Konser Solo Taemin Off Sick di Seoul 26082017

taemin-1

Dalam sebuah grup, magnae atau anggota termuda sering dikaitkan dengan imej naif dan imut. Citra ini juga sempat dilekatkan ke Taemin ketika debut bersama SHINee tahun 2008. Dengan potongan rambut mangkok dan berponi, ia yang saat itu masih berusia 14 tahun sukses memikat hati para penggemar SHINee yang disebut Shawol. Namun enam tahun kemudian, imej imut Taemin ini diruntuhkan dengan lagu solonya Danger yang bernuansa seksi. Disusul dengan rilisan-rilisan berikutnya seperti album Press It (2016) dan Sayonara Hitori (Goodbye) di Jepang, Taemin lalu menjadi salah satu penampil solo terbaik di atas panggung.

Akhir Agustus lalu, setelah sebelumnya sukses mengadakan konser di Jepang, Taemin pada akhirnya menggelar konser solo di Korea yang dinamai Off Sick. Awalnya konser hanya dijadwalkan selama dua hari, tapi karena tingginya permintaan dari penonton, SM Entertainment memutuskan untuk menambah satu hari lagi. Dan kami berkesempatan untuk menghadiri konser hari kedua pada tanggal 26 Agustus. Selama dua jam, Taemin berhasil menghibur seisi Olympic Park dengan vokalnya yang terus menerus terasah dan koreografi yang memikat. Ia memang sering disebut-sebut sebagai salah satu penari terbaik di kancah K-pop saat ini, dan kami jelas sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Tubuh Taemin yang langsing memang cocok menarikan koreografi yang cenderung lembut seperti Flame of Love. Akan tetapi, ia juga bisa terlihat begitu enerjik dalam nomor yang betempo cepat seperti Danger.

taemin-3

Ditemani oleh enam penari, Taemin membuka konser dengan Drip Drop. Seisi loka langsung menyambut dengan fanchant, menyerukan nama Taemin. Kostum pertama Taemin malam itu adalah kemeja asimetris putih, dibalut dengan jaket hitam metalik yang sudah dipotong di sana-sini untuk memberikan kesan dramatis. Drip Drop langsung disusul dengan dua lagu lain dari album Press It, Guess Who dan Sexuality. Melihat sosok Taemin yang kuat di Guess Who dan sensual di lagu Sexuality, sulit percaya bahwa ini adalah Lee Taemin yang sama, yang ceroboh dan menjatuhkan fanlight ketika kami menonton SHINee JAT di Tokyo, bulan Maret lalu. Taemin memang masih berusia 24 tahun, tapi dengan pengalamannya selama hampir 10 tahun, ia adalah figur penampil yang sangat matang dan berdedikasi di atas panggung.

Malam itu Shawol juga dimanja dengan beberapa lagu baru, salah satunya adalah Thirsty. Mendengar lagu ini, kami semakin tidak sabar untuk mendengar materi baru yang akan disuguhkan Taemin di comeback berikutnya, yang sepertinya dijadwalkan untuk bulan Oktober mendatang. Setelah Thirsty, VCR yang bernuansa horor diputar. Ada dua Taemin di dalam VCR, dan salah satunya mempunyai gerak gerik yang mengingatkan kami akan Sadako dari film The Ring. Tata lampu yang redup semakin menambah nuansa menyeramkan. Adegan terakhir dari VCR tersebut mengejutkan seisi loka, termasuk kami! Bagaimana adegan terakhirnya, Rekon simpan saja ya. Biar nanti kalian lebih deg-degan ketika menonton DVD konsernya nanti.

taemin off sick 4

Credit: SM Entertainment

Suasana ethereal terbangun di lagu Flame of Love. Mengenakan kemeja putih dengan aksen ruffle, Taemin menyita perhatian semua yang hadir malam itu dengan gerakan dan langkahnya yang, kalau kami boleh beranalogi, seperti peri. Sama seperti Goodbye, koreografi Flame of Love juga diciptakan oleh Koharu Sugawara, yang sepertinya sudah paham koreografi seperti apa yang pas untuk seorang Lee Taemin. Walau koreografinya terlihat lembut, ada emosi di setiap gerakan Flame of Love. Dan menurut kami ini adalah kekuatan Taemin, bagaimana ia bisa menampilkan emosi bahkan di gerakan sederhana sekalipun, seperti mengangkat kepala. Satu kata untuk menggambarkan Taemin di Flame of Love: indah.

Di konser Off Sick, sebagian besar lagu diaransemen ulang agar bisa dibawakan oleh live band. Usaha ini berbuah sangat manis karena tiap lagu menjadi terdengar lebih hidup. Selain itu, iringan live band juga membuat suasana konser lebih dinamis. Taemin sendiri terlihat sangat menikmati iringan band malam itu. Menurut kami, musik pengiring dari band ini terdengar sangat pas di sesi lagu-lagu upbeat, seperti Pretty Boy dan Tiger. Walau tidak ditemani oleh sahabatnya Kai dari EXO yang mengisi bagian rap, Taemin masih bisa menampilkan yang terbaik di lagu Pretty Boy. Suasana rock semakin terbangun di lagu berikutnya yaitu Tiger, yang diambil dari album Jepang Taemin. Sambil sesekali melakukan headbanging, di lagu ini Taemin menunjukkan fleksibilitas suaranya. Ia bisa bernyanyi dengan melankolis di Soldier, tapi ia juga bisa mengguncang panggung dengan lagu-lagu keras. Sambutan Shawol begitu lantang untuk lagu Tiger, termasuk ketika Taemin mencopot jaketnya. Mendengar gegap-gempita penonton, kami sampai berpikir, kami sedang berada di konser rock atau konser K-pop ya?

taemin off sick 3

Credit: SM Entertainment

Door menjadi salah satu lagu yang kami tunggu-tunggu malam itu, terutama karena aksi panggungnya. Di lagu ini, mata Taemin ditutup dan tangan dan tubuhnya terbelenggu, sebuah aksi teatrikal yang seakan melambangkan bagaimana dalam hidup manusia seringkali terhalangi oleh banyak hal. Door kemudian disambung dengan intro piano yang ternyata berujung pada Goodbye versi bahasa Korea. Walau sudah ditonton beberapa kali, stage Goodbye tetap saja membuat kami terkesima. Koreografi Goodbye memang selalu dibawakan oleh Taemin dengan sungguh-sungguh. Meskipun ia tidak mengenakan kostum khas yang selalu didekorasi dengan pita panjang (untuk menambah efek gerakan), Taemin tetap terlihat menari dengan indah dan penuh perasaan. Kami bahkan bisa menyaksikan gerakan Taemin dengan lebih mendetil dengan kostum yang lebih sederhana ini.

Ada beberapa kejadian lucu ketika lagu Wicked. Bukan Taemin namanya kalau tidak melakukan kecerobohan di atas panggung. Seharusnya Taemin menaiki kereta yang berada di sebelah kiri panggung, namun ia malah berlari ke kanan! Menyadari kesalahannya, ia bergegas lari ke kiri dan menaiki kereta. Karena bagian floor sudah dirancang untuk kelas standing dan tidak ada jalur untuk kereta, akhirnya kereta Taemin bergerak di lantai dua, tepat di belakang kami. Penonton di tribun berteriak kesenangan karena akhirnya bisa melihat dengan dekat idola mereka.

Konser malam itu semakin berkesan dengan kehadiran anggota SHINee yang lain, yaitu Minho dan Jonghyun, yang begitu bersemangatnya mendukung magnae kesayangan mereka (Changmin dari TVXQ dan Kyu dari Super Junior juga turut hadir di bangku penonton). Ketika sedang berkeliling dengan kereta, Taemin menyadari para hyung-nya ada di bangku penonton. Minho dan Jonghyun dengan hebohnya mengayun-ayunkan lightstick di tangan mereka, dan Taemin langsung tersenyum lebar melihat dukungan dari mereka berdua. They really are Taemin’s greatest fanboys!

Bersama Shawol, mereka ikut menggoyang-goyangkan lightstick dan menyanyikan Press Your Number, yang dinyanyikan bersama-sama ketika menunggu encore. Ketika pada sesi MC Taemin mengucapkan terima kasih atas kehadiran para hyung-nya, Minho bahkan tanpa malu-malu berteriak begitu keras mengutarakan rasa kasih sayangnya kepada si magnae, yang langsung disambut dengan gelak tawa para Shawol.

 

taemin off sick 2

Credit: SM Entertainment

Konser berakhir dengan haru ketika Taemin membawakan dua lagu bertempo pelan, lagu baru Love dan Hypnosis. Sekali lagi, Taemin memesona kami dengan olah vokalnya. Di lagu Love, ia menunjukkan kekuatan suaranya. Seisi Olympic Hall terdiam ketika Taemin mencapai nada tinggi. Kami yakin semua Shawol malam itu terharu menyaksikan bagaimana Taemin telah tumbuh dari seorang bocah naif menjadi artis yang mengerahkan semua yang dimilikinya di atas panggung.

Di bulan Oktober nanti, Taemin akan kembali menggelar konser yang berjudul Off Sick <on track>. Kali ini konser akan diadakan di loka yang lebih besar, yaitu Jamsil Arena.  Pengalamannya di SHINee World Concert, Japan Arena Tour dan ditambah dengan konser solo baik di Jepang dan Korea telah mengasah kemampuan Taemin sebagai penyanyi dan penari. Kami yakin transformasi Taemin belum berhenti sampai di sini. Baik sebagai anggota SHINee maupun sebagai artis solo, ia akan terus berkembang dan kami tidak sabar untuk menyaksikan kembali aksi si peri di atas panggung bernama Lee Taemin.

taemin-4

Setlist:

  1. Intro: Rise
  2.  Drip Drop
  3. Guess Who
  4. Sexuality
  5. Thirsty
  6. Experience
  7. Do It Baby
  8. Flame of Love
  9. Press Your Number
  10. One by One
  11. Ace
  12. Play Me
  13. I’m Crying
  14. Romeo + Juliette
  15. Soldier
  16. Wicked
  17. Pretty Boy
  18. Tiger
  19. Danger

Encore

  1. Door
  2. Goodbye
  3. Love
  4. Hypnosis
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s