Yuk, pre-order tiket penampilan d-iZe di Jakarta!

KONSAATO-dize03

Tahun 2014 lalu, band rock Foo Fighters setuju untuk menggelar sebuah konser yang tidak ada dalam rencana mereka di kota Richmond, Virginia. Richmond belum pernah dikunjungi Foo Fighters, membuat para penggemar penasaran.

Para penggemar Foo Fighters pun bekerjasama melakukan crowdfunding, sebuah upaya penggalangan modal, yang mulai popular beberapa tahun belakangan. Melalui sebuah situs crowdfunding, mereka berhasil mengumpulkan cukup uang untuk membiayai konser tersebut. Istilah kasarnya, mereka memastikan membeli tiket sebelum konsernya sendiri terlaksana. Melihat animo yang sedemikian besar, Foo Fighters tak kuasa menolak memenuhi permintaan itu. Impian para penggemar pun menjadi kenyataan!

KONSAATO-dize

Sudah ada contoh-contoh lain dari keberhasilan crowdfunding untuk mendatangkan artis ke kota-kota sesuai permintaan penggemar. Boyband Korea Block B, misalnya, pernah menggelar tur 4 kota di Eropa berkat crowdfunding. Sejumlah artis K-pop seperti TEEN TOP, Ailee, dan Jay Park juga pernah bertandang ke Amerika Utara melalui dana yang dikumpulkan oleh penggemar.

Kini, di Indonesia juga ada online platform untuk crowdfunding guna mengadakan konser sesuai permintaan fans, yaitu KONSAATO. Mereka telah meluncurkan situs beta pertama pada 1 Februari 2016 barusan.

Bagaimana cara kerja juara kedua Start Up Weekend Jakarta 2015 ini dalam mendatangkan artis kesayanganmu?

Secara garis besar, ada tiga langkah:

  1. Kamu me-request artis mancanegara kesayanganmu melalui situs KONSAATO.
  2. Galang kampanye dan tunjukkan dukunganmu – diistilahkan sebagai ‘show of hands’. Semakin banyak dukungan yang diterima, tentunya semakin cepat impianmu dan teman-teman sesama penggemar terwujud. Dukunganmu tentu sekaligus memastikan kamu memperoleh tiket untuk konser tersebut.
  3. Setelah target tercapai, maka konser pun bisa digelar! Teman-teman yang belum menyatakan dukungan juga masih bisa memperoleh tiket setelahnya.

Nah, saat ini KONSAATO sedang melakukan proyek pertama (Februari-April 2016), yaitu mendatangkan artis Indie dari Jepang, d-iZe, mantan anggota Goosehouse. d-iZe akan mengadakan konser di Jakarta pada tanggal 23 April 2016. Target saat ini adalah 100 orang penggemar d-iZe ataupun Goosehouse untuk berpatungan demi mewujudkan konser tersebut. Kamu juga bisa ambil bagian dengan ‘menunjukkan tanganmu’ di sini. Jangan lupa untuk mendaftar mailing list KONSAATO. Dan ajak teman-temanmu melalui media sosial dengan menggunakan tagar #dizekonsaatoinjakarta!

Jadi, mari tunjukkan dukunganmu dan boyong artis kesayanganmu ke kotamu!

KONSAATO-dize02

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s