B1A4 di KSTARFANFEST 22112014

Sekitar pukul 9 malam waktu setempat, tanggal 21 November 2014, sebagian besar pengunjung The Lion City, Singapura yang tiba di Bandara Internasional Changi Terminal 3 mendapat pemandangan yang sedikit berbeda dari hari-hari biasanya. Barisan barikade logam dijejer di sepanjang salah satu pintu keluar area kedatangan. Tidak sedikit gadis muda dengan berbagai aksesoris seperti bando berbentuk kuncup daun, t-shirt bertuliskan kata BANA dan papan mungil bertuliskan huruf-huruf hangul berdiri rapi di pinggir barikade. Tidak dapat dipungkiri, pemandangan tersebut mengundang tatapan penuh tanya dan rasa ingin tahu dari sebagian besar orang di sana. Ada apakah gerangan?

Ya, malam itu B1A4, yang baru saja menyelesaikan tur Road Trip mereka, akan kembali menyapa fans mereka di Singapura dalam acara bertajuk KstarFanFest. KstarFanFest merupakan bagian dari acara Korea Festival Singapore 2014 yang dipersembahkan oleh Kedutaan Korea Selatan dan diselenggarakan oleh Sphere Exhibits, CS Company dan Korea Tour Organism. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 21 dan 22 November tersebut mengundang 2 grup K-Pop, yaitu Girl’s Day dan B1A4. Berkat informasi yang “dibisikkan” oleh penyelenggara acara lewat akun Twitter mereka, fans B1A4 pun beramai-ramai mendatangi Changi untuk menyambut idola kesayangan mereka.

b1a4_7

Seruan dan pekikan penuh semangat dari para BANA (nama kesayangan untuk fans B1A4) pun akhirnya terdengar saat kelima anggota B1A4 muncul di balik pintu kaca. Mereka pun tersenyum ramah serta melambaikan tangan ke arah BANA yang sudah menanti mereka sambil menunggu izin dari pihak manajemen dan keamanan untuk keluar. Ketika akhirnya mereka melangkah satu per satu melewati barikade yang sudah disiapkan, tak ayal lagi jeritan BANA semakin nyaring terdengar. Gongchan sang magnae berjalan paling depan sambil tersenyum ramah dan tak henti-hentinya melambaikan tangan. Jinyoung, sang leader, ditemani Baro di sebelah kanannya, berjalan tepat di belakang Gongchan sambil mengangguk-anggukkan kepala ke arah BANA di kiri-kanannya. Menyusul di belakang adalah CNU dan Sandeul, yang terlihat menerima beberapa bingkisan yang sudah disiapkan oleh BANA untuk mereka. Tidak sedikit BANA yang ikut berlari mengikuti mereka, ingin mengabadikan momen tersebut hingga detik-detik akhir sebelum B1A4 menghilang masuk ke dalam mobil yang sudah siap menyambut mereka. Beberapa fans pun terlihat saling berpelukan dengan teman di sebelah mereka, merasa sangat bahagia karena ahirnya bisa melihat lagi idola yang mereka rindukan dari jarak begitu dekat.

Apakah keseruan dan antusiasme BANA malam itu berakhir sampai di Changi saja? Tentu tidak. B1A4 memang baru akan mengadakan konser mereka di malam berikutnya, yakni tanggal 22 November. Akan tetapi, pada malam itu, para pemegang tiket kelas VIP dan Premium mendapatkan akses khusus untuk dapat menyaksikan B1A4 melakukan sound check!! Yap, KstarFanFest memang mengadakan sesi yang disebut sebagai Sound Check Party khusus bagi pemegang tiket kedua kelas tersebut. Cukup dengan menunjukkan tiket mereka, fans dapat masuk ke area panggung di mana personil B1A4 sedang bersiap untuk melakukan sound check. Sekitar pukul 12 malam kurang, fans sudah mulai memasuki Hall C Marina Bay Sands Expo and Convention Center tempat acara diselenggarakan.

Sesi sound check dibuka dengan hentakan melodi Beautiful Target, mengundang semua BANA yang menyaksikan dari pinggir area yang disediakan untuk ikut bernyanyi bersama, mengibaskan lightstick mereka, bahkan ber-fanchant di beberapa bagian. Sound check party tersebut terasa seperti pemanasan sebelum konser yang sesungguhnya dimulai keesokan harinya. B1A4 pun beberapa kali terlihat tersenyum dan melambaikan tangan ke arah semua penonton, seolah-olah mengajak semua yang hadir untuk kian menikmati penampilan mereka. Setelah Beautiful Target, B1A4 melanjutkan berlatih membawakan LONELY yang kemudian diikuti oleh Baby Good Night. Meskipun B1A4 baru saja sampai dan terlihat agak lelah, mereka tetap tampil sebaik mungkin untuk menghibur semua fans yang ada di sana. CNU terlihat berjalan ke arah kiri panggung untuk mendekat ke arah fans, sementara Gongchan dan Jinyoung tak henti-hentinya melambaikan tangan menyapa fans yang ada di sisi tengah panggung. Walapun jarak yang disiapkan oleh penyelenggara cukup jauh dari panggung, hal tersebut tidak menurunkan antusiasme fans untuk memeriahkan acara sound check.

b1a4_8

Selain berlatih ketiga lagu tersebut, B1A4 pun sempat berlatih sapaan dan beberapa dialog yang akan mereka sampaikan pada saat konser. Sesekali mereka terlihat melakukan diskusi kecil dengan kru panggung. Dan sesuai dengan judul acaranya, yakni sound check, mereka pun beberapa kali terlihat mengatur volume mic dan musik pengiring. Satu hal yang agak disayangkan adalah, karena acara tersebut tidak termasuk dalam rangkaian tur B1A4, maka mereka pun tidak membawa band pengiring, yang berarti semua lagu hanya akan dibawakan dengan minus-one, bukan dengan iringan live band seperti pada tur Road Trip mereka. Meskipun begitu, sepertinya BANA tidak perlu terlalu kecewa, karena bahkan hanya dengan minus-one pun B1A4 dapat memberikan penampilan yang sangat memukau.

Sesi sound check ditutup dengan sedikit lagu 예뻐 sebelum akhirnya B1A4 pamit untuk beristirahat. Mereka membungkuk beberapa kali dan berterima kasih karena sudah datang dalam sesi tersebut, sambil menjanjikan besok akan menjadi acara yang menyenangkan. “See you tomorrow!” tutup Baro sambil melambaikan tangan sebelum menghilang di balik panggung. Meskipun dengan berat hati karena masih belum ingin berpisah dari para idola kesayangan, satu per satu fans pun keluar dari ruangan sambil mengungkapkan rasa tak sabar mereka menanti esok malam saat “pesta” yang sesungguhnya akan dimulai.

Matahari masih terik menyinari daerah Marina Bay; mengingat jam masih menunjukkan tepat pukul 12 siang waktu setempat, antrian panjang kembali terlihat di depan pintu masuk Marina Bay Sands Expo and Convention Center. Antrian tersebut menunjukkan antusiasme fans B1A4 untuk dapat melihat idola kesayangan mereka dalam jarak sedekat mungkin. Poses penukaran tiket dengan gelang tanda masuk area konser dan nomor antrian memang dijadwalkan baru akan dimulai pukul 1 siang, tetapi, antrian tersebut ternyata sudah terbentuk sejak pagi. Setelah mendapatkan gelang dan nomor antrian berwarna sesuai dengan kelas masing-masing, para fans pun membubarkan diri dengan tertib karena antrian untuk masuk ke dalam area konser baru akan dibuka sekitar pukul setengah 5 sore nanti. Sebagian besar fans kemudian memutuskan untuk berkeliling di area booth display para exhibitor yang meramaikan Korea Festival tersebut.

b1a4_9

Booth Korean Tourism menyambut pengunjung di pintu masuk dengan wajah kelima anggota BIGBANG. Booth ini cukup banyak mengundang perhatian, karena di area inilah banyak diadakan kuis dan permainan yang berhadiah pernak-pernik K-Pop. Untuk para pemenang dari tiap kuis, nama mereka dapat diikutsertakan untuk mengikuti undian yang berhadiah tiket tur gratis ke Korea Selatan. Booth ini juga membagi-bagikan poster BIGBANG yang menjadi ambassador mereka, sehingga nyaris semua pengunjung di area tersebut terlihat membawa kotak berisikan poster. Booth lain yang juga mengadakan permainan berhadiah dan membagi-bagikan sampel produk mereka adalah brand kosmetik bernama Innisfree. Mengusung aktor Lee Minho sebagai model mereka, booth ini juga banyak menyedot perhatian pengunjung. Selain kedua booth besar tadi, masih ada beberapa booth lain seperti Etude House, Du Sol Beauty, Lotte Mart, Todai, La Palatte dan I♡KPOP. Selain berkeliling di area booth-booth tersebut, sambil menunggu waktu konser, pengunjung juga dapat menyaksikan perlombaan dance cover yang juga menjadi salah satu acara utama di festival itu.

Waktu pun akhirnya menunjukkan pukul setengah 5 sore. Satu per satu, sesuai dengan nomor antrian yang sudah dibagikan sebelumnya, para fans pun memasuki area konser dengan penuh semangat. Dimulai dengan kelas VIP, yang kemudian diikuti dengan kelas Premium dan Superior. Area VVIP (invitation only) dan VIP ternyata adalah area free seating, sementara area Premium dan Superior adalah area free standing. Penataan ini sebenarnya berbeda dengan apa yang sebelumnya diumumkan oleh penyelenggara (awalnya, semua area dinyatakan free standing). Namun, mengingat area konser adalah hall yang tidak berundak-undak, penataan seperti itu bisa dikatakan cukup adil. Sepertinya, penyelenggara berusaha agar penonton di area Premium dan Superior pun bisa mendapat pemandangan ke arah panggung dengan cukup jelas walaupun dari jarak yang agak jauh. Khusus untuk pemegang tiket VVIP dan VIP, di tempat duduk mereka telah terdapat merchandise persembahan Innisfree yang siap untuk dibawa pulang.

b1a4_4

Tepat pukul 7 malam, lampu-lampu mulai meredup dan penonton pun mulai menjerit penuh antisipasi. Lightstick berwarna apple lime yang menjadi warna khas B1A4 pun memenuhi area konser. Dari balik panggung yang masih gelap, terlihat sosok 5 anggota B1A4 berjalan masuk dan siap mengambil posisi. Dengan efek lampu yang luar biasa, B1A4 pun membuka konser dengan lagu debut mereka, OK! Dan seisi area konser pun berteriak menyambut mereka.

Tidak diragukan lagi, OK! adalah lagu yang tidak pernah gagal dalam menceriakan suasana. B1A4 berhasil mengajak seluruh penonton untuk ikut bernyanyi bersama di beberapa bagian. Atmosfer saat itu benar-benar penuh semangat dan keceriaan. Berbalut dengan setelan jas hitam garis-garis putih, semua anggota B1A4 tampil menawan malam itu. Di sela-sela lagu, mereka melambaikan tangan dan mengajak seluruh penonton untuk menikmati konser. Masih dengan atmosfer penuh semangat dan tanpa break, B1A4 melanjutkan konser dengan Beautiful Target. Sprout dance yang menjadi ciri khas lagu ini pun berhasil memancing pekikan penonton. Semua anggota B1A4 pun tertawa melihat reaksi penonton.

Setelah membuka konser dengan 2 lagu upbeat tersebut, dipandu oleh MC Dee Kosh dan Sylvia, B1A4 pun memperkenalkan diri mereka dan menyapa semua fans yang hadir di konser itu. Pada sesi pembukaan singkat tersebut, B1A4 juga mengungkapkan rasa senang mereka karena bisa kembali ke Singapura dan bertemu dengan fans mereka di sana, yang disambut dengan sahutan penuh semangat oleh seisi ruangan. Setelah dialog singkat tersebut, B1A4 kembali siap memanjakan telinga semua penonton dengan penampilan mereka membawakan LONELY dan IF… (너만 있으면). Kedua lagu bernuansa ballad itu sanggup memukau penonton, memperlihatkan kemampuan vokal semua anggota B1A4. Tak urung, semua penonton berseru penuh kekaguman saat Sandeul membawakan nada tinggi di lagu LONELY dengan mulus. “It’s you, you… neoman isseumyeon,” senandung B1A4 sambil beberapa kali menunjuk penonton, menimbulkan suasana haru, membuat penonton ikut merasakan perasaan yang ingin disampaikan oleh lagu tersebut.

Acara pun kemudian beralih ke sesi tanya jawab dan permainan. Ternyata, berbeda dengan apa yang dinyatakan oleh penyelenggara di poster acara yang mengatakan bahwa acara tersebut merupakan konser, pada kenyataannya acara tersebut lebih menonjolkan konsep fanmeeting, dimana cukup banyak sesi yang melibatkan fans. Hampir setengah dari slot waktu yang disediakan dihabiskan dengan berbagai sesi penuh dengan interaksi bersama fans. Walaupun cukup kaget dengan acara yang berbeda dengan apa yang dibayangkan, sepertinya penonton yang hadir tetap terlihat menikmati acara. Siapa yang bisa menolak kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan B1A4?

b1a4_1

Dipandu oleh kedua MC yang sangat kocak, B1A4 pun memasuki sesi Game #1: Telepathy Game. Pada permainan ini, B1A4 dibagi menjadi 2 tim, Baro bersama CNU, Sandeul bersama Gongchan, sementara Jinyoung dinobatkan menjadi wasit. Permainan itu akan memberikan 2 pilihan bagi masing-masing tim. Kemampuan “telepati” dan “hubungan batin” antara anggota tim akan diuji dengan diharuskannya mereka memilih jawaban yang sama. Tim Baro-CNU memulai permainan ini dengan pertanyaan: Americano vs Latte. “3…2…1…go!!” ujar sang MC, mempersilakan Baro-CNU untuk menjawab. Tetooottt!! Tim ini dinyatakan gagal saat Baro menjawab Americano, sedangkan CNU berniat menjawab Latte. Tim Sandeul-Gongchan terlihat tertawa terbahak-bahak melihat kegagalan tim lawan. Sungguh suatu pemandangan yang memang mengundang gelak tawa. Tim Sandeul-Gongchan kemudian menunjukkan kekuatan “telepati” mereka saat dengan kompak mereka menjawab Personality saat mereka diberikan pilihan Look vs Personality. Permainan ini berlangsung selama beberapa ronde, masing-masing tim mendapat sekitar 4 pertanyaan. Di tengah permainan, MC menawarkan pertukaran wasit agar Jinyoung juga bisa ikut bermain. Akhirnya Sandeul pun menggantikan Jinyoung menjadi wasit (dan berhasil menangkap kecurangan Tim Jinyoung-Gongchan, yang kembali mengundang tawa dari seisi ruangan). Satu jawaban dari Tim Baro-CNU yang disambut meriah oleh penonton adalah saat mereka dihadapkan dengan pilihan A-PINK vs GIRL’S DAY. Bisa menebak apa jawaban mereka, ONers? Yap, dengan kompak, duo yang menyatakan diri sebagai Sexy Team itu pun menjawab, “BANAAAA!!” hehehe…

Game #2 adalah Guessing Game. Pada permainan ini, masing-masing anggota B1A4 memilih secara acak fans yang hadir di acara tersebut untuk bermain bersama mereka di atas panggung. Setelah mendapatkan partner masing-masing, mereka pun melakukan hom-pim-pah untuk menentukan siapa yang diperbolehkan untuk memilih kategori kata yang akan digunakan. Yap, penyelenggara memang sudah menyiapkan 5 kategori kata, yakni Hewan, Olahraga, Makanan, Buah dan Penyanyi. B1A4 diperbolehkan memilih kategori yang mereka inginkan, lalu mereka diharuskan untuk memeragakan kata-kata yang muncul di layar sementara fans yang mereka pilih sebagai partner harus menebak kata yang mereka peragakan tersebut. Terdengar seru ya? Berdasarkan hasil hom-pim-pah tadi, Baro pun mendapat kesempatan pertama untuk memilih, diikuti oleh CNU, Sandeul, Jinyoung, dan terakhir Gongchan.

Baro, yang memilih kategori Hewan, berhasil mengocok perut semua penonton dengan gaya kocaknya saat menirukan berbagai jenis hewan, mulai dari yang mudah seperti kangguru, sampai ke yang paling ajaib seperti kura-kura, koala dan bahkan burung pelatuk. Suara gelak tawa seolah-olah tak ada hentinya saat menyaksikan usaha gigih Baro untuk membuat partner-nya mengerti hewan apa yang sedang dia tirukan. Di permainan ini, Baro mendapat 5 poin untuk jawaban yang berhasil ditebak oleh partnernya. CNU, yang dengan cerdas memilih kategori yang mudah diperagakan, olahraga, berhasil mengantongi 7 poin. CNU dengan postur tubuh tegapnya berhasil memukau penonton saat menirukan gaya taekwondo, tenis, bahkan sampai ice-skating.

Sandeul, sang penantang berikutnya, tentu tidak mau kalah dari kedua anggota sebelumnya. Dengan sangat yakin ia memilih kategori Penyanyi. Suatu pilihan yang tepat, karena berkat pilihannya tersebut, penonton dihibur dengan suguhan yang luar biasa mengagumkan. Apalagi jika bukan Sandeul yang “dipaksa” menirukan berbagai tarian dari girl group seperti SNSD, A-Pink, Girl’s Day, T-ARA, bahkan sampai 2NE1? Ekspresi frustasi Sandeul setiap kali nama suatu girl group muncul di layar sungguh membuat semua terbahak-bahak. Tak ayal lagi, Sandeul menjadi bintang dalam permainan ini berkat usaha uniknya dalam menarikan berbagai koreografi lagu beberapa penyanyi K-Pop. Hasilnya? Ia pun berhasil menyamai poin CNU sebelumnya, yakni 7 poin.

b1a4_2

Kini tinggal lah Jinyoung dan Gongchan, yang cukup tidak beruntung karena mendapatkan sisa pilihan kategori yang cukup sulit: Buah dan Makanan. Jinyoung, yang sudah kehabisan ide, berakhir dengan mempraktekkan gerakan yang sama untuk semua nama buah yang muncul di layar. Sang partner hanya bisa tertawa bingung melihat gerakan-gerakannya. Jika penonton merasa Jinyoung sudah cukup “sial” dengan mendapat nama-nama buah yang sulit ditirukan, perasaan itu pun tergeser saat melihat kata-kata apa yang harus dipraktekkan oleh Gongchan. Memang tak dapat disangkal, Gongchan bisa dikatakan mendapatkan jackpot karena harus menirukan Kimbap, Bibimbap, Kimchi, Jajangmyeon, bahkan sampai Samgyetang!! Sungguh suatu tantangan yang luar biasa. Satu momen yang berhasil membuat seisi ruangan meledak tertawa adalah saat Gongchan harus menirukan Pork Belly. Dengan putus asa, ia menarik Sandeul ke tengah panggung dan mengusap-usap perut hyung-nya yang dikenal hobi makan itu, hahahaha…  Dasar magnae iseng!! Sesi permainan itu pun ditutup dengan CNU dan Sandeul sebagai pemenang. Para fans beruntung yang menjadi partner mereka pun dihadiahi pelukan oleh semua anggota B1A4, mengundang berbagai teriakan penuh kecemburuan dari semua yang hadir.

Selesai dengan sesi permainan, kali ini 5 orang fans yang beruntung kembali dipanggil ke atas panggung untuk menyampaikan pertanyaan untuk B1A4. Dari berbagai pertanyaan tersebut diketahui bahwa ternyata rahasia di balik persahabatan B1A4 selama ini adalah komunikasi. Jinyoung menjelaskan bahwa mereka selalu berusaha mempertahankan komunikasi sebaik mungkin untuk menghindari kesalahpahaman dan menyelesaikan masalah di antara mereka. Saat MC bercanda menanyakan apakah mereka pernah berkelahi, dengan cepat semuanya menggelengkan kepala dan membuat gerakan menyilang dengan kedua tangan mereka. “No, no fighting!” ujar Baro sambil tertawa. Mereka juga sempat bercerita bahwa Road Trip Tour mereka tahun ini adalah kenangan yang paling berkesan di tahun 2014 ini bagi mereka. Lebih lanjut lagi mereka menjelaskan bahwa mereka menyayangkan Singapura tidak termasuk dalam daftar tur mereka itu. Oleh karena itu lah mereka sangat senang karena akhirnya  mereka bisa bertemu lagi dengan BANA Singapura pada acara KstarFanFest ini.

Usai sesi tanya jawab dengan kelima orang fans beruntung tersebut, B1A4 sempat menghilang sebentar ke balik panggung sementara layar menampilkan video Gongchan yang sedang menelpon seseorang. Di video itu Gongchan menyatakan, “Tunggu sebentar ya, aku akan segera datang menemuimu,” dengan aegyo yang membuat semua penonton memekik. Dan memang, tak lama kemudian, B1A4 pun kembali ke panggung. Namun kali ini mereka tidak hanya berlima. Seorang BANA yang sangat beruntung, terpilih untuk naik ke panggung bersama mereka dan menjadi pusat perhatian semua anggota B1A4 saat mereka menyanyikan lagu 예뻐. Sudah bisa ditebak, seisi area konser pun serentak dipenuhi teriakan histeris penuh kecemburuan pada sang BANA beruntung. B1A4 memang tidak pernah setengah-setengah dalam memberikan fan service malam itu. Mereka bergantian melakukan berbagai gerakan-gerakan yang memuja sang BANA. Mulai dari pelukan, bersentuhan kening, bertatap-tatapan selama beberapa detik, sampai memberikan boneka Teddy Bear dan bunga. Woaaahhh… bisa bayangkan betapa riuhnya sesi itu kan ya, ONers? Bahkan hingga lagu berakhir, B1A4 pun mengantarkan sang BANA sampai ke ujung panggung dan melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan! Sungguh suatu kenangan yang pasti tak akan terlupakan bagi BANA terpilih itu!

b1a4_6

Selesai membuat heboh dengan penampilan mereka di lagu itu, B1A4 pun melanjutkan acara dengan membawakan dua lagu terbaru mereka, SOLO DAY dan A Glass of Water. SOLO DAY disambut dengan fanchant yang kencang dan kompak semakin memeriahkan lagu ceria itu. Memasuki A Glass of Water, CNU meminta semua yang hadir untuk berdiri, suatu permintaan yang sudah ditunggu-tunggu oleh semua pemegang tiket VVIP dan VIP. Area konser pun berubah seperti lautan dance floor saat semua penonton berdiri dan ikut menari dan melompat-lompat mengikuti alunan melodi lagu yang sangat energetik itu. Memang suatu konser yang ideal itu seharusnya disaksikan sambil berdiri, ya, agar atmoster antusiasnya terasa dan semua bebas bergerak mengikuti musik yang ditampilkan. Di akhir lagu itu, baik B1A4 maupun penonton terlihat kelelahan karena melompat-lompat sepanjang lagu. Akan tetapi pancaran kebahagian di wajah semua pun terlihat jelas. This what makes a live alive!

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian postcard bertanda tangan B1A4 untuk 10 orang fans yang beruntung. Lagi-lagi semua anggota B1A4 diminta untuk memilih 2 orang fans untuk naik ke panggung dan menerima hadiah spesial tersebut. Benar-benar suatu acara yang sangat memanjakan fans!! Setelah semua fans menerima hadiah mereka dan turun dari panggung, B1A4 pun bersiap untuk membawakan lagu berikutnya. Tapi… tunggu dulu! Kali ini giliran fans yang membuat kejutan bagi B1A4, khususnya untuk sang leader, Jung Jinyoung. Di layar, tiba-tiba terputar video buatan BANA Singapura yang berisi ucapan selamat ulang tahun bagi Jinyoung! B1A4, khususnya Jinyoung, terlihat sangat kaget, sama sekali tidak menyangka akan ada sesi seperti itu. Kue ulang tahun pun diantarkan ke atas panggung dan semua yang hadir menyanyikan lagu Happy Birthday. Jinyoung terlihat sangat terharu dan untuk beberapa saat, ia nampak tidak tahu harus berkata apa. Penonton pun riuh rendah meneriakkan, “don’t cry, don’t cry~” Jinyoung hanya bisa tersenyum manis, penuh rasa terima kasih. Ia akhirnya mengucapkan terima kasih atas kejutannya. Baro juga menimpali bahwa mereka belum sempat merayakan ulang tahun Jinyoung yang jatuh pada tanggal 18 November lalu sehingga mereka sangat berterima kasih karena akhirnya mereka bisa merayakan hal itu berkat BANA Singapura. Pada kesempatan itu, MC memersilahkan semua anggota B1A4 yang lain untuk menyampaikan sepatah dua patah kata ucapan untuk Jinyoung. Hampir semua mengungapkan rasa terima kasih mereka karena Jinyoung telah menjadi leader yang sangat baik untuk B1A4. CNU menambahkan bahwa ia sangat berharap untuk terus bisa merayakan ulang tahun Jinyoung bersama-sama sebagai B1A4 bahkan sampai 5, 10 bahkan 20 tahun ke depan. Such sweet words! Tentu saja hal itu diamini oleh seluruh penonton. Bukankah semua ingin terus melihat B1A4 sampai beberapa tahun ke depan?

Menutup acara yang penuh dengan kenangan itu, B1A4 kembali memanaskan suasana dengan lagu-lagu terkenal mereka, yakni What’s Happening dan Baby Good Night. Sesuai dengan permintaan CNU, kali ini semua penonton sudah berdiri dan ikut bergoyang, mengangkat tangan dan melompat-lompat mengikuti lagu yang dibawakan. Seisi ruangan pun berteriak kecewa saat B1A4 mengumumkan bahwa mereka akan membawakan lagu terakhir, yakni You are My Girl. Di lagu terakhir ini, nuansa semakin panas saat semua anggota B1A4 turun dari panggung untuk berfoto bersama dengan penonton. Bangku-bangku yang disediakan pun terlupakan saat semua penonton berhamburan mendekati pinggir area panggung, berharap untuk dapat terfoto dalam polaroid yang diambil oleh B1A4. Di panggung utama, Baro bahkan terlihat mengambil selca dengan ponsel milik salah seorang fans! Sungguh suatu atmosfer yang penuh dengan kebahagiaan dan semangat!! Rasanya berat sekali untuk berpisah dari grup yang sudah membawa begitu banyak keceriaan di malam itu.

Didorong oleh keinginan untuk melihat B1A4 untuk terakhir kalinya, penonton pun meneriakkan “Encore! Encore! Encore!” sambil berharap B1A4 akan kembali ke atas panggung. Dan harapan itu pun terkabul saat alunan musik In The Air pun terdengar. Lagi-lagi semua spontan bergerak mendekat ke panggung dengan tangan terangkat tinggi-tinggi seperti yang digambarkan di lirik lagu tersebut. Now everybody put your hands in the aiiiirrr~ Sekali lagi, area konser berubah menjadi dance floor saat semua menari dan melompat bersama. Suasana kian meriah saat hamburan pita-pita confetti disemburkan dari panggung utama. Sungguh suatu momen yang tak terlupakan. Wajah-wajah cerah dari semua anggota B1A4 dan penonton yang hadir pastinya akan menjadi kenangan manis yang berkesan bagi semua. B1A4 menutup acara yang sangat intimate malam itu dengan mengucapkan terima kasih kepada penonton yang disambut dengan tepuk tangan meriah tanpa henti.

b1a4_5

Sesi high-touch untuk pemegang tiket VVIP dan VIP lah yang menjadi acara penutup. Baro, CNU, Sandeul, Jinyoung dan Gongchan berdiri berjejer di panggung, sementara fans dengan tertib mengantri untuk bisa berinteraksi singkat dengan mereka. Meskipun singkat, sungguh senang rasanya bisa menyampaikan rasa terima kasih pada kelima anggota B1A4 karena telah memberikan suatu penampilan yang tak terlupakan, memberikan suatu kenangan manis yang akan tersimpan di ingatan semua BANA yang hadir malam itu.

Terima kasih, B1A4! Seperti yang sempat kami sampaikan langsung ke Baro di sesi high-touch, “Please come back again to Indonesia!”, semoga suatu hari nanti B1A4 bisa kembali lagi ke Indonesia, sehingga BANA Indonesia pun bisa menambah lagi kenangan manis mereka bersama B1A4.

Setlist:

  1. OK
  2. Beautiful Target
  3. LONELY
  4. IF… (너만 있으면)
  5. 예뻐
  6. SOLO DAY
  7. A Glass of Water
  8. What’s Happening
  9. Baby Good Night
  10. You are My Girl

Encore:

In The Air

Laporan dan foto oleh Wangi Firdausi. Thank you!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s