Cara Membeli Tiket di Lawson

Membeli tiket pertunjukan seperti konser dan musikal di Jepang memang susah-susah gampang.  Banyak situs online menyediakan jasa pembelian karcis, namun biasanya harus mendaftar terlebih dahulu dengan menyediakan alamat dan nomor telepon Jepang.  Sudah begitu, tidak selalu situs tersebut menerima pembayaran melalui kartu kredit.  Terkadang pembayaran hanya bisa dilakukan di kombini (convenience store) seperti Lawson, 7 Eleven, Circle K/Sunkus, atau Family Mart, itu pun dalam kurun waktu terbatas.  Jadi kalau kita tidak punya teman di Jepang yang bisa membantu membayarkan atau membelikan, memang kecil harapan kita bisa memperoleh tiket di Jepang.

Sekarang bagaimana kalau kita sudah berada di Jepang dan berniat membeli tiket melalui kombini?  Kali ini, RekON beritahukan ya tentang cara membeli tiket di Lawson melalui mesin Loppi.  Kalau kamu masuk ke cabang Lawson, mesin ini biasanya diletakkan di bagian depan atau sudut.  Warnanya merah, bentuknya seperti mesin ATM.  Kalau kamu bisa bahasa Jepang sih, RekON yakin kamu tidak akan kesulitan menggunakannya.  Panduan ini lebih kami tujukan untuk yang tidak bisa berbahasa Jepang dengan baik.

tyas_lawsonmachine_1_oct2013

Sebelum berangkat ke Lawson, coba kamu siapkan dulu beberapa hal berikut.

  1.  Datangi situs tiket Lawson dan coba cari apakah tiket pertunjukan yang kamu mau tersedia di sana.  Tidak semua pertunjukan dijual tiketnya via Lawson.  Mungkin saat mencari (search) kamu harus masukkan tulisan nama artis/pertunjukan dalam bahasa Jepang, meski ada juga yang tersedia romaji atau huruf Latinnya.
  2. Temukan L-code pertunjukan yang kamu maksud, terdiri atas 5 angka.  Contohnya, untuk konser Girugamesh tanggal 13 Oktober 2013, L-code-nya adalah yang dilingkari.  Pertunjukan lain meski dari artis yang sama, beda pula L-code-nya.tyas_lawsonmachine_3_oct2013
  3. Tulisan namamu dalam bahasa Jepang dan nomor telepon (Jepang) yang bisa dihubungi.  Coba tanya nomor hp teman atau penginapan kalau kamu tidak punya nomor hp Jepang.

Sekarang datangi Lawson terdekat, temukan mesin Loppi-nya.  Kalau kamu tidak pede menggunakannya meski sudah membaca panduan ini, jangan ragu minta tolong penjaga tokonya ya!  Mereka pasti siap membantu kamu.

Perhatikan bahwa bila tanggalnya sudah mepet dengan hari pertunjukan, mungkin tiket sudah tidak bisa dibeli lewat Loppi; kalau itu yang terjadi, kamu harus mendatang langsung tempat pertunjukan di hari H untuk membeli tiket langsung di loket (bila masih ada) sejam sebelum pertunjukan dimulai.

Oke, sekarang kita coba pakai yah mesinnya.

  1. Sentuh layar.
  2. Akan ada tiga tombol yang muncul (yang di tengah adalah tombol untuk membeli tiket ke Museum Ghibli.  Yap, kamu juga bisa—malah seharusnya—membeli tiket museum tersebut dari mesin Loppi.)  Pilih yang paling kiri.
  3. Sekarang tekan tombol kiri bawah.
  4. Masukkan L-code.
    tyas_lawsonmachine_2_oct2013
  5. Setelah layar menampilkan data pertunjukan yang sesuai dengan L-code itu, cek apakah memang itu yang kamu mau.  Bila ada lebih dari satu kali pertunjukan untuk L-code yang sama (misalnya musikal yang dipentaskan beberapa hari), pilihlah yang kamu inginkan.
  6. Akan muncul harga tiket, dan di baris terbawah ada angka ‘0’ yang harus kamu ganti menjadi jumlah tiket yang hendak kamu beli.  Bila sudah oke, tekan tombol jingga di kanan bawah.
  7. Muncul biaya tambahan yang harus kamu bayar.  (Biasanya satu tiket kena 105 yen.)  Tekan lagi tombol jingga di kanan bawah.
  8. Kamu akan ditanya apakah akan menggunakan kartu khusus Lawson/Ponta dan semacamnya.  Jika tidak punya, tekan tombol jingga sebelah kiri bertuliskan ‘iie’ (tidak) dalam bahasa Jepang.
  9. Sekarang kamu akan diminta memasukkan namamu dalam huruf Jepang.  Harus ada dua nama (nama keluarga dan nama kecil, sesuai di Jepang); kalau namamu hanya satu, pisahkan saja dengan spasi.  Spasi adalah tombol paling kanan atas di deretan keyboard.  Hapus satu huruf dengan tombol di bawahnya.  Ada dua baris untuk menulis nama.  Yang sebelah bawah adalah untuk furigana (tulisan cara baca).  Nanti muncul secara otomatis setelah kamu selesai isi baris yang atas.
  10. Tekan lagi tombol jingga di kanan bawah.  Sekarang masukkan nomor telepon.
  11. Beres?  Tekan lagi tombol jingga.
  12. Mesin akan mengeluarkan tanda bukti pemesanan.  Ets, belum beres nih!  Kamu belum bayar kan?  Lekas-lekaslah ke kasir untuk membayar tiket itu dalam waktu setengah jam.  Setelah pembayaran tuntas, barulah kasir akan menyerahkan tiket yang kamu beli.  Oya, di tanda terima, kamu harus membubuhkan tanda tangan.
  13. Yak, sudah siap sekarang!  Selamat menonton pertunjukan di Jepang!  Ini dia, tiket yang sudah siap kamu gunakan untuk masuk ke konser!

tyas_lawsonmachine_4_oct2013

Advertisements

12 responses to “Cara Membeli Tiket di Lawson

  1. Pingback: Museum Fujiko F. Fujio, Kawasaki, musim dingin 2014 | Lompat-lompat Sana-sini·

  2. Bro, saya rencananya mau nonton konser di osaka. saya akan berencana jalan-jalan ke jepang dg 4 hari di tokyo, 4 hari di osaka. Konsernya di hari terakhir saya di osaka. Nah rencananya mau beli tiket di Tokyo di hari pertama kedatangan saya di jepang. Apakah possible?
    jadi kalau beli tiket di conbini kita bayar langsung dapet tiketnya? (tiket konser diprint di conbini?)

    • Halo Bro! Selama tiket masih ada, bisa beli langsung di mesin di kombini, dan dalam waktu setengah jam harus membayar di kasir. Saat itu juga tiket kita akan dicetak. Biasanya tiket dijual di kombini sampai H-1.

      Konser siapa yang mau dihadiri, dan tanggal berapa, kalau boleh tahu?

      • Konser GOT7 di Zepp Namba Osaka tgl 28-30 Jan. Nah barusan saya liat udah habis yg tgl 30 T_T (padahal mau yg tgl ini) kayaknya yg tgl 29 aja (ini juga tinggal dikit). Ada yg bisa dimintain tolong ga? Adminnya mungkin?

      • Waduuuh, mepet ya. Salah seorang admin kami sendiri baru akan balik ke Jepang tanggal 6-15 Februari. Tadinya kalau konsernya baru akhir Februari atau Maret/sesudahnya, kami masih bisa belikan. Maaf sekali ya…

        Sebenarnya ada jasa beli tiket di Jepang melalui situs ini: http://www.japanconcerttickets.com/services/pricing/

        Tapi terus terang, mahal sekali.

        Nanti kalau kami menemukan teman yang bisa dititipi, kami kabari lagi ya. Good luck!

      • Iya ni min, soalnya baru tau ada konser juga kemaren banget..haha
        Ini saya juga lagi usaha nyari kenalan di kampus, semoga aja ketemu, aamiin..
        saya dah coba melalui pihak kedua kayak link itu, jatuhnya jadi mahal bisa 2x lipat bahkan lebih.
        Ok makasih ya min, nanti saya mau nanya2 lagi klo masalah tiket kalo ada yg bingung 😀

      • Iya min, itu dah saya lihat ada di Narita, sayangnya saya masuk dari Haneda malam hari 😦

      • Min mau update lagi pencarian tiket saya, setelah cari di fb dan mention fanbase twitter, dari sekian banyak ada yg 1 yang ngewaro dan bantuin nyariin.. akhirnya malah dpt temen baru haha.. Ini masih dalam proses pencarian.. Wish me luck! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s