‘Who are you? Who are we?’ ONE OK ROCK Jakarta 24112013

YOU GUYS ARE FUCKIN’ CRAZY!!! I’m so honored to be able to play here. We’ll definitely come back to Jakarta. I promise! 

-Taka

Salah satu mimpi kami, penggemar ONE OK ROCK, terwujud pada 24 November 2013. Masih dalam rangkaian tur Who are you? Who are we?, menjelang akhir November ONE OK ROCK datang ke Jakarta dan menggelar live untuk pertama kalinya. Jakarta menjadi kota terakhir tujuan konser mereka di wilayah Asia Tenggara, setelah satu bulan sebelumnya mereka memulai tur ini di benua Eropa, Taka, Toru, Tomoya, dan Ryota menggemparkan Lapangan Parkir Kolam Renang Senayan selama satu setengah jam!

Para fans sangat antusias menghadiri konser ini. Terbukti beberapa fans sudah mulai mengantri di loka konser sejak jam 6 pagi! Padahal gerbang baru dibuka pukul 17.30 WIB! Tidak hanya fans dari Indonesia yang menonton.  Misalnya, ada 2 fans ONE OK ROCK dari Filipina yang juga datang jauh-jauh demi menyaksikan konser di Jakarta ini.

ONEOKROCK_foto_3

Sambil menunggu gerbang dibuka, fanbase ONE OK ROCK di Indonesia melaksanakan salah satu project mereka, yaitu “Give your sign!” Project. Fans bisa memberikan tandatangan mereka di sebuah banner yang dipasang di area konser. Sebelumnya project ini sudah dilaksanakan saat kumpul-kumpul di acara Jiyuu Matsuri Universitas Negeri Jakarta tanggal 17 November, dan dilanjutkan di hari H. Banner dipasang di pagar dekat area konser, bersebelahan dengan banner ONE OK ROCK Indonesia. Banner yang dipasang tampaknya sekaligus menjadi penanda bahwa di situlah loka konser ONE OK ROCK berada, karena di depan loka tidak ada sama sekali penanda/banner yang dipasang oleh promotor.

ONEOKROCK_foto_5

Selain mengumpulkan tandatangan, ONE OK ROCK Indonesia juga mengumpulkan donasi untuk Filipina, Merapi, dan Sinabung, yang merupakan project tambahan yang baru diumumkan H-1. Project ini merupakan realisasi dari lagu “Be the light” yang bercerita tentang kemanusiaan. Hasil donasi akan diberikan ke PMI Pusat dan pemberian donasi nantinya dilaporkan di fanpage dan Twitter ONE OK ROCK Indonesia.

Project “Give your sign!” dan pengumpulan donasi dimulai pukul 10 pagi dan berakhir pukul 2 siang. Loka konser sudah dipenuhi fans ONE OK ROCK dari seluruh Indonesia. ONE OK ROCKers dari Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Solo, Jogja, Semarang, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan lain-lain berkumpul bersama untuk menyaksikan band rock dari Jepang, ONE OK ROCK!

ONEOKROCK_foto_8

Semakin sore, antrian semakin panjang. ONE OK ROCKers yang sedang mengantri ditemani oleh ONE OK ROCK yang sedang soundcheck. Rasa lelah menjadi hilang ketika semuanya bernyanyi bersama Taka yang berada beberapa meter di dalam loka! Pukul 17.30 semakin dekat dan semua fans berdiri untuk bersiap memasuki loka. Para petugas keamanan juga sigap berjaga di depan antrian. Ketika gerbang dibuka, fans berebutan masuk. Untung petugas keamanan sangat tegas meskipun antrian tetap terlihat rusuh.

Di dalam loka ada beberapa kios sponsor dan merchandise resmi. Saya langsung antri terlebih dahulu untuk membeli merchandise karena takut kehabisan. Untungnya setelahnya saya masih bisa mendapatkan tempat menonton yang bagus. Kemudian saya melihat banner penuh tandatangan dipasang di bawah layar besar di samping kanan panggung. Ketika mengantri di luar tadi, ONE OK ROCK Indonesia sudah memberikan banner ke panitia dari Rockstar Touring. Tapi saya tidak menyangka kalau banner akan dipasang di bawah layar.

ONEOKROCK_foto_6

Antrian masih ada hingga pukul 18.30 dan loka konser pun penuh oleh para fans yang sudah tidak sabar melihat ONE OK ROCK beraksi di atas panggung. Dan akhirnya pukul 20.00 pun tiba, lampu panggung mati, trek instrumental Introduction~where idiot should go~ mengalun bersamaan dengan meledaknya histeria semua fans. Satu persatu personil ONE OK ROCK naik ke panggung dan membawakan Ending story?? dengan sangat mengesankan. Tata lampu yang tidak jauh berbeda dengan apa yang sering kita lihat di DVD konser mereka dan backdrop ONE OK ROCK yang selalu ada di setiap live mereka, membuat suasana live tidak kalah dengan loka lainnya. Konser kemarin seperti kita melihat konser yang biasanya dilihat lewat DVD, TAPI INI VERSI ASLI! Bahkan lebih keren lagi daripada melihat di DVD saja! Taka dengan enerjik dan atraktif membawakan lagu. Taka pun pintar ‘memanfaatkan’ fans yang turut bernyanyi dari awal hingga akhir set. Toru, Ryota, dan Tomoya tidak kalah membuat ‘panas’ crowd yang semakin lama semakin menggila!

ONEOKROCK_foto_7

Selama konser ada beberapa hal yang memang selalu dilakukan Taka ketika atau sebelum membawakan lagu. Misalnya di lagu Let’s take it someday, Taka menyuruh fans untuk duduk dan ketika ia berteriak “one, two, three, jump!” semua fans harus loncat secara serentak. Juga di lagu Answer is Near, Taka menaikkan atmosfer konser dengan memandu fans serempak menyanyikan chorus “Ooo.. oo.. ooo” berulang-ulang. Di lagu Be the light, para fans mengenakan selendang putih di tangan kanan dan mengangkatnya secara serentak.

Hal yang paling berkesan adalah ketika mereka memperkenalkan diri menggunakan bahasa Indonesia! Ryota menyanyikan dua baris lagu Indonesia Raya, Tomoya bilang “Saya suka bakmi!”, Toru berseru “Mari bersenang-senang! Mari jadi gila!”, sementara Taka menyatakan “Saya suka nasi goreng!”

Inilah ucapan-ucapan mereka saat MC:

Ryota: Jakarta manstap! Indonesia… Tanah airku~ Tanah tumpah darahku~ OK! Sampai di sini aja!

Tomoya: Selamat malam! Saya Tomoya! Saya suka bakmi! Saya suka Indonesia! Saya cinta Indonesia! Mudah-mudahan kami akan datang kembali. Terima kasih!

Toru: Apa kabar? Saya Toru.. Akhirnya kami datang. Terima kasih sudah datang. Mari bersenang-senang! Mari bersenang-senang! Mari jadi gila! (Pada awalnya Toru tidak begitu jelas mengucapkan ‘mari jadi gila’) One more try… MARI JADI GILA!! Aku cinta kalian. Aku cinta kalian! Terima kasih.

Taka: Nama saya Taka..Saya senang datang ke Jakarta. Saya suka sekali nasi goreng. Saya cinta kalian! Saya cinta kalta!! (Ini antara Taka mau bilang ‘saya cinta kalian’ atau ‘saya cinta Jakarta’) Thank you very much!

Setelah The Beginning berakhir dan lampu panggung mati, fans meneriakkan “WE WANT MORE!” berulang kali untuk memanggil ONE OK ROCK kembali ke atas panggung. “ANKORU!” (alias ‘encore’ ala lidah Jepang) juga diteriakkan berulang kali tapi mereka belum juga kembali ke panggung. Fans mengganti teriakannya lagi menjadi “Ooo oo ooo” (bagian di lagu Answer is Near) berulang kali. “WE WANT MORE!” “ANKORU” “Ooo oo oo” diteriakkan berurutan hingga ONE OK ROCK menampakkan diri mereka kembali di atas panggung! Taka membawa bendera merah putih dan meletakkannya di drum!  Sebuah momen yang juga mengharukan bagi saya. Ada momen yang cukup bikin saya kaget, yaitu sepertinya ada penonton yang melempar bungkusan, dan bungkusan itu ternyata berisi celana dalam! Entah siapa yang melempar dan Taka menaruhnya di kantong celananya.

ONEOKROCK_foto_11

Ngomong-ngomong, saya menangis sewaktu Taka mengatakan sesuatu yang intinya ONE OK ROCK senang bisa datang ke sini dan mereka pasti ke sini lagi. Dan saya juga menangis waktu konser bener-bener berakhir.  Bukan karena sedih, tapi karena bahagia sekali akhirnya salah satu mimpi sudah terwujud. Bukan cuma mimpi saya, melainkan mimpi semua fans ONE OK ROCK di Indonesia. Kerja keras semua fans yang akhirnya membuat ONE OK ROCK sadar di Indonesia fans mereka juga banyak. Di sini juga banyak yang mencintai dan menanti mereka. Semua kerja keras terbayar di tanggal 24 November 2013, the best day, the best moment, even the best second in my life. Kerja keras para promotor (LAMC Productions, Rockstar Touring, dan Nada Promotama) berhasil memuaskan para fans ONE OK ROCK. Terima kasih untuk semuanya. Semoga ONE OK ROCK benar-benar datang kembali ke Indonesia!

Nah, ini beberapa komentar tentang konser kemarin dari teman-teman OORers yang dikirimkan ke surat elektronik ONE OK ROCK Indonesia:

“over all, konser kemarin seru banget, puas!!”

“….baru pertama kalinya gue nonton konser di mana crowd nya ‘akrab’ dalam artian saling ngejaga satu sama lain.”

“Di sini yang gue pentingin adalah hebatnya OOR nyatuin kita semua di suatu tempat, dengan musik yang satu, semuanya jadi harmonis. Bukan main.Selain itu, menurut gue penonton-penontonnya juga banyak yang baik, kayak mempersilakan penonton yang berbadan kecil berdiri di depan mereka. Itu salah satu bentuk solidaritas fans OOR Indonesia. Meski gue ga kuat teriak2 kaya yang lain, tapi gue nikmatin banget suasana, lagu, dan semuanya. Sesek dan panas gue kebayar sama hebohnya konser OOR. Sampe ga kerasa semuanya udah berakhir sampe encore.”

“BIG THANKS buat ONE OK ROCK yang me-recharge energi dan pikiran gw :’) ONE OK ROCK satu malam ohhh indahnyaaaaa X’D”

“Semoga tahun depan dia kesini lagi *aminnn* dan gue harus bisa bertahan di setiap detiknya nanti..”

“Thanks banget udah datengin One Ok Rock ke Jakarta. it already has been an unforgettable moment, unforgettable madness, unforgettable night.. Ever!! ^^”

ONEOKROCK_foto_4

 Setlist konser ONE OK ROCK “Who are you? Who are we?” di Jakarta 24112013:

Introduction~where idiot should go~

Ending Story??

Deeper Deeper

Nothing Helps

C.h.a.o.s.m.y.t.h.

Let’s take it someday

Jibun ROCK

Clock Strikes

Be the light

Liar

Answer is Near

NO SCARED

Re:make

Kanzen Kankaku Dreamer

The Beginning

 Encore:

Wherever you are

 Laporan dan foto-foto oleh ONE OK ROCK INDONESIA

LOGO OORI

Facebook fanpage

Twitter @ONEOKROCK_INDO

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s