Cerita dari Fanmeeting BIGBANG X KakaoTalk 19042013

Jam 6 pagi hari Jumat, 19 April 2013, ratusan orang sudah ramai berkumpul di depan gerbang Hall C JI EXPO Kemayoran. Mereka berharap bisa menjadi salah satu dari 1000 orang pertama yang beruntung bisa masuk gratis ke acara fanmeeting BIGBANG oleh KakaoTalk Indonesia.

BB-FM1

Antrian sudah terbagi dua. Antrian pertama adalah barisan pengunjung yang sudah menginap sejak Kamis malam dan antrian kedua adalah barisan pengunjung yang baru datang Jumat dini hari. Tidak nampak penjagaan ketat di sekitar area JI EXPO. Hanya ada 2-3 orang sekuriti. Tidak ada panitia sama sekali. Tidak ada polisi. Tidak ada tim medis. Pengunjung harus bisa mengatur diri sendiri. Untungnya ada salah satu pengunjung yang rela jadi koordinator cabutan demi merapikan barisan. Jam setengah 7 pagi antrian kedua sudah rapi dan kita semua duduk dengan tertib, menunggu gerbang dibuka jam 1 siang.

Namun keributan mulai terjadi sekitar jam 9 pagi karena kabarnya ada beberapa orang yang menyelak antrian di depan. Barisan di belakang pun jadi terprovokasi dan semua berdiri mendesak ke depan. Antrian kembali berantakan. Orang-orang terjepit dan beberapa pengunjung sudah mengeluh ingin pingsan. Setelah antrian pertama diperbolehkan masuk gerbang sekitar jam 9.30, satu mobil ambulans baru datang dan tim medis mulai menolong beberapa korban. Masih tidak ada panitia atau cukup sekuriti untuk membantu memperbaiki keadaan.

Suasana memburuk. Sekarang antrian kedua mulai berlarian tak teratur menuju gerbang, mengakibatkan banyak orang jatuh dan tertiban-tiban. Sayangnya, gerbang sudah ditutup dan kabarnya sudah ada 1000 orang di dalam. Maka orang-orang yang menunggu di luar sebenarnya cuma antri untuk menonton acara berlangsung lewat dua LED screen di luar Hall C.

Sekitar jam 3.30 sore, 100 orang pemenang kuis KakaoTalk Indonesia di Twitter dan 1000 orang beruntung yang sudah antri di pelataran Hall C diperbolehkan masuk venue secara bertahap. Tidak seperti paginya, kali ini suasana berjalan lancar dan tertib. Di dalam, area depan panggung terbagi menjadi 4 kotak moshpit. Masing-masing area moshpit masih nampak lega bahkan setelah semua orang masuk.

BB-FM2

Jam 4 tepat acara dimulai, dibuka oleh MC yang kemudian memasang video sapaan G-Dragon di layar. Karena sedang sibuk melakukan tur dunia, GD tidak bisa ikut hadir bersama rekan-rekannya di Jakarta. Tak lama setelah itu, keempat anggota BIGBANG pun masuk ke panggung disambut teriakan gembira 1100 VIP dalam moshpit. Akustik ruangan saat itu tidak begitu bagus sebab Hall C JI EXPO Kemayoran sebenarnya adalah lokasi pameran dan memang tidak dirancang untuk showcase musik. Hasilnya, teriakan histeris penonton terdengar sangat memekakkan telinga. Sesi tanya-jawab MC dengan SeungRi, Taeyang, Daesung, dan TOP pun jadi tidak begitu terdengar karena gema ruangan yang berlebihan.

Keempat member BIGBANG nampak lelah namun tetap profesional menyapa dan bercanda bersama para VIP. Acara yang paling menyenangkan adalah ketika beberapa fans diajak ke atas panggung untuk bermain games. Satu per satu dari mereka memeragakan koreografi Fantastic Baby di depan BIGBANG. Saking asiknya, TOP yang dari awal banyak diam dan hanya bicara sedikit pun tak tahan untuk tidak ikut berdiri dan ber-choom dance bersama salah satu fans di panggung.

BB-FM3

Salah satu cewek nampaknya sukses menarik perhatian SeungRi karena selesai nge-dance, SeungRi langsung menghampiri dan memeluknya. Seisi Hall C JI EXPO pun menjerit. Akibat pelukan perdana SeungRi itu pun beberapa fans berikutnya jadi mengambil kesempatan untuk memeluk member BIGBANG favoritnya tiap selesai nge-dance. Saking hebohnya, staf resmi BIGBANG sampai harus melerai, hihihihi…

Di sela-sela games dan tanya-jawab, BIGBANG menyempatkan diri untuk menyanyikan beberapa lagu seperti Fantastic Baby dan Bad Boy. Namun karena ini bukan konser, mereka cuma bisa membawakan sepotong dari lagu-lagu tersebut. Meski begitu, Taeyang tetap menampilkan dance khasnya yang seru dari ujung panggung ke ujung lainnya seperti dalam konser sungguhan.

Menjelang akhir acara, seisi hall menyanyikan lagu “Happy Birthday” sambil mengangkat handbanner bergambar Daesung yang akan berulangtahun pada 26 April mendatang. Daesung nampak terkejut dan menyambut baik nyanyian para VIP dengan menari konyol dan kemudian berterima kasih. Jam 5 tepat, acara selesai dan BIGBANG kembali ke belakang panggung. Pengunjung keluar dengan rapi dan tertib.

FM-BB5

Malamnya di gate E3 Bandara Soekarno-Hatta, sudah ada beberapa VIP berkumpul menunggu kedatangan SeungRi, TOP, dan Daesung dari hotel untuk terbang kembali ke Korea dan Taeyang yang akan langsung ke Jepang untuk menjadi bintang tamu di konser GD. Jam 10.30 malam, dua Mercedes Benz datang. Orang pertama yang masuk melewati kami adalah TOP bersama manager dan beberapa bodyguardnya. Kami sempat kaget waktu TOP dan rombongannya berjalan terus dan bukannya belok ke arah gate check-in. Tapi tak ada yang bisa mengejar TOP karena kami sudah terperangkap di belakang barisan sekuriti bandara. Anehnya, tak lama kemudian TOP kembali lagi dan berjalan melewati kami menuju mobilnya di luar. Kami pun makin bingung dengan aksi bolak-balik TOP ini.

Dengar-dengar sih, sebenarnya tadi TOP cuma perlu ke toilet. Hahaha segitu tidak tahannya ya sampai tidak bisa menunggu tiba di ruang tunggu boarding nanti? Setelah TOP kembali berkumpul dengan timnya di luar, baru lah kali ini semua member BIGBANG masuk menuju gate check-in. Taeyang berjalan paling depan, diikuti Daesung, kemudian SeungRi, dan… TOP lagi. Charmers malam itu pasti puas sekali lihat TOP mondar-mandir. Keadaan di bandara cukup rapi dan tertib meski jeritan-jeritan seru VIP yang memanggil-manggil anggota BIGBANG tetap terdengar. Keempatnya pun masih sempat tersenyum dan melambaikan tangan sebelum benar-benar masuk gerbang check-in dan melewati metal detector.

Fiuh… hari yang panjang bagi VIP, namun semua kelelahan langsung terbayar oleh profesionalisme dan keramahan BIGBANG 🙂

BB-FM6

Untuk penggemarnya TOP nih 😉

By: @epikluna

Photos by: @epikluna dan @bitterflyGD

Advertisements

One response to “Cerita dari Fanmeeting BIGBANG X KakaoTalk 19042013

  1. bisa menjadi catatan khusus & pelajaran buat panpel acara2 fanmeet mendatang agar lebih siap dalam hal pengamanan & antisipasi biar gak terjadi lagi hal-hal yg seperti disebutkan diatas… Overal liputannya Ciamik mantab kebetulan Q penggemar Bigbang khususnya G-Dragon 🙂
    twitter : @desyimal
    pilihan : [2]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s