YG Family 2014 Galaxy Tour: Power in Singapore 13092014

Cuaca di Singapura pada Sabtu, 13 September lalu panas luar biasa. Penonton semakin tidak sabar untuk masuk ke dalam Singapore Indoor Stadium untuk bisa menyejukkan diri, termasuk RekON. Tapi ternyata di dalam loka, penyejuk ruangan pun seakan tak berfungsi ketika para artis dari YG Entertainment tampil memanaskan suasana dalam rangkaian YG Family 2014 Galaxy Tour: Power in Singapore. Konser yang dipromotori oleh One Production ini berlangsung selama 3 setengah jam, dan selama itu para penggemar disuguhi musik berkualitas dari BIGBANG, 2NE1, EPIK HIGH, WINNER dan PSY.

Untuk standing area, penonton masuk bertahap sesuai nomor antrian. Meskipun RekON masuk dalam antrian paling akhir, RekON masih mendapatkan posisi yang cukup dekat dari panggung karena kondisi pen B yang terhitung lengang, dibandingkan dengan pen A. Penonton terlihat bersemangat sekali, dan mereka siap dengan lightstick grup yang mereka dukung. Crown stick BIGBANG memang masih menjadi raja malam itu, tapi di tengah-tengah lautan kuning, RekON mendapati juga lightstick putih 2NE1 dan biru WINNER.

inside-venue-ygfam

Pukul enam lebih, konser dimulai dengan klip yang menunjukkan nama-nama penampil malam itu. Berbeda dengan di Seoul, untuk konser di Singapura YG hanya membawa 4 grup dan satu artis solo di bawah manajemen mereka. Meskipun tidak membawa keluarga YG yang utuh, YG Family 2014 Galaxy Tour: Power in Singapore tetap mengguncang dan menghibur para penggemar.

2NE1 mendapat kehormatan untuk memulai pertunjukkan. Begitu dua layar besar yang sebelumnya menutup panggung bergeser, terlihat dua tangga di sisi kiri dan kanan panggung, tempat para penari berdiri. Lalu di mana kah 2NE1? Keempat personil 2NE1 ternyata muncul dari atas, duduk di semacam singgasana yang kemudian melayang turun. Dalam kostum bernuansa hitam dan perak, 2NE1 menyanyikan dua lagu bertempo cepat yaitu Crush dan Fire, sebelum melembut dengan Come Back Home. Walau 2NE1 baru saja tampil di Singapura untuk rangkaian tur All or Nothing, Blackjack masih menunjukkan antusiasmenya dan mendukung idola mereka dengan cara bernyanyi bersama-sama.

7084_835418173145442_4214523432408566274_n

Dara sempat menggoda penonton dengan mengatakan, “Ketika kami bilang akan kembali secepatnya ke Singapura, benar kan kami kembali? Kami selalu menepati janji.” Ia lalu tertawa penuh nada kemenangan, membuat penonton gemas!

Konser berlanjut dengan salah satu grup yang RekON tunggu-tunggu, yaitu EPIK HIGH. Meja DJ dengan lambang EPIK HIGH bergerak maju ke tengah panggung, DJ Tukutz sudah siap untuk menampilkan aksinya! Lagu pertama EPIK HIGH adalah singel lama mereka Fly, dilanjutkan dengan 비겨 dan Love Love Love yang berirama manis bersama Dara.

tablo-ygfamsg

EPIK HIGH bercerita tentang comeback mereka berikutnya. Sebelum terbang ke Singapura, kata Tablo, mereka baru saja menyelesaikan rekaman album baru. Dan untuk tahu lebih lanjut mengenai perkembangan album baru mereka, Mithra Jin menyarankan untuk mengikuti akun Twitter atau akun Instagram mereka. Tablo juga mengungkapkan harapan supaya album baru mereka bisa laris, “Ribuan kopi!” “Jutaan!” tambah DJ Tukutz. Semakin tidak sabar ya, ONers, menunggu album barunya EPIK HIGH.

Ini pertama kalinya RekON melihat aksi EPIK HIGH di atas panggung, dan penampilan mereka harus kami acungi jempol, terutama ketika Up. Trio ini mengajak penonton melompat bersama, yaitu ketika lirik “We’re going up!” Dinyanyikan. Suasana semakin meriah ketika Mithra dan DJ Tukutz berulang kali menyiram penonton dengan air.

Setelahnya, giliran WINNER yang tampil. Mereka juga melayang turun dengan lift yang berbentuk seperti gelang-gelang. Kostum hitam putih WINNER sekilas sederhana dan tidak segemerlap 2NE1 sebelumnya, tapi ini memang sesuai dengan konsep yang mereka tawarkan dalam album debut mereka 2014 S/S. WINNER membawakan lagu pertama Go Up dengan enerjik,  membuat penonton juga semakin meloncat-loncat mengikuti irama lagu.

WINNER-YGFAMSG

Empty tentu saja adalah yang paling ditunggu oleh para Inner Circle. WINNER memulai koreografi lagu ini dari pose duduk di tangga yang berada di panggung bagian belakang dan kemudian bergerak ke tengah panggung. Mereka tampak sudah nyaman sekali menyanyikan Empty, seperti ditunjukkan oleh Seungyoon yang menaklukkan nada tinggi dengan mudahnya.

Ada satu kejadian lucu ketika WINNER memperkenalkan diri. Tiba gilirannya untuk berbicara, rapper Seunghoon sempat terdiam dan berusaha mengingat-ingat apa yang selanjutnya ia harus katakan. Seisi stadion sempat hening, menunggu jawaban, sebelum akhirnya tertawa melihat ekspresi lucu Seunghoon. Kelima cowok ini kemudian maju ke panggung depan untuk menyanyikan Smile Again.

BIGBANG-YGFAMSG

Selanjutnya, BIGBANG tampil dengan lagu-lagu hits mereka seperti Haru-Haru, Bad Boy dan Fantastic Baby. Ketidakhadiran Seungri pasti mempengaruhi penampilan BIGBANG, dan tadinya ini sempat membuat RekON khawatir BIGBANG akan kalah dari penampil lain. Tapi bukan BIGBANG namanya kalau tidak bisa menyihir penonton. G-Dragon terlihat penuh senyum dan bersemangat malam itu, dan fan-service mereka kepada penonton tidak tanggung-tanggung. G-Dragon berjalan ke sisi kiri panggung dan memberikan kesempatan kepada beberapa penonton di area tribun untuk mengelus-elus kepalanya. Sedangkan Taeyang berjalan ke sisi kanan dan sempat memberikan mikrofon kepada seorang penonton, membiarkannya menyanyikan sebagian lirik lagu BIGBANG.

Salah satu yang paling dinantikan di konser YG Family adalah stage solo dan kolaborasi. Dua leader CL dan G-Dragon tampil bersama di The Baddest Female sebelum masing-masing membawakan lagu solonya. CL terlihat kuat dan seksi sekali ketika membawakan M.T.B.D. RekON jadi teringat ketika pertama kali melihat penampilan 2NE1 pada 2011. CL sudah sangat jauh berkembang, baik dari segi musikalitas maupun kepercayaan diri! Untuk lagu solonya, G-Dragon membawakan Crayon, yang seharusnya ia bawakan bersama Seungri.


Mino-doomdada

Sebagai pengantar Doom Dada, Dara dengan kostum biru seperti yang dikenakan TOP di MV, lengkap dengan mikrofon raksasa, naik ke atas panggung. Dalam kostum yang serupa, Mino WINNER membawakan beberapa bait sebelum akhirnya the original rapper muncul untuk menghipnotis seisi Singapore Indoor Stadium. Keahlian rap TOP memang sudah tidak diragukan lagi. Ditambah dengan karismanya luar biasa, ia benar-benar bersinar di atas panggung.

Daesung dan Seungyoon menyanyikan Ugly milik 2NE1. Keduanya memang mempunyai vokal yang cocok untuk lagu bernuansa rock. Untuk lirik “Just like her, I wanna be pretty.”, mereka menggantinya dengan, “Just like him, I wanna be a rockstar.” Berikutnya, Tablo dan Taeyang membawa suasana sendu ke dalam konser ini dengan Eyes, Nose, Lips. Sebenarnya bukan hanya kesenduan, tapi juga ada kemarahan di versi ini, seperti diungkapkan Tablo dengan rap-nya, “I wish you hell.”

Tidak melulu serius di atas panggung, BIGBANG mengocok perut penonton dengan I Love You milik 2NE1 yang mereka bawakan dengan gaya centil. G-Dragon terlihat sangat manis sekali membawakan koreografi scarf I Love You, apalagi saat itu rambutnya memang sedang lumayan panjang.  RekON jadi teringat G-Dragon di parodi Secret Garden BIGBANG. Ketika gerakan menggoyangkan bokong, Taeyang dan G-Dragon sempat menggoda Daesung dengan meraba-raba bokong Daesung. Daesung yang kegelian pun berlari menjauhi kedua hyung-nya itu.

10626559_835418319812094_7790264703885181581_n (1)

Pengalaman di atas panggung memang tidak bohong. PSY adalah penampil yang luar biasa, harus RekON akui. Ia berkomunikasi dengan penonton dengan gaya yang khas, bahkan terkadang sinis (“Ah, kalian pasti hanya tahu dua lagu saya.”), tapi cara seperti inilah yang mampu membuat penonton tertarik dan ikut bergoyang bersama PSY. Sesekali ia bercanda, seperti, “Kalian pasti berpikir kalau saya ternyata aslinya lebih kurus,”.

PSY juga selalu mengajak para penikmat musiknya untuk memahami arti di setiap lagunya. Misalnya untuk lagu Champion, ia mengatakan pada penonton bahwa kita semua adalah juara, atau untuk lagu It’s Art, ia mengajak penonton untuk menjadikan malam ini sebagai sebuah ‘art’.  Yang paling menyentuh RekON adalah ketika lagu Father dibawakan. Lagu ini bercerita tentang perjuangan seorang ayah untuk membuat keluarganya bahagia, dan animasi yang ditampilkan di layar besar menggambarkan kisah sang ayah tersebut.

Gangnam Style memang membuat penonton meledak, tapi penampilan terbaik malam itu adalah Gentleman. Nada untuk lagu ini memang sudah catchy, terlebih lagi koreo-nya cukup mudah untuk dibawakan bersama-sama. Tata lampu yang gila-gilaan (termasuk kendali yang akurat untuk LED lights di jaket para penari) menjadikan Gentleman sebagai aksi panggung yang komplit, menghibur dan berkelas.

YGFam-con-CL

2NE1 kembali naik ke atas panggung setelah PSY. Lagu dimulai dengan keempat cewek ini mengendarai motor yang sebenarnya adalah para penari mereka. Kali ini mereka tampil dengan pakaian yang sporty, siap menghentak dengan lagu-lagu bertempo cepat seperti I Am The Best dan Scream. BIGBANG lagi-lagi mengguncang seisi loka dengan Tonight, Feeling dan Hands Up. Meskipun sudah dua tahun mereka tidak mengeluarkan album baru, singel lama mereka seperti Lies dan Heaven ternyata tidak kehilangan daya magis-nya dan masih diminati oleh VIP. Feeling adalah salah satu lagu favorit RekON dan untung sekali mereka membawakannya di konser YG Family ini. Oh iya, beberapa bagian Seungri dinyanyikan oleh Daesung. Menariknya, ketika Daesung tidak bisa ikut ke Singapura pada 2011, Seungri-lah yang menyanyikan bagian Daesung.

Untuk encore, semua penampil naik ke atas panggung dan menyanyikan Go Away, Gangnam Style dan Fantastic Baby. Tidak lupa masing-masing penampil diperkenalkan kembali kepada penonton, dimulai dengan WINNER. Begitu nama mereka dipanggil, kelima anggota WINNER maju ke depan dan bergoyang seheboh-hebohnya. Taehyun yang selalu kelihatan anggun juga tidak ada jaim-jaimnya ketika harus bergoyang gila-gilaan. 2NE1 dipanggil, dan Minzy menunjukkan olah tubuhnya yang luar biasa ketika ia mengangkat kakinya tinggi seperti seorang balerina. Pose Minzy  kemudian ditiru oleh TOP, yang tentu saja gagal melakukannya dan malah merangkak seperti seorang bayi!

YGFam-con-Jinwoo

Sampai lagu berakhir, semua artis terus mengelilingi panggung, mengabadikan momen dengan telfon genggam Samsung yang disediakan penyelenggara, atau melakukan selfie seperti  Jinwoo yang sibuk berkeliling dengan tongsisnya. G-Dragon membuat penggemar penasaran ketika ia mengatakan bahwa mereka akan segera kembali ke Singapura. “Very, very soon.” katanya menekankan. Wah dalam rangka apa ini ya? Akhirnya semua penampil malam itu pun membungkukkan badan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada semua yang hadir malam itu.

YGFam-con-all-2

Dari segi produksi, YG Family 2014 Galaxy Tour terbilang spektakuler dengan tata lampu, desain panggung dan efek-efek yang gemerlap. Memang tidak ada konsep yang menyatukan konser secara keseluruhan, tapi menurut RekON ini karena YG Entertainment lebih ingin mengedepankan musik dan talenta para artisnya dibandingkan ‘kemasan’ yang cenderung malah membatasi artisnya. Tiga setengah jam berlalu begitu cepat, dan walau pun kaki RekON pegal-pegal setelah konser, rasanya ingin kembali mengulang tiga setengah jam yang panas tersebut!

YGFam-con-all

Photos by One Production, Samsung Singapore and YG Family Official Facebook.

Setlist:

  1. 2NE1 – Crush
  2. 2NE1 – Fire
  3. 2NE1 – Come Back Home
  4. 2NE1 – Gotta Be You
  5. Epik High – Fly
  6. Epik High – 비겨
  7. Epik High ft. Dara – Love Love Love
  8. WINNER – Go Up
  9. WINNER – Empty
  10. WINNER – Smile Again
  11. BIGBANG – Haru Haru
  12. BIGBANG – Bad Boy
  13. BIGBANG – Fantastic Baby
  14. WINNER – Just Another Boy
  15. CL & G-Dragon – The Baddest Female + M.T.B.D
  16. G-Dragon – Crayon
  17. T.O.P ft. Mino & Dara – Doom Dada
  18. Daesung & Seungyoon – Ugly (by 2NE1)
  19. Epik High & Taeyang – Eyes, Nose, Lips
  20. Epik High & Park Bom – UP
  21. Epik High – Don’t Hate Me
  22. BIGBANG – I Love You (by 2NE1)
  23. PSY – Right Now
  24. PSY – Entertainer
  25. PSY – Champion
  26. PSY – Father
  27. PSY – It’s Art
  28. PSY – Gentleman
  29. PSY – Gangnam Style
  30. 2NE1 – I Am the Best
  31. 2NE1 – Scream
  32. 2NE1 – Can’t Nobody
  33. BIGBANG – Tonight
  34. BIGBANG – Feeling
  35. BIGBANG – Hands Up
  36. BIGBANG – Lies
  37. BIGBANG – Heaven

Encore:

  1. YG Family – Go Away
  2. YG Family – Fantastic Baby
  3. YG Family – Gangnam Style

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s