U & U’s Ai, Perayaan Ulang Tahun Ketiga UNiTE 29032014

Banyak band visual kei yang bahkan setelah tiga tahun berkarir belum juga terdongkrak karirnya. Tidak banyak band yang bertahan lama di scene VK bila mereka tidak berhasil – kegagalan menarik banyak penggemar berarti terus-menerus dirongrong masalah keuangan untuk membiayai pertunjukan dan kehidupan sebagai band. Biasanya mereka akan bubar ketika mencapai batas ketahanan keuangan. UNiTE, yang merayakan ulang tahun ketiga tahun ini, tentunya sangat mensyukuri apa yang telah mereka capai dalam tiga tahun terakhir. Meskipun masih muda usia, mereka berhasil menjadi salah satu band ujung tombak DC di scene VK.

UNiTEAi-02

Keberhasilan UNiTE bisa dilihat dari tempat yang dipilih untuk menggelar konser ulang tahun ketiga: STELLAR BALL di Shinagawa yang dapat menampung 1.800 orang yang berdiri. Memang masih jauh dari Nippon Budokan atau bahkan Yoyogi Second Gymnasium, tapi pikirkan ini: banyak band VK berusia tiga tahun atau bahkan lebih tua yang bahkan kesulitan mengisi live house berkapasitas 200-300 orang. (Sebagai catatan, loker koin berukuran sedang yang biasanya berongkos 300 yen di tempat-tempat lain, dihargai 500 yen di tempat ini. Tempatnya memang berbeda dari live hall biasa, bagian dari EPSON Aqua Stadium.)

Hari itu, 29 Maret 2014, para U’s (sebutan bagi fans UNiTE), laki-laki dan perempuan, tua dan muda, berbondong-bondong mendatangi STELLAR BALL untuk turut merayakan ulang tahun ketiga band kesayangan mereka itu. Sebagian datang sebagai cosplayer UNiTE, berdandan seperti UNiTE dalam video-video mereka. Semua berseru riuh ketika lampu-lampu digelapkan, dan terdengar suara piano mengalun membawakan pembuka, Ai. Panggung disingkapkan, menampakkan lampu-lampu yang menyusun logo UNiTE, diapit oleh empat deret lampu lain. Tata backdrop ini memang cukup sederhana, namun cocok untuk UNiTE karena panggung yang terlalu meriah justru bisa-bisa mengalahkan tampilan mereka yang oshare kei, penuh warna-warni. Lampu-lampu itu pun bisa berganti-ganti warna, menyesuaikan dengan atmosfer lagu.

UNiTEAi-04

Satu per satu personil UNiTE masuk, dimulai dari LiN, diikuti Haku, Yukimi, Mio,dan tentu saja ditutup dengan sang vokalis Yui. Basis Haku tidak berdiri tepat di samping sang gitaris shimote (kiri dari arah pandang penonton), LiN, melainkan di atas bagian panggung yang ditinggikan, sejajar dengan Yukimi. UNiTE pun meluncurkan lagu pertama, yaitu Ai-‘ation- yang berasal dari album terbaru mereka Ai. Tak dinyana, setelah lagu itu UNiTE justru langsung melompat ke dua lagu lama, yaitu DISUTORI dan BadRequest. Para penggemar langsung asyik melompat-lompat dan menggerakkan badan mengikuti irama lagu demi lagu, meski terlihat juga banyak yang masih ragu-ragu atau belum tahu gerakannya. Sepertinya banyak penggemar baru UNiTE yang datang malam itu! Yui mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang datang dalam perayaan ulang tahun ketiga itu. LiN berkomentar bahwa yang namanya manusia, kalau berusia tiga tahun itu masih kecil, baru belajar berbicara. Yui tertawa dan mengatakan, “Kalau begitu kita bayi, ya.” LiN mengiyakan, “Giant baby!

UNiTEAi-01

Setelah tiga lagu pembuka, konser itu berjalan ‘lurus-lurus’ saja, dalam artian UNiTE menampilkan lagu-lagu mereka seperti At traction S dan Love_Duck_Core_Nothing yang memang selalu berhasil memancing penggemar mereka mengeluarkan energi untuk bersenang-senang. Yukimi terutama berada pada top form-nya malam itu. Sayang suara Yui agak keteteran di beberapa lagu, terkadang tidak dapat mencapai nada-nada tinggi. Haku bermain dingin seperti biasa, sementara gitaris ganda Mio dan LiN rusuh berlari ke sana-kemari di atas panggung.

Di antara lagu-lagu yang mereka bawakan, berulang kali Yui berterima kasih kepada penonton, dan menegaskan bahwa ia akan terus bernyanyi demi kebahagiaan semua orang. Dan tentunya untuk konser ulang tahun ada hal istimewa yang disiapkan! Yui mengatakan kepada penonton bahwa malam itu ada tamu istimewa, dan ia mengajak penonton untuk memanggil nama sang tamu keras-keras. Nama tamu itu adalah Naokey. Penonton pun memanggil-manggil Naokey dengan bersemangat seolah-olah telah kenal lama, “Naokey! Naokey!”

UNiTEAi-08

Naokey adalah pemain kibor (dalam Bahasa Jepang, Yui memperkenalkannya sebagai piano no Naokey). LiN menjelaskan betapa Naokey adalah sahabat baiknya, dan malam itu Naokey akan menunjukkan kebolehannya bermain kibor untuk mengiringi tiga lagu UNiTE yang telah diaransemen khusus. Yui mempersembahkan flower of reunion dengan iringan suara piano dari Naokey. Lagu ini menjadi terdengar sangat syahdu. Lalu UNiTE membawakan single Misora Musubi, masih diiringi Naokey. Sewaktu di tengah-tengah lagu, Yui memanggil nama Yukimi dan Haku untuk memancing penonton mengelu-elukan mereka, dan ia pun tak lupa memanggil nama Naokey! Naokey jadi tersenyum-senyum sendiri ketika penonton pun meneriak-neriakkan namanya. Dan suasana menjadi benar-benar menarik ketika mereka berenam membawakan Antirrhinum, lagu bonus di album Ai versi L. Lagu ini adalah salah satu favorit RekON karena menampilkan sisi UNiTE yang juga senang bereksperimen dengan suara yang tidak melulu rock yang keras di telinga. (Mungkin ONers ingat bahwa lagu debut UNiTE justru merupakan lagu yang kaya bebunyian sintesizer dan drum machine, sama sekali bukan lagu rock.)

Selesai segmen bersama Naokey, UNiTE kembali menghantam penonton dengan lagu-lagu yang keras seperti FCW dan Zetsubou CREATOR. Kemudian Mio mengambil kesempatan MC untuk membicarakan tentang… Jakarta! Iya, Jakarta! Menurut Mio, sewaktu tahun 2012 mereka tur luar negeri ke Singapura dan Jakarta, hall di Jakarta dua kali lebih luas daripada STELLAR HALL. Saat konser di Jakarta itu, penontonnya ramai, tapi banyak yang tidak kenal UNiTE, karena mereka datang untuk melihat senpai-tachi. Hal itu sempat membuat UNiTE gentar, tapi mereka berupaya keras dan akhirnya pertunjukan itu pun bisa mencapai puncaknya. Keren, kata Mio! Mio bahkan sempat menirukan kelakuan Yui di Jakarta yang berbaring terbalik di atas foldback subwoofer. Jakarta rupanya sangat berkesan di hati UNiTE, ya. Namun Mio menegaskan, bahwa Jepang adalah rumah UNiTE. Ia senang karena banyak penonton yang datang ke aula pertunjukan yang luas hari itu, dan berterima kasih karenanya.

UNiTEAi-06

Penonton lantas dibuat nyaris tidak sempat menarik napas, karena UNiTE berturut-turut membawakan tiga lagu yang menantang hadirin untuk tidak henti melakukan furitsuke: small world order, Io, dan Cocky-discuS. Lagu yang terakhir ini, meski tidak pernah dirilis sebagai singel, adalah salah satu favorit dalam penampilan-penampilan UNiTE, karena iramanya yang ceria dan furi-nya yang penuh semangat. UNiTE dan penonton sama-sama terengah-engah setelah ketiga lagu yang sangat menguras tenaga ini! Sekali lagi, Yui berterima kasih kepada fans yang telah memungkinkan UNiTE bertahan sampai usia ketiga. Tentunya mereka berharap akan bisa melewatkan ulang tahun-ulang tahun berikutnya juga bersama fans!

UNiTE pun kembali mengajak penonton melompat-lompat dengan starting over, sebelum undur diri untuk sementara. Menjawab panggilan penonton yang berseru-seru meminta encore, UNiTE kembali dan mempersembahkan Invit’ yang juga merupakan bonus dari album Ai, namun versi M. Ketika LiN kemudian meminta penonton yang baru pertama kali datang ke konser UNiTE untuk mengangkat tangan, ternyata banyak juga lho yang mengangkat tangan, sampai-sampai membuat LiN dan para personil lain terkejut senang! Dua lagu lagi dibawakan dalam encore, yaitu Shukusei to chocolate dan Eniver, lagu yang betul-betul merupakan nomor terakhir malam itu. Yui memberi tanda kepada penonton agar bersama-sama menyanyikan sejumlah baris Eniver berulang-ulang. Lama-kelamaan musik berhenti, sehingga hanya suara fans menyanyi yang terdengar. Setelah beberapa lama membiarkan fans mengulang-ulang nyanyian mereka tanpa musik, Yui mengambil alih, meneruskan lagu itu, masih tanpa iringan musik. Baru kemudian keempat temannya mulai kembali memainkan alat musik masing-masing, dan menyudahi lagu itu sekaligus konser malam itu dengan dihujani tepuk tangan berderai dari penonton.

Wajah para personil tentu saja terlihat riang, bangga, dan haru. Tidak lupa mereka berfoto dengan penonton sebagai latar belakang. UNiTE sempat duduk di atas platform yang biasa dipakai Yui saat bernyanyi, namun Yui berseru, “Wah, semuanya (penonton) harus kelihatan di foto. Kalau kita begini ada yang tidak kelihatan…” Maka UNiTE pun menggeser posisi duduk mereka, turun dari platform tersebut.

UNiTEAi-05

Seusai konser, antrian pembelian pernak-pernik mengular panjang sekali, sampai-sampai petugas harus membatasi jumlah yang mengantri karena waktu yang tidak mencukupi. Itu pun penjualan memakan waktu lama, sampai jauh malam. Bisa diharapkan bahwa tanggal 16 Agustus 2014 nanti, kemeriahan semacam ini akan kembali terlihat, yaitu di Shibuya Public Hall, di mana UNiTE akan menggelar konser one-man bertajuk Ano hi mita, kiseki no saki ni. Tentu konser musim panas ini patut dinanti oleh semua U’s!

Setlist UNiTE 29032014

Opening: Ai versi piano

  1. Ai-‘ation-
  2. DISUTORI
  3. BadRequest
  4. Draws,
  5. Progloomy
  6. At traction S
  7. Love_Duck_Core_Nothing
  8. flower of reunion
  9. Misora Musubi
  10. Antirrhinum
  11. May_A_Fly_i
  12. Torikago kouji sekimu –TORIKAGO like obligation-
  13. Iro sunawachi kore sora nari
  14. FCW
  15. Zetsubou CREATOR
  16. small world order
  17. Io
  18. Cocky-discuS
  19. starting over

Encore

  1. Invit’
  2. Shukusei to chocolate
  3. Eniver
Advertisements

4 responses to “U & U’s Ai, Perayaan Ulang Tahun Ketiga UNiTE 29032014

  1. UNiTE memang hebat sih, walaupun umurnya masih muda tapi sudah lumayan sukses. Maju terus UNiTE.
    Ayo datang ke Jakarta lagi. Skenoo Hall lebih gede? XD di Jepang sempit lahan sih ya, jadi ukuran segitu gede XD *eh tapi emang gede sih ya lol*
    Jadi inget pas nonton Jrockev UNiTE berdiri di belakang penonton festival, tapi ga ada yg ga ngeh (termasuk saya) LOL
    sukses terus buat UNiTE, semoga bisa ketemu lagi!

  2. Ya semoga ada konser yg formatnya macam Jrockev gitu biar UNiTE bisa kesini lagi, soalnya kalo one-man ga yakin deh huft
    eh admin berdiri dekat mereka?! Terus gimana admin, anteng aja gitu merekanya? Hihi
    Saya kebetulan berdiri paling depan, dan baru ngeh soalnya orang di belakang saya bilang “tadi ada UNiTE di belakang lho, berhubung ga kenal yaudah biarain aja.” langsung cengo donk saya XDDDD

    • Iya, mereka anteng nonton. Tapi kalau ada yang deketin, ditolak sama staf kafena mereka emang mau nonton. Pas mereka mau masuk lagi ke backstage, Haku sempat bungkuk sedikit ke admin dan teman2 🙂 Sayang ya, Yukimi akan segera keluar dari UNiTE 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s