LOKA Live in Jakarta 05102013

LOKA, band asal Jepang beraliran hard rock alternative, untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dan mengadakan live di Cikini Gold Center, Jakarta, dari hari Sabtu (05/10/13) sampai Minggu (06/10/13) sebagai bagian dari DEVA’S TOUR EX 2013 dan J-FANS MUSIC CONCERT & COSPLAY PERFORMANCE.

Untitled-1

Panas yang sedikit menyengat dengan embusan angin menyambut saya ketika saya sampai di lantai 5 Cikini Gold Center jam setengah 2 siang. Setelah menukar bukti transfer Meet and Greet dengan pin dan CD LOKA edisi Limited Edition, saya mengikuti jalan menuju ke rooftop. Ketika baru memasuki rooftop, sudah ada panggung besar di sebelah kiri yang berhadapan dengan boothbooth berbagai macam makanan, aksesoris Jepang, dan booth yang khusus menjual official merchandise LOKA. Menurut saya pilihan lokasinya yang berada di rooftop memang tepat, tidak terlalu terasa panas dan cerah. Saya diberi informasi oleh panitia bahwa Meet and Greet dengan LOKA dimulai jam 3 sore dan para pembeli tiket Meet and Greet diminta untuk mengantri di sebelah kiri panggung jam setengah 3 sore. Sambil menunggu dimulainya Meet and Greet, saya menikmati penampilan band-band yang mengikuti lomba dan juga peserta lomba karaoke.

IMG_0254

IMG_0264
Jam 3, para fans yang ikut Meet and Greet sudah antri di depan ruangan khusus LOKA yang ada di sisi kiri panggung, dan mereka antri sesuai dengan nomor pembelian tiket. Lutut saya terasa lemas dan jantung saya berdegup tidak karuan karena ini Meet and Greet pertama saya dengan salah satu band kesukaan saya! Dan ketika pintu ruangan tersebut dibuka, terlihatlah SIN, Katsumi, Ken’ichi, dan Kihiro duduk di sebuah sofa merah. Saya dan fans yang lain duduk di kursi yang ada di depan persis para personil LOKA.

Meet and Greet kali ini terasa begitu personal dan akrab. Setelah menandatangani CD Limited Edition yang dibagikan ketika membeli tiket masuk, para fans juga diperbolehkan berfoto dengan para personil LOKA, bahkan ada beberapa fans yang diajak mengobrol oleh Kihiro dan Ken’ichi. Saya sempat bertanya kepada Kihiro bagaimana pendapatnya tentang Indonesia, dan dia menjawab dengan antusias bahwa dia sangat senang bisa datang ke Indonesia. Kihiro juga menambahkan bahwa ia dan personil LOKA yang lain akan berusaha untuk tampil sebaik mungkin untuk pertunjukan malam nanti.

Photo and sign

Kihiro, Ken’ichi, Katsumi, dan SIN terlihat begitu ramah ketika berfoto dengan para fans, bahkan ada beberapa fans yang berfoto sendiri-sendiri dengan personil LOKA! Dan tiap kali selesai berfoto, Kihiro selalu mengucapkan, “Terima kasih,” dalam bahasa Indonesia. Suasana Meet and Greet berubah menjadi ramai ketika Ken’ichi berpose santai di atas sofa merah, sementara fans-fans lain sibuk memotretnya. Kalau Katsumi sering tersenyum ketika Meet and Greet berlangsung, Kihiro terlihat lebih sering menjawab pertanyaan-pertanyaan dari fans dan juga membuka salah satu hadiah yang diberikan fans saat sesi Meet and Greet, sementara SIN terlihat begitu imut dengan pose-posenya ketika berfoto bersama fans. Di saat situasi yang ramai itulah, saya berjalan mendekat ke arah sofa dan berusaha memanggil SIN. Sayangnya, saya tidak bisa berkata apa-apa ketika melihat SIN tersenyum ke arah saya. Seketika saya lupa apa yang ingin saya tanyakan. Setelah sesi Meet and Greet selesai, para fans mendapat kaos official LOKA yang sama dengan yang akan dikenakan para personil LOKA saat live nanti malam.

Malam hari sekitar jam setengah tujuh malam, ketika tinggal beberapa jam lagi untuk melihat penampilan LOKA karena acara cosplay diundur jadi hari Minggu, hujan mendadak turun di lokasi acara. Band ZANROKKU yang saat itu sedang tampil terpaksa menghentikan pertunjukan mereka; seluruh perlengkapan live yang ada di atas panggung ditutupi terpal, dan para penonton yang tadinya ramai di depan panggung bubar mencari tempat untuk berteduh. Awalnya saya pikir hujannya akan cepat berhenti karena tidak lama kemudian hujannya berubah menjadi gerimis, lalu para penonton mulai berkumpul lagi di depan panggung. Tapi ternyata gerimis itu berubah lagi menjadi hujan lebat dan para penonton kembali berteduh. Ingin rasanya saya pulang, apalagi banyak yang khawatir penampilan LOKA akan diundur hingga besok. Tapi entah kenapa saya masih mau menunggu hingga ada pengumuman resmi dari panitia tentang LOKA.

Penantian saya tidak sia-sia. Meski tubuh sudah basah kuyup, akhirnya hujan berhenti dan panitia memutuskan bahwa LOKA akan tampil setelah pengumuman pemenang lomba band dan karaoke.

Ken’ichi menjadi personil yang pertama memasuki panggung, disusul SIN yang langsung bergerak ke posisinya di sebelah kiri panggung, keduanya lalu mengecek instrumen masing-masing. Tidak lama kemudian Katsumi tiba di panggung dan suara teriakan fans menjadi semakin ramai ketika Kihiro berjalan memasuki panggung. Sebelum menggebuk drum untuk lagu pertama mereka malam itu, SLICK, Ken’ichi melepas kausnya dan suasana mulai memanas.

IMG_0313

Pada live malam itu, para personil LOKA sering berinteraksi dengan para fans. Kihiro sering berjalan ke depan panggung dan menunjuk ke arah fans sambil bernyanyi, ia juga menyapa para fans dengan sapaan, “Apa kabar?” dalam bahasa Indonesia – yang dijawab dengan teriakan oleh para fans – dan berkomentar bahwa perempuan Indonesia kuat-kuat! Katsumi sering tersenyum menjawab fans yang meneriakkan namanya, SIN bergerak ke sana-kemari dan berjongkok di kedua sisi depan panggung untuk mendengar teriakan fans, dan Katsumi berdiri di atas drumset-nya untuk menghibur fans-fansnya. Tidak hanya itu, ada suatu ketika sebelum memulai sebuah lagu, Kihiro juga memeluk SIN, yang sibuk memainkan gitarnya, dari belakang. Interaksi dengan para fans mulai memuncak ketika SIN dan Kihiro berkali-kali melemparkan pick gitar dan botol minuman ke arah fans.

IMG_0314

Saya cukup terkesan dengan usaha Kihiro dan Katsumi untuk melafalkan kalimat berbahasa Indonesia, meski keduanya membaca dari kertas yang mereka bawa ke atas panggung. Setelah Kihiro, akhirnya tiba giliran Katsumi untuk berbicara pada fans dalam bahasa Indonesia. “Selamat malam, saya Katsumi dari LOKA. Saya senang berada di sini malam ini.” Dan, seperti yang sudah saya duga, seluruh fans berteriak membalas sapaan Katsumi dalam bahasa Indonesia.

FROM YESTERDAY, Eleventh Hour, MAKE IT THROUGH, dan DON’T EVER LEAVE ME OUT dibawakan dengan lancar, terutama DON’T EVER LEAVE ME OUT yang berhasil membuat beberapa fans di samping saya menangis.

IMG_0320

Ada satu saat di mana Kihiro bicara tentang (alm.) K, vokalis PAY MONEY TO MY PAIN, yang juga teman dekatnya. Ia bilang pada para fans bahwa rasanya sakit ketika ada seseorang yang terdekat pergi untuk selamanya, tapi hal itu seharusnya jangan sampai membuat seseorang melupakan mimpi-mimpinya dan ia harus terus bersemangat untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut. Dan kemudian lagu LEFT OF ME pun mengalun.

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain bisa berinteraksi langsung dengan Kihiro. Di tengah-tengah lagu CLUB ROCK SHIT, Kihiro berlari menaiki pagar pembatas di depan panggung dan bernyanyi di atas sana selama beberapa menit! Seraya bernyanyi, ia juga bersalaman dengan fans yang menyaksikannya dari bawah, sementara SIN dan Katsumi bergabung di tengah-tengah panggung sambil melihat aksi Kihiro.

IMG_0285

Ketika para personil LOKA menuruni panggung, sebagian fans menganggap bahwa live LOKA sudah selesai. Tapi ternyata belum; para personil LOKA kembali memasuki panggung sambil mengenakan kaos OFFICIAL milik LOKA bewarna abu-abu. Kemudian lagu EVERYBODY ROCK N’ROLL pun dimainkan dan Kihiro meminta seluruh fans untuk menari mengikuti hentakan drum dari Ken’ichi.

Akhirnya, setelah membawakan 10 lagu, NAKED TO MY SOUL pun menjadi lagu penutup yang pas dan mengakhiri live LOKA untuk hari pertama.

Keramahan para personil LOKA memang tidak usah diragukan lagi, terutama Kihiro yang seakan punya caranya sendiri untuk menunjukkan perhatiannya pada para fans. Sebelum melanjutkan lagu selanjutnya, di atas panggung, Kihiro berpesan supaya para fans berhati-hati ketika pulang ke rumah masing-masing. Selain itu, ia juga sering mengunjungi booth tempat official merchandise LOKA dijual.

IMG_0312

Saya sangat terkesan dengan penampilan LOKA dan saya sangat puas menikmati lagu-lagu yang mereka mainkan. Merupakan sebuah kebahagiaan untuk bisa bertemu secara langsung dengan personil LOKA, lalu menonton live mereka yang begitu menakjubkan dan membuat saya tidak menyesal telah menjadi salah satu fans LOKA. Meski di pertengahan live Kihiro sempat berkata ada kesalahan teknis, tapi hal tersebut tidak menurunkan kualitas penampilan mereka di atas panggung. Saya berharap semoga tahun depan (dan tahun-tahun berikutnya) LOKA bisa mengadakan konser di Indonesia dengan durasi yang lebih lama.

Teks dan foto oleh neurica116

Setlist LOKA Jakarta 05102013

  1. SLICK
  2. FROM YESTERDAY
  3. Eleventh Hour
  4. MAKE IT THROUGH
  5. DON’T EVER LEAVE ME OUT
  6. LEFT OF ME (Tribute to K)
  7. Tsubasa Trigger
  8. OBLIVION HEART
  9. CLUB ROCK SHIT

Encore

  1. EVERYBODY ROCK N’ROLL
  2. NAKED TO MY SOUL
Advertisements

One response to “LOKA Live in Jakarta 05102013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s