Konferensi Pers FTISLAND 6th Anniversary [FTHX]: Singapura 07032014

FTHX_presscon6

Dua tahun sudah berlalu sejak band rock asal Korea Selatan FTISLAND, menggelar rangkaian  konser tur Asia mereka di Singapura. Setelah sukses dengan konser PLAY Singapore di tahun 2012, kini mereka kembali untuk merayakan peringatan 6 tahun FTISLAND  bersama fans mereka dalam konser bertajuk 2014 FTISLAND 6th ANNIVERSARY FTHX ~Live in Singapore~. Mengambil tempat di Singapore Indoor Stadium pada tanggal 8 Maret 2014, FTISLAND berjanji untuk memberikan penampilan istimewa yang tak akan terlupakan bagi semua fans yang akan menghadiri konser tersebut. Tidak hanya itu, satu hari sebelum tanggal pelaksanaan konser, FTISLAND juga memberikan kejutan manis bagi para fans dengan mengadakan sesi Hi-Touch bagi 200 pembeli tiket yang beruntung.

FTHX_presscon8

FTISLAND mengawali rangkaian kegiatan mereka di Singapura dengan menyapa rekan-rekan media pada acara konferensi pers yang diadakan pada tanggal 7 Maret 2014 di Grand Copthorne Waterfront Hotel. RekON merasa sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk meliput jalannya konferensi pers ini, mengingat FTISLAND belum pernah mengadakan konser di Indonesia.

FTHX_presscon7

Tepat pukul dua siang waktu setempat, MC membuka acara konferensi pers FTHX Singapore ini dengan sedikit penjelasan mengenai arti di balik tema FTHX yang diusung oleh FTISLAND dalam rangkaian tur mereka kali ini. Sebagaimana yang tersirat dari namanya, FTHX merupakan gabungan dari dua buah kata, yakni FT dan THX. Melalui rangkaian konser yang telah dilakukan di Seoul, Beijing, Taipei dan kini Singapura, FTISLAND bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para Primadonna, sebutan untuk fans mereka. Enam tahun telah berlalu sejak mereka didebutkan dan mereka sangat berterima kasih kepada fans yang telah mendukung dan terus bersama mereka melalui hari-hari sulit dan bahagia.

FTISLAND's Jonghoon

FTISLAND’s Jonghoon

Seusai menyelipkan komentar mengenai betapa FTISLAND telah berkembang sangat pesat dalam kurun waktu enam tahun ini dan janji mereka untuk menampilkan penampilan terbaik di konser nanti, MC pun memanggil kelima anggota FTISLAND untuk memulai acara. Dipimpin oleh sang vokalis, Lee Hongki, satu per satu anggota FTISLAND memasuki ruangan konferensi pers dan duduk di sofa yang telah disediakan. FTISLAND yang siang itu tampil sangat elegan dalam balutan busana bernada hitam-putih pun kemudian menyapa media dengan memperkenalkan diri masing-masing. Dimulai dari Song Seunghyun (gitaris), dilanjutkan oleh Lee Jaejin (bassis), Choi Minhwan (drummer), Lee Hongki (vokalis) dan ditutup oleh Choi Jonghoon (gitaris), FTISLAND memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris yang sedikit terpatah-patah namun tetap bisa dimengerti. Dengan bantuan penerjemah yang menemani MC di podium, acara sesi tanya jawab dengan FTISLAND pun dimulai.

FTISLAND's Hongki

FTISLAND’s Hongki

Mengingat bahwa kali terakhir FTISLAND menggelar konser di Singapura adalah dua tahun yang lalu, waktu yang terbilang cukup lama terutama bagi para fans, pertanyaan yang pertama kali dilontarkan adalah bagaimana perasaan FTISLAND setelah kembali ke Singapura. Hongki dengan bersemangat menjawab bahwa mereka sangat senang bisa kembali ke Singapura. Lebih jauh lagi Hongki menjelaskan bahwa saat mereka berangat ke Singapura, Seoul sedang sangat dingin sehingga ia merasa bersemangat bisa mengunjungi negara dengan cuaca hangat. Hongki kemudian membuat seluruh wartawan yang ada di ruangan tertawa saat ia menambahkan, “Tapi ternyata Singapura terlalu panas!!” keluhnya dengan ekspresi lucu. Ia cukup khawatir bahwa cuaca panas dan angin kencang di Singapura akan membuat flu-nya kambuh, namun ia segera menambahkan bahwa ia akan baik-baik saja. Dan tawa wartawan kembali meledak saat dengan penuh percaya diri, Hongki menjawab, “Ya, aku tahu, aku memang keren!” saat MC memuji penampilannya siang itu. As expected from FTISLAND’s resident joker!

FTISLAND's Hongki

Sesi tanya jawab kemudian berlanjut dengan suasana yang lebih santai setelah guyonan Hongki pada pertanyaan pertama. Topik pun kemudian bergeser membahas mengenai konser FTHX. Hongki, yang sebagaimana biasanya didaulat sebagai juru bicara FTISLAND, kembali menjawab saat MC menanyakan apa yang membuat konser FTHX ini spesial. Hongki bercerita bahwa mereka mendapatkan pertanyaan yang sama di setiap kota yang mereka datangi untuk konser FTHX, dan bagi mereka, yang membuat FTHX ini spesial adalah bahwa semua anggota FTISLAND terlibat langsung  dalam produksi konser tersebut, salah satunya dalam penentuan daftar lagu yang akan dibawakan. Hongki juga menambahkan bahwa yang mereka inginkan adalah agar fans yang menghadiri konser di keesokan hari bisa sepenuhnya merasa santai, menikmati musik yang akan mereka persembahkan dan menggila bersama mereka.

FTISLAND's Jaejin

FTISLAND’s Jaejin

Jaejin kemudian menyampaikan pendapatnya bahwa untuk FTHX di Singapura kali ini, meski mereka tidak menyiapkan suatu segmen spesial khusus bagi Primadonna Singapura, mereka berjanji untuk memfokuskan diri mereka dalam menyajikan yang terbaik saat di panggung konser nanti. Ia juga menambahkan bahwa hanya dengan penampilan terbaik lah mereka merasa bisa menyampaikan rasa terima kasih mereka yang sebesar-besarnya kepada suluruh fans. Keempat anggota FTISLAND yang lain terlihat mengangguk-angguk setuju dengan jawaban yang disampaikan oleh Jaejin tersebut.

FTISLAND's Seunghyun

FTISLAND’s Seunghyun

Saat MC menanyakan bagaimana perasaan mereka sebagai band yang sudah bersama-sama selama 6 tahun, Hongki kembali membuat MC dan wartawan terkikik geli dengan bantahannya, “8 tahun! Kami sudah bersama selama 8 tahun!” Wah, walaupun umur FTISLAND ‘baru’ 6 tahun, ternyata anggota-anggotanya sudah saling mengenal sejak 8 tahun lalu! Hongki kemudian menambahkan bahwa sebagai band, mereka sudah melalui banyak hal, baik itu suka maupun duka. Ekspresi Hongki yang biasanya nampak santai dan jahil, kali itu berubah menjadi lebih serius.

“Yang pasti, kami tidak memulai dengan mudah, mengingat kami adalah idol band pertama di Korea. Kami banyak mengalami rintangan dan hambatan. Memulai sesuatu yang baru seperti ini, sebagai band, bukanlah hal yang mudah. Kami butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya kami bisa mencapai posisi yang stabil. Namun saat ini, kami bisa mulai memikirkan dan memutuskan musik seperti apa yang ingin kami ciptakan. Kami harap kalian akan menantikan dan menikmati musik kami di masa depan,” ujar Hongki panjang lebar.

FTISLAND's Minhwan

FTISLAND’s Minhwan

Hongki juga mengungkapkan bahwa FTISLAND sedang menyiapkan album baru yang di dalamnya semua anggota FTISLAND menyumbangkan ide mereka dalam proses pembuatannya dan akan berisi lagu-lagu buatan anggota FTISLAND sendiri. Sekali lagi, Hongki berharap fans dapat menantikan dan menyukai album baru mereka nanti, karena album itu berisikan musik yang mereka ciptakan: musik FTISLAND.

FTHX_presscon26

Suasana serius yang sempat terasa setelah Hongki menyelesaikan jawabannya mengenai album baru FTISLAND  tersebut kemudian dicairkan oleh MC yang mengingatkan bahwa hari itu, tanggal 7 Maret 2014 adalah hari ulang tahun gitaris sekaligus leader FTISLAND, Jonghoon. Jonghoon, yang sejak awal acara belum mengucapkan sepatah kata pun selain saat memperkenalkan diri, terlihat tersipu malu dan tertawa senang saat MC mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea. Saat ditanyakan apakah anggota yang lain menyiapkan perayaan spesial untuk ulang tahun Jonghoon, Hongki menjelaskan bahwa justru Jonghoon yang menyiapkan sesuatu untuk mereka. Jawaban Hongki tersebut disambut dengan tawa geli Jaejin dan Seunghyun. Hongki kemudian menambahkan bahwa anggota yang lain tidak terlalu suka dengan apa yang sudah disiapkan oleh Jonghoon. “Kurasa itu lebih hanya untuk kepuasan diri dia (Jonghoon) sendiri,” tambah Hongki, yang diikuti oleh tawa semua anggota. Wah, jadi penasaran nih ya, apa sih yang sebenarnya disiapkan oleh Jonghoon? Sayang, Hongki tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal itu.

FTHX_presscon20

Seusai sesi tanya jawab antara MC dengan FTISLAND tadi, selanjutnya MC membuka kesempatan bagi wartawan yang ingin mengajukan pertanyaan. Pertanyaan pertama diajukan kepada Jaejin yang mengisi salah satu sountrack untuk drama terbaru Hongki yang sedang tayang; Bride of The Century. Menjawab pertanyaan apakah ia menjadi penonton setia drama tersebut, Jaejin dengan tertawa menjelaskan bahwa karena ia bernyanyi untuk drama tersebut, tanpa sadar ia jadi mengikuti dan selalu menonton drama tersebut. Jaejin juga sempat menggoda Hongki dengan mengatakan bahwa akting Hongki di episode 1 dan 2 terlihat canggung dan aneh, yang langsung dibantah oleh Hongki sambil memukul lengan Jaejin, mengundang gelak tawa dari seisi ruangan.

“Mungkin bagi orang-orang yang mengenalku, aktingku di episode-episode awal memang terlihat agak canggung. Namun bagi penggemarku, mereka semua bilang aktingku terlihat sangat alami kok!” protes Hongki, membela diri sambil tertawa.

FTHX_presscon19

Suasana ceria tersebut kembali berlanjut saat pertanyaan berikutnya, yang dijukan untuk Jonghoon, dilontarkan oleh salah satu wartawan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jonghoon adalah anggota FTISLAND yang terkenal rajin olah raga dan membentuk diri di gym. “Apakah besok di konser Jonghoon akan menunjukkan perut six-pack-nya yang sudah terbentuk?” tanya wartawan tersebut yang disambut dengan gelak tawa oleh semua media lain dan bahkan seluruh anggota FTISLAND. Jonghoon, dengan senyum malu-malu menjawab, bahwa dia belum bisa memperlihatkan perutnya karena hasilnya belum optimal. Sayang sekali ya, ONers? Padahal pasti banyak Primadonna yang ingin melihat langsung bagaimana bentuk badan Jonghoon sekarang!

FTHX_presscon21

Menutup konferensi pers yang menyenangkan itu, MC mempersilakan masing-masing anggota FTISLAND untuk menyampaikan pesan mereka untuk Primadonna Singapura dan semua yang akan menghadiri konser FTHX di keesokan harinya.

“Setelah dua tahun berlalu, senang rasanya bisa kembali ke sini. Perjalanan ini terasa seperti liburan bagiku. Sampai bertemu di konser esok hari dan kuharap kami bisa menyajikan pertunjukan yang mengesankan bagi kalian,” ujar Seunghyun, dengan senyuman manis.

FTHX_presscon23

Jaejin sempat saling tunjuk dengan Minhwan mengenai siapa yang akan menjawab selanjutnya. Minhwan bersikeras agar Jaejin menjawab lebih dulu, sesuai dengan urutan duduk mereka. Interaksi ini tentu saja tak lepas dari gelak tawa media yang menyaksikan tingkah lucu mereka. Jaejin kemudian menjawab, “Aku pun sangat senang bisa kembali ke sini, dan rasanya tak sabar untuk bisa mengadakan konser di sini lagi kelak!”

“Aku sangat menantikan konser esok hari, dan untuk fans-fans perempuan, jika kalian datang ke konser menggunakan high heels, sepertinya hal tersebut akan merepotkan. Jadi aku menyarankan agar kalian datang dengan menggunakan sneakers saja agar kita bisa bersenang-senang bersama,” ujar Minhwan, sedikit menyelipkan sarannya untuk para fans yang akan menghadiri FTHX.

FTHX_presscon14

Seakan menyambut jawaban Minhwan, Hongki berkata, “Besok kalian tidak perlu membawa Pentastick (bendera kuning yang merupakan official merchandise FTISLAND), cukup bawa handuk saja. Lalu seperti kata Minhwan tadi, gunakan sneakers dan siapkan banyak air minum. Tangan dan kaki kalian akan sangat lelah nanti, jadi siapkan diri kalian untuk itu. Mari menggila bersama besok dan nikmati konsernya!”

FTHX_presscon5

Jonghoon menutup sesi tersebut dengan, “Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagiku. Dan aku sangat senang bisa berada di Singapura lagi. Semoga besok kita bisa bersenang-senang bersama di konser.”

FTHX_presscon13

Dengan komentar terakhir dari Jonghoon tersebut, berakhir pula lah konferensi pers siang itu. FTISLAND kemudian berdiri di tengah panggung untuk mempersilahkan media mengambil gambar mereka. Dengan senyuman yang tidak lepas dari wajah ceria mereka, mereka berpose beberapa kali, menghadap ke kanan, tengah dan kiri agar semua bisa mendapatkan gambar mereka.

FTHX_presscon27

Lalu bagaimana kah dengan konser FTHX di hari berikutnya? Apakah harapan FTISLAND agar semua yang hadir bisa bersenang-senang dan menggila bersama dapat terkabul? Baca liputan RekON untuk konsernya disini ya, ONers!

FTHX_presscon1

FTHX_presscon3FTHX_presscon18

Artikel ini ditulis oleh rekan kami, Wangi Firdausi.

Terima kasih kepada One Production Singapore atas kesempatan presscon-nya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s