kepada penonton. Untuk penampilan akhir mereka ini, VIXX terlihat santai dengan hanya memakai hoodie. Keriangan kembali berlanjut ke lagu From Today On, You’re My Girl. Secara bergantian para member melakukan rotasi panggung, tetapi tetap semuanya berdiri pada ujung panggung untuk menyapa semua penonton. Tidak hanya VIXX yang terlihat senang, penonton juga ikut bergembira sampai akhir lagu ini. Bernyanyi bersama dan melambaikan tangan atau lightstick menjadi pemandangan yang terlihat.

Lalu pada sesi terakhir, ending ment, seluruh member bergantian mengungkapkan perasaannya mengenai konser di Manila ini dan berterima kasih kepada seluruh penonton. Hongbin mengungkapkan kalau VIXX bisa konser di Manila pasti karena dukungan dari fans, oleh karena itu dia akan selalu bekerja keras untuk membalas cinta dan dukungan para fans. Ravi merasa sangat gembira dan dia berjanji untuk datang lagi Manila, jadi dia mengharapkan agar fans terus-menerus mendukung mereka. Leo berterima kasih dan meminta agar fans untuk terus bersama dengan VIXX. Ken berkata “I’m so happy tonight”, dan berterima kasih kepada penonton yang selalu ada bersama mereka. Ken juga sempat mengucapkan ‘I Love You’ dalam bahasa tagalog. Hyuk mengucapkan terima kasih dan akan membalas semua cinta fans dengan penampilan yang yang lebih baik dan keren. Terakhir, sang leader, N, mengucapkan terima kasih kepada semua Starlights yang terlihat berkerlap-kerlip pada malam itu dan menjadi semangat untuk VIXX. Lalu N dan penonton melakukan janji bersama agar Starlights selalu mendukung VIXX selamanya. “Modu jjang” (Artinya Semua Keren), N memberikan jempol kepada semua penonton, dan berjanji akan kembali lagi ke Manila.
20150502_185544
Lagu G.R.8.U menjadi penutup yang manis untuk konser malam hari itu. Semua penonton yang tadinya duduk kembali berdiri untuk bersenang-senang bersama VIXX. Pada saat lirik “Saranghae”, N sempat berteriak ke arah penonton lalu memberikan pose hati dengan kedua tangannya. Lambaian tangan ke arah penonton seperti tak ada habisnya, ke kiri dan kanan panggung, bagian bawah sampai atas tribun penonton. Ken yang masuk ke belakang panggung paling akhir, dan sebelum masuk, ia sempat melakukan pose hug yang ditujukan untuk semua penonton.
Great show, great crowd. Konser malam itu akan menjadi salah satu konser yang tak akan terlupakan buat RekON. Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu, baik Starlight Philippines maupun pihak promotor, Pulp Live World, dan semua staf yang bekerja pada hari itu.

Setlist VIXX LIVE FANTASIA in Manila UTOPIA 2015 :
1. On & On
2. Voodoo Doll
3. Light Up The Darkness
4. Secret Night
OPENING MENT
5. Rolling In The Deep – Ken Solo
6. Ghost – Ravi Solo
7. Call You Mine – Hyuk Solo
VCR : Let’s Learn About Human Emotions
8. Sad Ending
9. Say U Say Me
10. Rock Ur Body
MENT
11. Love Letter
12. Someday
VCR : VIXX’s Love Letter for Stalights
13. Words To Say – Leo Solo
14. Hongbin Solo Dance
15. Blindfold Dance – N Solo
VCR
16. Hyde
17. Beautiful Killer
18. Eternity
VCR : Last song of VIXX
19. Error
VCR : Encore
20. Love Equation
21. From Today On, You’re My Girl
ENDING MENT
22. G.R.8.U
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s