CNBLUE: Blue Moon Jakarta 19102013

Pembatalan konser CNBLUE tahun 2011 lalu pasti membekas di hati BOICE Indonesia. Apalagi kasus ini sempat berkepanjangan. Namun, pada 19 Oktober 2013 CNBLUE akhirnya datang ke Indonesia dan menemui para BOICE. Bagi penggemar berat keempat cowok ini, Blue Moon Jakarta yang dipromotori oleh W Production ini sanggup mengubur dalam-dalam sakit hati terdahulu. Sedangkan bagi para admin RekON yang datang, secara tidak terduga konser CNBLUE menjadi salah satu konser yang berkesan tahun ini.

Jujur saja, admin AP dan AN yang datang ke Blue Moon Jakarta tidak terlalu familiar dengan materi lagu CNBLUE. Kedua admin hanya tahu lagu-lagu hits seperti I’m A Loner dan Intuition. Tapi membaca cerita rekan RekON Arum dan Nyuu dari Blue Moon Kuala Lumpur, kedua admin pun tertarik untuk datang. Apalagi di tengah kehadiran boy-group dan girl-group Korea, rasanya RekON ingin menonton sesuatu yang berbeda, yaitu band rock. Dan tanpa disadari kami pun terbawa suasana, ikut melompat bersama BOICE dan menikmati suguhan lagu-lagu yang dibawakan Yonghwa, Jonghyun, Jungshin dan Minhyuk.

ceinder_bluemoonjkt_191013_stand

Begitu RekON sampai jam 5 sore, area sekitar Tenis Indoor Senayan sudah lumayan ramai. Sebagian mengenakan kaos biru, dan yang lainnya kaos resmi Blue Moon yang berwarna hitam. Wajah para BOICE terlihat begitu bersemangat, tidak sabar untuk melihat aksi band kesayangan mereka. Mungkin dalam hati mereka juga tidak percaya akhirnya ada yang berhasil membawa CNBLUE ke Jakarta.  RekON juga rada deg-degan karena ini pertama kalinya FNC menggelar konser di Indonesia. Saat itu kami berharap Blue Moon Jakarta sukses besar jadi FNC bisa membawa artis-artis binaan mereka lainnya ke Indonesia.

Begitu melewati gerbang pemeriksaan pertama, tiap penonton diberikan satu amplop hitam terbungkus plastik dengan rapi. Wah, apa nih? Ternyata isinya adalah satu set kartu pos bergambar anggota CNBLUE! Kok tumben ya, dalam rangka apa nih, RekON bertanya-tanya dalam hati.

ceinder_bluemoonjkt_191013_postcards

Sambil mengantri, RekON memperhatikan keadaan sekeliling.  Selain stand makanan, di pelataran Tenis Indoor juga terdapat stand CNBLUE School dan Samsung Galaxy. Beberapa penonton diajak MC untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan stand Samsung Galaxy untuk mendapatkan lanyard spesial CNBLUE. Sedangkan di stand CNBLUE School, BOICE diajak untuk turut mendanai sekolah yang terletak di Burkina Faso ini. Yang patut disayangkan, di sela-sela antrian dan stand, sampah tergeletak begitu saja di pelataran. Sepertinya promotor tidak menyediakan jumlah tempat sampah yang memadai. Padahal ada BOICE dari luar juga loh, ONers, seperti dari Malaysia dan Thailand. Sayang sekali kalau mereka pulang membawa kesan tidak baik tentang kebersihan penonton Indonesia.

Akhirnya jam setengah tujuh lewat RekON masuk ke dalam Tenis Indoor dan mendapati baik area duduk ataupun festival sudah padat. Karena ukuran loka yang tidak terlalu besar, posisi area tribun pun tidak terlalu jauh dari panggung. Bahkan nanti sepanjang pertunjukkan Yonghwa dan Jonghyun sering berjalan mendekati penonton di area tribun. Bentuk panggung juga memungkinkan CNBLUE untuk berputar dan berinteraksi dengan penonton di semua area.

amalia_bluemoonjkt_191013_stage

Konser dimulai dengan pemutaran klip tentang CNBLUE School. Keempat anggota CNBLUE bercerita niat dan tujuan mereka mendirikan sekolah ini. Mereka juga mengajak BOICE untuk mendukung aksi mulia mereka ini. Jauh dari kesan rock yang urakan, CNBLUE menunjukkan bagaimana mereka bisa menggunakan ketenaran mereka untuk hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Setelahnya, VCR pembuka yang menggambarkan bulan biru ditayangkan. CNBLUE langsung membuka pertunjukan malam itu dengan nomor pembuka Where You Are. Yonghwa muncul dengan mengenakan jaket bercorak batik, melapisi kaos Misfit hitamnya. Jonghyun tampil simpel dengan kaos dan celana jins hitam, tapi penampilan begitu saja sudah cukup memesona penonton. Jungshin, si basis yang tingginya menjulang ini, terlihat keren dengan sweater hitam berhiaskan bintang emas di kedua lengan. Minhyuk juga terlihat manis, walau sedikit ngumpet di balik drum setnya.

ceinder_bluemoonjkt_191013_backdrop

Karena konsepnya memang adalah band rock, konser ini memang berfokus pada skill bermusik mereka. Tidak banyak VCR yang diputar dan teknologi panggung juga sederhana, yaitu moving stage yang digunakan agar Minhyuk bisa maju ke depan. Tapi dengan begini RekON jadi benar-benar bisa menikmati aksi panggung mereka, dan terlihat sekali bagaimana dalam kondisi seperti ini showmanship sangat dibutuhkan. RekON menemukan kemampuan tersebut dalam diri Yonghwa. Selain suaranya yang memang dahsyat, ia juga terus berinteraksi dengan penonton. Seisi Tenis Indoor berteriak riuh tiap kali Yonghwa mengedipkan mata atau melempar ciuman. Memang vokalis satu ini tahu saja bagaimana mencuri hati BOICE!

amalia_bluemoonjkt_191013_jonghyun2

Selama konser, ia sering berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, bahkan dengan kalimat yang RekON pikir cukup panjang. Misalnya, ia mengatakan dalam bahasa Indonesia kalau konser CNBLUE dulu pernah batal dan sebagai tanda maaf CNBLUE memberikan kartu pos kepada semua yang datang malam itu. Oh, ternyata itu alasan mereka membagikan kartu pos! Ia juga mengucapkan kalimat-kalimat bahasa Indonesia lain, seperti apa kalian senang, ayo teriak, terima kasih dll. Sebagai penonton yang tidak kenal dengan aksi Yonghwa di atas panggung (RekON tidak pernah menonton DVD konser CNBLUE atau sejenisnya), RekON akui bahwa sebagai frontman ia memang luar biasa.

amalia_bluemoonjkt_191013_yonghwaclose

Bukan berarti ketiga anggota lainnya kalah loh dengan Yonghwa. Mereka juga punya pesonanya sendiri di atas panggung. Menurut teman RekON yang seorang BOICE, Jungshin terlihat sedikit lebih kalem malam itu. Walaupun begitu, permainan basnya tetap oke loh. Sebaliknya, Jonghyun begitu interaktif. Ia berulang kali bergerak ke sisi panggung yang dekat dengan tribun B, menggoda penonton di area tersebut yang langsung histeris. Gitaris satu ini juga terlihat begitu khusyuk ketika memainkan gitarnya. Ia sesekali memejamkan mata, meresapi tiap nada yang ia mainkan. Ada satu kejadian lucu (atau menyakitkan?) ketika Jonghyun berbaring di lantai memetik gitar. Seorang penggemar melemparkan kado dan mengenai wajahnya. Jonghyun sontak kaget dan langsung bangkit, tapi ia tidak terlihat kesakitan dan malah tertawa.

amalia_bluemoonjkt_191013_jonghyun

Kalau Minhyuk bagaimana? Setiap kamera menyorotnya, Minhyuk langsung tersenyum. Pasti BOICE yang biasnya Minhyuk langsung gemas melihatnya. Ia juga terlihat sangat imut ketika mengucapkan ‘terima kasssh’, bukannya ‘terima kasih’. Namun, gebukan drum Minhyuk jauh dari kesan imut dan malah sangat garang! Tempo tiap lagu mampu ia jaga dengan baik. Di akhir pertunjukkan drum set Minhyuk jadi bahan gebukan masal ketika ketiga anggota lain ikutan memukul simbal.

ceinder_bluemoonjkt_191013_yonghwa

Rasa senang CNBLUE terlihat begitu jelas ketika encore. Ketika penonton melemparkan kado dan boneka ke atas panggung, mereka mengambil dan mengenakan beberapa. Misalnya ada yang memberikan topi ke Yonghwa, yang langsung ia pakai. Salah satu boneka beruang juga diambil Jonghyun dan didudukkan, menemani dirinya main gitar. Yonghwa juga sempat bermain dengan sebuah bola sepak emas ketika encore.

Dua puluh lagu lebih dibawakan oleh CNBLUE, dan selama konser BOICE  sing-along dengan nyaring, membuat CNBLUE terpukau. Yonghwa yang terkagum-kagum memuji, “You are the best.” Dan dia berjanji loh bahwa CNBLUE akan kembali ke Indonesia. Jadi yang belum sempat menonton Blue Moon, doakan saja ya mereka segera balik dan mengguncang Jakarta lagi!

ceinder_bluemoonjkt_191013_confetti

Ketika pertunjukan selesai, kami berjalan keluar area Senayan ditemani hujan rintik-rintik. Sampai rumah memang kami sedikit basah dan lelah setelah melompat-lompat penuh semangat. Meskipun begitu, RekON sungguh terkesan dan tidak akan melupakan bulan biru yang tadi bersinar begitu cemerlang di Senayan.

Setlist:

Where You Are
Get Away
One Time
A Guy Like Me
Coffee Shop
Have A Good Night
Wake Up
Love Light
Feeling
These Days
Y (Why)
Just Please
Tattoo
In My Head
Intuition
I’m A Loner
I’m Sorry
Hey, You
Feel Good
You’ve Fallen For Me
LOVE Girl
Try Again, Smile Again

Advertisements

5 responses to “CNBLUE: Blue Moon Jakarta 19102013

  1. THIS ~ ini yang bikin aku cuma bisa nangis tiap inget konser ini~ Seneng, bangga dan terharu :”) :”)
    Thankyuu for sharing this beautiful article ^^ *Bow*

  2. wohoooo the best concert menurut saya, baca artikelnya bikin gk bisa ove on nih min dari konser kemaren. tiap denger lagu cnblue jadi suka mikir: “oh, iya ini kan yg kemaren dibawain pas konser” hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s