Rangkaian acara promosi ‘Excuse Me’ oleh B.A.P di Jepang

Dalam rangka peluncuran singel Jepang keempat mereka, Excuse Me, B.A.P menyelenggarakan sejumlah kegiatan bagi para penggemar mereka, Babyz, di beberapa kota di Jepang. RekON berkesempatan menghadiri dua di antaranya.

bap-excuseme05

Acara pertama yang RekON hadiri adalah penampilan terbuka di alun-alun Lazona, Kawasaki pada 3 September 2014. Acara tersebut gratis, namun bagi penggemar yang membeli CD B.A.P dari cabang HMV di Lazona, diberikan keistimewaan yaitu boleh berdiri di dekat panggung. Yang tidak membeli CD, dipersilakan memilih lokasi untuk menonton dari lantai-lantai yang lebih tinggi daripada alun-alun. Ribuan penggemar datang, meramaikan penampilan tersebut. Banyak di antaranya yang membawa lightstick matoki. Ups, tapi pembawa acara meminta agar Babyz tidak meniup peluit mereka, karena takut mengganggu ketertiban di tempat umum tersebut. Ia menyarankan agar Babyz mengganti tiupan peluit dengan membuat bunyi ‘piiip’ sendiri dengan mulut mereka. Ia bahkan sempat mengajak Babyz berlatih mengeluarkan bunyi ‘piiip’!

Mengenakan pakaian berkoordinasi warna hitam-putih, B.A.P datang ke tempat acara sekitar pukul 18.30, disambut oleh pekikan penggemar. Namun mereka masuk terlebih dahulu ke tenda-tenda yang didirikan di belakang panggung untuk bersiap-siap, dan baru naik panggung ketika jam telah nyaris menunjukkan pukul tujuh. Mereka langsung menggebrak dengan ZERO, mengajak penonton bergoyang bersama setiap kali mencapai bagian “Oh eh oh, oh eh oh eh oh” yang catchy. Saking ramainya penonton, para pengunjung plaza yang berlalu-lalang dan tidak tahu apa-apa jadi ikut kaget dan penasaran!

Suasana di Lazona Kawasaki yang disemuti Babyz.

Suasana di Lazona Kawasaki yang disemuti Babyz.

Berhubung ini acara promosi, setelah ZERO, B.A.P diminta berfoto-foto dulu setelah memperkenalkan diri. Pertama-tama mereka berpose menghadap ke penonton. Para fotografer lalu berpindah ke atas panggung, untuk mengambil foto B.A.P dengan penonton sebagai latarnya. B.A.P lalu melanjutkan penampilan mereka dengan NO MERCY yang diiringi fanchant yang luar biasa nyaring. Panggung yang sempit tidak menghalangi Jongup untuk memamerkan kebolehannya spin di lantai!

Kelar NO MERCY, tiba saatnya B.A.P bermain sedikit. Mereka diminta menarik sehelai kertas bertuliskan kalimat dalam Bahasa Jepang secara acak. Kalimat itu harus mereka hapalkan dalam sekejap dan ucapkan sambil bergaya mengenakan kacamata lucu yang mereka pilih sendiri. Yang lebih seru lagi, seorang penggemar yang berulang tahun dipersilakan naik ke panggung dan menerima kacamata lucu dari personil mana pun yang dia pilih. Ia memilih Yongguk, dan sang leader pun melepaskan kacamata yang ia pakai serta memasangnya sendiri di wajah sang penggemar. Setelahnya ia mengajak sang penggemar berfoto berdua! Sungguh hadiah ulang tahun yang sangat istimewa, ya!

B.A.P menutup penampilan mereka hari itu dengan singel Excuse Me yang juga membuat para penggemar mereka tidak tahan untuk tidak ber-fanchant dan bergoyang. Setelahnya B.A.P berpamitan, dengan Daehyun mengumbar gombal bahwa ia adalah “milik semua orang”. B.A.P sekali lagi mengajak penonton bersama-sama menyanyikan sepenggal Excuse Me sebelum mereka benar-benar meninggalkan panggung, dengan agak terburu-buru karena sejumlah penggemar berusaha mengejar mereka sambil menjerit-jerit!

Salah satu layar raksasa di depan TOWER RECORDS Shibuya yang menampilkan promo Excuse Me.

Salah satu layar raksasa di depan TOWER RECORDS Shibuya yang menampilkan promo Excuse Me.

Acara kedua adalah acara menerima hadiah secara langsung dari personil B.A.P yang diselenggarakan di Hall 6, Makuhari Messe, Chiba, pada 7 September 2014. Para pembeli CD Excuse Me cetakan pertama dari TOWER RECORDS berkesempatan memperoleh dua macam kartu dalam CD yang mereka beli. Kartu ‘hadiah’ harus dikirimkan ke alamat tertentu guna diundi untuk memenangkan poster B.A.P. Sedangkan yang memperoleh kartu ‘acara’ berhak menerima hadiah khusus secara langsung dari personil yang fotonya ada di kartu tersebut. Oleh karena satu kartu hanya berlaku untuk satu personil, tak heran banyak penggemar yang ‘kalap’ membeli banyak CD sekaligus demi memperoleh kartu sebanyak-banyaknya!

TOWER RECORDS cabang Shibuya pun menggelar sejumlah pajangan khusus untuk menyambut rilis Excuse Me. Penggemar bisa datang untuk berfoto bersama standee atau poster B.A.P dan panel bertanda tangan ataupun bingkai foto Excuse Me. Selama dua hari, tanggal 2 dan 3 September, setiap toko akan dibuka pada pukul 10 pagi, diputar video sambutan dari B.A.P di layar-layar raksasa di depan toko. Selain itu, antara tanggal 2-8 September, pengunjung toko dapat menyaksikan video komentar khusus dan video Excuse Me yang diputar setiap setengah jam sekali di layar-layar tersebut.

Inilah wujud kartu 'acara' yang berarti pemegangnya berhak bertemu muka dengan Youngjae di acara penyerahan hadiah dari B.A.P.

Inilah wujud kartu ‘acara’ yang berarti pemegangnya berhak bertemu muka dengan Youngjae di acara penyerahan hadiah dari B.A.P.

Minggu, 7 September, pintu masuk Hall 6 Makuhari Messe dibuka pukul satu siang. Dengan tertib penonton yang sudah mengantri membentuk barisan panjang pun masuk. Sampai di dalam, mereka berpisah menuju barisan masing-masing, sesuai personil yang akan mereka temui. Ada enam bilik yang disediakan bagi para personil B.A.P, berjajar dari kiri ke kanan: Yongguk, Himchan, Daehyun, Youngjae, Jongup, dan Zelo. Sebagian penonton terlebih dahulu menuju kios-kios merchandise ataupun TOWER RECORDS untuk membeli lebih banyak lagi CD. RekON memilih untuk langsung masuk ke barisan Youngjae.

Pukul 2 lewat sedikit, pembawa acara mengumumkan kedatangan B.A.P. Keenamnya terlebih dahulu berdiri di tengah, di antara barisan Daehyun dan Youngjae, untuk memberikan salam. Mereka berdiri dengan urutan Daehyun, Yongguk, Himchan, Youngjae, Jongup, dan Zelo. Setelah Yongguk memimpin mereka untuk sama-sama mengucapkan “Kami B.A.P!”, mereka pun memperkenalkan diri satu per satu. Youngjae tampak paling ceria, meneriakkan “Ikuti aku!” lalu mengajak penonton melambai-lambaikan tangan sambil menyanyikan Excuse Me. Usai perkenalan singkat itu, mereka pun menuju bilik masing-masing. Meskipun Daehyun sudah masuk ke biliknya, ia masih mengangkat lengannya tinggi, melambai-lambai, sehingga hadirin masih bisa melihat tangannya dari atas dinding bilik.

Penampakan Hall 6 Makuhari Messe. Tampak bilik-bilik bagi anggota B.A.P di kejauhan, sementara yang terlihat di sebelah depan adalah antrian penggemar yang hendak membeli CD di kios TOWER RECORDS.

Penampakan Hall 6 Makuhari Messe. Tampak bilik-bilik bagi anggota B.A.P di kejauhan, sementara yang terlihat di sebelah depan adalah antrian penggemar yang hendak membeli CD di kios TOWER RECORDS.

Acara pemberian hadiah berupa kartu pos bertanda tangan pun dimulai. Penonton diminta terlebih dahulu untuk meletakkan barang-barang bawaan di sebuah meja di depan setiap bilik. Waktu yang diperoleh setiap penggemar pun singkat saja, karena benar-benar hanya menerima kartu pos dari personil B.A.P. Tidak sempat berbicara banyak, karena staf langsung menyentuh bahu kita setiap kali kita dianggap terlalu lama berdiri di depan personil bersangkutan. Namun tetap sangat menyenangkan! RekON juga sempat menyampaikan pada Youngjae kalau RekON berasal dari Indonesia. Dan tentu saja banyak yang tidak puas hanya dengan sekali kesempatan. Banyak penggemar yang begitu keluar dari satu bilik, langsung mengantri lagi untuk membeli CD Excuse Me lagi. Apalagi kios TOWER RECORDS menyediakan mesin kartu kredit, cocok untuk yang tidak sedang membawa uang tunai banyak! Tapi ada juga lho, wajah-wajah yang tampak kecewa karena di dalam CD yang mereka beli tidak terdapat kartu ‘acara’.

Rangkaian promosi B.A.P untuk Excuse Me pun selesai dengan mulus. Semoga ke depannya pun karir B.A.P makin mencorong baik di Jepang maupun di negara-negara lain!

youngjae-card

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s