Hyper Wave Festival 2013 bersama VAMPS 29112013

Kekhawatiran sempat melanda ketika Jumat sore 29 November lalu Jakarta diguyur hujan. RekON cemas kalau-kalau hujan akan terus berlangsung sampai malam dan mengganggu pelaksanaan Hyper Wave Festival 2013 yang disponsori oleh Honda ini. Untungnya hujan berangsur mereda menjelang malam dan ketika RekON tiba di Lapangan Parkir Kolam Renang Senayan, hanya rintik-rintik yang tersisa.

Sebelumnya, RekON sempat mampir ke Hotel Sultan tempat konferensi pers dengan bintang utama Hyper Wave Festival 2013, VAMPS, dilaksanakan. Berikut foto-foto duo Hyde dan K.A.Z saat konferensi pers yang berhasil RekON ambil.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selama konferensi pers yang berlangsung singkat, Hyde bercerita bagaimana mereka mempersiapkan sendiri lagu-lagu VAMPS. Baik Hyde maupun K.A.Z turut andil dalam pembuatan sampai rekaman hingga bisa didengarkan oleh khalayak. Selain itu, agar VAMPS bisa memberikan penampilan yang terbaik untuk Bloodsuckers (fans VAMPS) di seluruh dunia, mereka selalu berlatih keras. Sehingga ketika mereka datang ke negara-negara lain seperti Indonesia bisa memberikan yang terbaik, dan tentunya nanti dipanggil kembali untuk bermain di Indonesia.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selain menceritakan tentang persiapan mereka, Hyde dan K.A.Z bercerita tentang kesan-kesan mereka selama tour dunia sebelumnya. Menurut K.A.Z konser yang paling berkesan di Chile karena heboh sekali sampai dikawal polisi. Hyde juga setuju dengan K.A.Z, Chile sangat berkesan. Tetapi Hyde merasa di Jakarta juga berkesan karena selain dikawal juga oleh polisi, mereka tampil di sebuah acara TV. Berkesan sekali karena jujur di Jepang mereka sudah jarang melakukan itu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah konferensi selesai, RekON langsung menuju loka, tidak sabar untuk segera melihat penampilan mereka. Namun sebelum penampilan VAMPS, penonton dihibur dulu oleh kehadiran seorang DJ yang me-remix lagu-lagu populer seperti Wonderwall milik Oasis dan Smells Like Teen Spirit-nya Nirvana. Setelahnya ada penampilan dari P.R.I.D.E dan Pee Wee Gaskins. Kehadiran Pee Wee Gaskins cukup memanaskan suasana sebelum bintang utama tampil. Menjelang pukul 9 malam, kru segera menyiapkan panggung untuk VAMPS. Panggung dibersihkan dari sisa hujan dan alat-alat musik segera dipersiapkan. Mereka tampak sangat detil mempersiapkan segala sesuatunya, ONers, jadi jeda antara Pee Wee Gaskins dan VAMPS terbilang cukup lama.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Persiapan ini memang terbukti membawa hasil yang oke karena tata lampu dan suara untuk VAMPS malam itu patut diacungi jempol. Beberapa kali RekON berdecak kagum melihat bagaimana tata lampu memperkuat penampilan VAMPS. Ketika VAMPS muncul ke atas panggung, lampu menyorot para anggotanya dari belakang sehingga awalnya penonton tidak melihat dengan jelas muka mereka, hanya siluet. Wah, melihat siluet Hyde saja para Bloodsuckers langsung menjerit! Mereka mengacungkan jari membentuk huruf V dan memanggil-manggil nama VAMPS.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Malam itu Hyde tampil misterius dan elegan dengan topi hitam, see-through outerwear berwarna hitam, celana hitam dan juga sepatu boot. Sepanjang pertunjukan, ia tidak henti-hentinya membuat penonton berteriak riuh. Mulai dari suaranya yang penuh energi ketika membawakan lagu-lagu andalan VAMPS sampai goyangannya, semuanya mendapat sambutan meriah dari Bloodsuckers.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

K.A.Z sendiri cenderung kalem dan bisa dibilang kalah heboh dari sang basis Ju-Ken yang sering berinteraksi dengan penonton. Meskipun begitu, permainan gitarnya nggak ada kalem-kalemnya! Didukung oleh tata suara yang memadai untuk loka terbuka, raungan gitar K.A.Z menghipnotis semua yang hadir malam itu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ketika menyaksikan Hyde sebagai anggota VAMPS, mau tidak mau kita akan membandingkannya dengan Hyde sebagai anggota L’Arc~en~Ciel. Imej VAMPS memang lebih gelap dari L’Arc~en~Ciel dan di sini Hyde juga bernyanyi dengan gaya yang berbeda. Sebagai vokalis VAMPS dengan musik rock yang lebih keras, ia bisa terdengar sangat garang. Terlebih lagi, aura gelap dan menggoda berhasil dibangun Hyde di atas panggung. Ia berusaha akrab dengan penonton ketika mengatakan ia sangat lapar dan ingin memakan penonton yang paling seru. Berbagai kalimat bahasa Indonesia lain juga ia ucapkan dengan lancar. Misalnya, ia berlagak mencari penonton yang paling seru dan mengucapkan “Di mana ya?” berulang kali. Para Bloodsuckers pun langsung tertawa mendengarnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di dalam konser kali ini, selain membawakan lagu sendiri, VAMPS juga memainkan beberapa cover version. Kalau kalian besar di tahun 90-an, pasti kalian ingat dengan lagu Trouble yang dipopulerkan oleh duo Shampoo. Nah, VAMPS membawakannya dengan gaya mereka sendiri nih. Tentu saja lagunya jadi terdengar lebih gelap, sesuai dengan karakter VAMPS.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RekON memberikan acungan jempol untuk Bloodsuckers karena dukungan mereka terhadap VAMPS saat itu luar biasa dan terlihat sekali bagaimana mereka menikmati tiap lagu. Kamera menyorot barisan terdepan di kelas VIP yang terus bernyanyi mengiringi Hyde. Barisan Reguler dan Festival juga tidak kalah bersemangat. RekON sempat menyaksikan beberapa penonton di sebelah RekON yang terlihat gembira sekali. Mereka melompat-lompat, bergoyang dan kelihatannya hafal semua lagu VAMPS. Ada juga yang menunjukkan ekspresi terharu. Kalau penggemar terharu seperti ini, RekON juga ikut senang loh!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penampilan VAMPS di Hyper Wave Festival 2013 ini tentu saja membawa kegembiraan bagi para penikmat musik Jepang. Dengar-dengar ada beberapa nama grup/band Jepang lagi yang sudah dipersiapkan promotor dalam waktu dekat. So start saving up from now, ONers!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setlist:

1. Life on Mars?
2. DEVIL SIDE
3. REDRUM
4. REPLAY
5. THE PAST
6. SAMSARA
7. MY FIRST LAST
8. VAMPIRE DEPRESSION
9. AHEAD
10. HUNTING
11. ANGEL TRIP
12. TROUBLE
13. LOVE ADDICT

[ENCORE]

14. REVOLUTION
15. SWEET DREAMS
16. MEMORIES
17. SEX BLOOD ROCK N’ ROLL

Advertisements

4 responses to “Hyper Wave Festival 2013 bersama VAMPS 29112013

  1. Waaaah terimakasih liputannya dan foto-fotonya yang keren! Itu pas banget foto di presscon yang natap kamera berdua, soalnya katanya mereka rada kebingungan harus liat ke mana hihihi. Foto-foto waktu livenya pun kereeen! Jadi kangen pengen liat ketukan kaki K.A.Z. sesuai beat lagu ke platform lagi hehe.
    Sukses terus ya! Ditunggu liputan-liputan lainnya! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s