Showcase MBLAQ di Zepp Tokyo 18032014

Sebelum melakukan comeback di Korea, terlebih dahulu MBLAQ merilis singel berbahasa Jepang, Still in Love, yang dipromosikan dengan serangkaian showcase (sebenarnya dalam Bahasa Jepang disebut ふれあいコンサート, konser akrab) di negara tersebut.  Di Tokyo, MBLAQ menggelar empat kali pertunjukan dalam dua hari. RekON berkesempatan hadir di showcase siang hari pada tanggal 18 Maret 2014. Acara itu dilangsungkan di Zepp Tokyo yang terletak di Odaiba, hanya beberapa puluh meter jauhnya dari stasiun Aomi (jalur Yurikamome).

mblaq180314-06

Mungkin karena dilangsungkan siang hari kerja, sesi siang tidak terlalu dipadati hadirin. Ditambah ukuran Zepp yang tidak besar, membuat panggung terlihat jelas dari tempat berdiri RekON, yang mendapat tempat di tengah-tengah. Pukul dua siang, lampu-lampu digelapkan, dan kelima personil MBLAQ naik ke panggung. Tanpa basa-basi, mereka langsung memulai acara dengan singel baru mereka, Still in Love. Sejumlah penonton terdengar ikut bernyanyi mengiringi para personil MBLAQ yang tampak gagah dan tampan dengan setelan berwarna gelap. Fans juga ramai bersorak-sorak memanggil-manggil nama-nama para personil. Di satu kesempatan, Seungho sedang menyanyikan bagiannya, dan lampu sorot menyinari ia seorang, sementara teman-temannya berdiri dalam gelap. Namun, meskipun gelap, penonton tetap bisa melihat Mir yang sedari tadi diam saja ternyata sedang tersenyum manis. Penonton pun menjerit gara-gara Mir. Seungho tersenyum, mungkin karena mengira jeritan itu untuknya.

mblaq180314-04

MBLAQ melanjutkan dengan Scribble. Mereka banyak berinteraksi dengan penonton, seperti tersenyum sambil menunjuk kepada penonton tertentu yang berhasil menarik perhatian mereka, melambai-lambai, dan lain sebagainya. Penonton pun juga teramat bersemangat, bahkan bisa dibilang sangat berisik dibandingkan penonton sejumlah konser Kpop lain di Jepang yang pernah RekON hadiri. Mereka cuek saja berteriak-teriak meskipun saat MBLAQ membawakan balada. Padahal biasanya mayoritas penonton Jepang senyap lho saat artis sedang bernyanyi, terutama bila lagunya balada atau berirama pelan. Paling-paling fanchant atau bernyanyi mengikuti di saat-saat tertentu.

Setelah lagu kedua, staf muncul membawakan kursi untuk para anggota MBLAQ. Seorang penerjemah juga muncul, karena kini saatnya berbincang-bincang. Setelah memperkenalkan diri satu per satu, MBLAQ pun mulai membicarakan mengenai banyak hal. Dan saat inilah karakter mereka masing-masing jadi benar-benar tampak! Tentu saja yang paling tidak bisa diam adalah sang maknae Mir.

mblaq180314-01

Sewaktu ditanya apakah telah mendengarkan singel terbaru MBLAQ, fans yang hadir menjawab ya. G.O. lalu meminta mereka menyanyikan sebagian lagu itu bersama-sama, sesuai aba-abanya. Ternyata fans bisa menyanyikan Still in Love dengan baik! Padahal lagu itu belum terlalu lama dirilis, namun mereka sudah hapal. Para personil MBLAQ sampai-sampai berkomentar bahwa fans tahu lirik lagu itu dengan lebih baik daripada Mir-chan! Mir lalu ditantang menyanyikan Still in Love – bukan pada rap yang menjadi bagiannya. Eh, benar saja, ternyata Mir hanya bisa menggumamkan melodi lagu itu. Semua pun tertawa karenanya.

MBLAQ juga menjawab sejumlah pertanyaan dan curhat yang dituliskan fans dan dimasukkan ke sebuah kotak. Bila ada yang kertasnya terambil oleh MBLAQ, sang penulis diminta mengangkat tanggan. Anggota MBLAQ bergantian memberikan solusi atau berbagi pengalaman mereka sendiri. Hm.. kalau kamu yang diberi nasihat oleh personil MBLAQ, nasihat dari siapa yang kamu percaya? 🙂

Kali ini, Joon yang ‘ketiban pulung’, aibnya dibuka oleh teman-temannya. Awalnya G.O. membongkar bahwa Joon senang menggerayangi teman-temannya. Mir dan Seungho lalu berdiri dan mencontohkan keisengan yang sering dilakukan Joon. Misalnya, sewaktu sedang latihan menari, Joon terkadang meremas bokong orang yang ada di depannya. Mir pun berpura-pura meremas bokong Seungho sebagai contoh.

mblaq180314-03

Lantas Thunder ikut-ikutan maju dan menceritakan bahwa kalau laki-laki ingin memegang otot dada laki-laki lain yang tampak bagus, paling-paling menggunakan satu tangan dan memegang sekenanya saja. Tapi Joon menggunakan dua tangan untuk meraba-raba atau meremas-remas dada laki-laki lain itu (Thunder mencontohkan ini kepada Mir). Penonton jadi tertawa-tawa geli, sementara Joon terlihat malu sekali. Ia hanya bisa duduk memunggungi penonton sambil memeluk kotak pertanyaan. Namun kemudian ia meyakinkan penonton bahwa kalau ia iseng seperti itu, itu hanya bercanda. Ia tetap suka perempuan, kok!

Anggota-anggota MBLAQ juga antara lain membicarakan soal lagu-lagu J-pop yang mereka suka. Salah satunya adalah Yuki no hana, lagu Nakashima Mika yang juga popular di Korea karena dibawakan oleh Park Hyo Shin sebagai soundtrack drama I’m Sorry I Love You. G.O. juga menyatakan ia menyukai lagu X-Japan, Tears (lagu ini juga pernah dikover oleh band rock Korea, TRAX). Sewaktu G.O. menyebutkan nama Yoshiki, drummer X-Japan, Mir langsung dengan heboh sendiri berpura-pura memainkan drum.

mblaq180314-05

Sayang tidak semua pertanyaan bisa dijawab MBLAQ karena waktu yang terbatas. Mereka harus membawakan beberapa lagu lagi sebelum acara ditutup dan dilanjutkan dengan sesi jabat tangan bagi fans yang membeli CD+DVD Still In Love. MBLAQ melanjutkan pertunjukan dengan Celebrate dan Monalisa, yang mengundang banyak fans untuk turut menari. MBLAQ lantas menyampaikan salam terakhir sebelum menutup sesi siang hari. Joon sempat mengambil dan memeluk boneka Pikachu yang disorongkan penonton. Sementara Mir didesak untuk mencoba bernyanyi. Sang maknae patuh, dan melakukannya dengan cukup bagus. Namun saat lagu terakhir, No Love, ia kembali menjadi bulan-bulanan, yaitu para hyung memaksanya bernyanyi! Seungho menyorongkan mikrofonnya ke Mir, dan semua personil lain berhenti menyanyi dan membiarkan Mir bernyanyi sendiri. Mereka juga sambil tertawa-tawa ikut mengerubungi Mir dan menyorongkan mikrofon ke mulutnya. Mir mau tidak mau terus bernyanyi, dan menutup lagu itu dengan falsetto gagal. Penonton dan semua personil pun jadi tertawa-tawa lagi.

Showcase itu singkat dan sederhana saja, namun cukuplah untuk menuntaskan kerinduan fans yang sudah lama juga tidak berjumpa MBLAQ. Apalagi suasananya akrab, penonton maupun anggota MBLAQ bisa santai dan banyak berinteraksi. Dan dengan diluncurkannya singel baru mereka dalam Bahasa Korea, para penggemar MBLAQ di seluruh dunia bisa turut bergembira hati menyambut kembalinya grup ini!

mblaq180314-02

Setlist MBLAQ 18032014

1. Still in Love

2. Scribble

3. Celebrate

4. Monalisa

5. No Love

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s