Love Steps, A Further Step to Do Fangirling (boying) Through Charity

infinite-presscon-300813-01

Fangirling/boying, kegiatan yang lekat sekali dengan dunia musik, apapun genre-nya. Di dunia K-pop, kegiatan ini sudah sangat lumrah bahkan bisa membuat kepala orang-orang diluar geleng-geleng tidak paham. Bukan seperti fans kebanyakan yang hanya memberikan hadiah kecil, surat, atau datang ke tempat konsernya saja, tetapi sampai skala besar. Contohnya, memberikan dukungan makanan untuk seluruh staf produksi, membelikan lisensi bintang dan binatang, gadget terbaru, sampai memasangkan iklan untuk momen tertentu. Hal ini sudah sering menjadi bahan kritik untuk para pecinta K-pop, berkaitan dengan penghamburan uang yang tidak sedikit.

Seiring dengan semakin dewasanya para fans, kegiatan fangirling mengalami pergeseran  ke arah yang lebih baik. Mulai banyak yang berpikiran untuk melakukan kegiatan fangirling yang lebih bisa memberikan manfaat bagi banyak orang di luar dunia K-pop. Salah satunya adalah dengan melakukan amal, baik berupa barang maupun uang. Infinite7Soul, sebagai komunitas internasional Inspirit (fans Infinite) yang cukup besar juga tidak ingin tertinggal dengan gerakan ini.

IMG_3956

Untuk menyambut kedatangan Infinite dalam rangka 1st World Tour “One Great Step” di Jakarta, mereka melakukan proyek penggalangan dana bertajuk “Love Steps”. Ini bukan proyek amal pertama bagi Infinite7Soul. Sebelumnya mereka juga sudah pernah melakukan amal ketika Infinite datang ke Music Bank Jakarta 2013 sekaligus perayaan debut 1000 hari. Ketika itu dana yang terkumpul disumbangkan kepada Yayasan Kanker Anak Kasih Indonesia. Untuk kali ini dana ditujukan kepada Wisma Tuna Ganda.

IMG_3948

Dalam kurun waktu kurang lebih satu setengah bulan saja, Infinite7Soul berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp 13.226.500,-. Didukung oleh dua fansite Korea, Yeolline dan Whoops Wings, inspirit yang ikut serta dalam proyek banyak juga tidak hanya Indonesia tetapi juga Brunei Darussalam dan Jepang. Bukan hanya itu, fans dari group band lain pun tidak tinggal diam. Fans VIXX, MBLAQ, BIGBANG, Super Junior, B1A4, dan Roy Kim juga mendukung proyek ini.

IMG_3949

Disaksikan oleh sejumlah fans dan media, termasuk RekON, sumbangan tersebut diserahkan kepada Wisma Tuna Ganda pada tanggal 24 Agustus 2013 dalam rupa uang tunai, handuk, minyak kayu putih, susu sereal, dan mie instan. Di sana RekON juga berkeliling mengunjungi beberapa penghuni wisma. Sayangnya saat itu sedang ada acara bersama di tempat lain, sehingga tidak banyak penghuni di wisma yang bisa kami ajak bercengkrama. Tapi dari bertemu dengan beberapa saja, RekON yakin proyek ini benar-benar berarti buat mereka.

wisma tuna ganda

Sesuai dengan namanya, Love Steps, proyek ini bertujuan untuk berbagi cinta dengan sesama. Cinta fans tidak hanya berhenti di idolanya saja, tetapi sampai juga kepada masyarakat yang membutuhkan. Terlebih lagi, cinta ini berhasil membuat fans dari berbagai fandom berangkulan bersama. Ketika di saat lain, berbagai fandom saling membenci dan mencaci.

infinite-presscon-300813-2

Kalau kegiatan seperti ini bisa memberikan banyak dampak positif bagi banyak orang, tentu kita bisa berteriak lantang ketika ada yang mencemooh fans K-pop. Semoga kedewasaan mental ini terus bertumbuh dan menjadi inspirasi bagi penikmat musik lain dan masyarkat. Ditunggu proyek-proyek positif lainnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s