Menonton Konser di Bangkok

Bangkok adalah salah satu kota yang sering didatangi oleh bintang Asia, baik untuk mengadakan konser ataupun acara temu penggemar. Kali ini, RekON akan membagi tips untuk menonton konser di Bangkok berdasarkan pengalaman kami ya.

Kita mulai dari tiket konsernya dulu ya. Situs penjualan tiket terbesar di Thailand adalah Thai Ticket Major (selanjutnya disingkat TTM). TTM menjual berbagai tiket acara, mulai dari konser bintang lokal dan mancanegara sampai pertandingan bola. Walau tampilan awalnya terlihat ramai, situsnya tersedia dalam dua bahasa kok, Thailand dan Inggris. Untuk dapat membeli di TTM, ONers harus membuat akun terlebih dahulu. Kami sarankan untuk membuatnya beberapa hari sebelum tanggal penjualan tiket ya. Cukup isi data diri dan pastikan penulisan e-mail kamu sudah benar. Ada beberapa cara pembayaran di TTM, antara lain kartu kredit dan debit. Namun, untuk transfer debit mereka hanya menerima dari Bangkok Bank. Jadi, pilihan termudah untuk kita pencinta musik Indonesia adalah dengan menggunakan kartu kredit. Kalau kita sudah melakukan transaksi, maka kita akan menerima e-mail konfirmasi. Tiket bisa dikirim ke alamat kita atau diambil di outlet-outlet TTM yang tersebar di Bangkok, salah satunya di mal Siam Paragon yang terletak di pusat kota. Untuk penukaran di outlet, cukup bawa kartu kredit yang digunakan saat transaksi dan tanda pengenal. Kalau menggunakan kartu kredit orang lain, bawa fotokopian kartu kredit-nya dan surat pernyataan dari pemilik kartu kreditnya ya. Untuk keterangan lebih lengkapnya, bisa dibaca di sini. Sekadar info, kalau dibandingkan dengan di Indonesia, tiket konser di Bangkok bisa lebih murah IDR 100,000 sampai IDR 200,000.

Setelah tiket konser, tentu kita harus membeli tiket pesawat. Untuk penerbangan premium, Garuda Indonesia dan Thai Airways adalah pilihannya. Sedangkan untuk penerbangan berbudget murah, ONers bisa memilih Air Asia (sehari dua kali) dan Mandala Airlines. Garuda, Thai Airways dan Mandala kesemuanya mendarat di bandara Suvarnabhumi. Jarak Suvarnabhumi ke pusat kota lumayan jauh,  dan kalau ONers bersama teman, bisa ke pusat kota dengan menggunakan taksi resmi dari bandara. Biayanya kurang lebih 300 Baht. Aiport Rail Link juga bisa menjadi pilihan dengan dua jalur Express Line dan City Line. Bedanya adalah Express Line hanya berhenti di stasiun Makkasan dan Phaya Tai sedangkan City Line berhenti di setiap stasiun yang dilewati. Akses ke Skytrain kota lebih mudah jika kita turun di Phaya Tai. Untuk Air Asia, pesawat mereka mendarat di bandara Don Muang yang terletak di utara kota Bangkok. Untuk ke kota, kita bisa menggunakan taksi sampai stasiun Mo Chit (sekitar 150 baht, ditambah biaya tambahan 50 baht) dan melanjutkan dengan Skytrain. Untuk mudahnya, langsung saja menggunakan taksi dari Don Muang, tapi tentu saja dengan biaya yang lebih mahal.

ceinder_bangkok_skytrainview_2011

Salah satu sudut kota Bangkok dari pelataran mal MBK

Tempat-tempat wisata dan strategis di Bangkok sebagian besar dapat dicapai dengan Skytrain. Jadi, RekON sarankan untuk menginap di daerah-daerah sekitar stasiun BTS. Daerah sekitar stasiun Nana, Victory Monument dan Thong Lo bisa dijadikan opsi. Nah, kalau mengenai akomodasi, biaya di Bangkok terbilang cukup terjangkau dan banyak pilihan jenis penginapan, dari hotel bintang lima sampai hostel murah. Walaupun murah, keamanan dan kenyamanan tetap menjadi pilihan utama kan, ONers? Jadi sebaiknya pilih hostel atau guest-house yang memang mendapat penilaian baik dari pengunjungnya (ONers bisa melihatnya di hostelworld.com). Guest house Hi-Sukhumvit di dekat stasiun Thong Lo (Soi Sukhumvit 38)adalah salah satu rekomendasi kami. Kamarnya bersih, harganya pas (ketika tulisan ini dibuat, harga per malam untuk dorm-nya 350 Baht) dan terletak di daerah pemukiman sehingga tidak terlalu ramai. Meskipun begitu, di dekat Hi-Sukhumvit terdapat banyak kios makanan dan tentu saja dekat dengan mini market 7-11. Untuk konser yang diselenggarakan di BITEC (daerah Bang Na), Hi-Sukhumvit berjarak enam stasiun dari stasiun Bang Na. Selain itu, terdapat banyak hotel di sekitar BITEC, misalnya Viva Garden dan Thomson Residence.

Kalau acaranya diadakan di Impact Arena atau stadion Muang Thong Thani, kalian bisa menginap di sekitar kedua venue tersebut. Ada beberapa hotel berbintang, di antaranya Novotel Bangkok dan TK Palace. Tapi kalau ingin sekalian menikmati kota Bangkok, ONers bisa menginap di daerah stasiun Victory Monument. Royal View Resort yang merupakan hotel berbintang tiga di daerah Rangnam yang cukup asri dapat diijadikan salah satu opsinya. Dari stasiun Victory Monument, transportasi ke dua venue di atas bisa menggunakan Skytrain sampai Mo Chit dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bus yang langsung ke sekitar Impact Arena.

tyas_bangkok_skytrain_2010

Peron untuk menunggu sky train

Oh iya, dari tadi RekON ngomongin Skytrain tapi gak menjelaskan cara beli tiketnya ya? Sebenarnya ada tiket terusan, tapi kalau cuma beberapa hari di Bangkok, membeli single-journey ticket sudah cukup. Tinggal datangi mesin pembelian tiket, tekan nomor stasiun yang dituju, masukkan uang (mesin hanya menerima koin, kalian bisa menukarnya di stasiun juga) dan tiket akan keluar. Harga tiket tergantung dari jarak stasiun yang ingin dicapai. Mudah kan? Dan dengan Skytrain, kalian bisa melihat pemandangan kota Bangkok dari atas 🙂 Sebaiknya selama di Bangkok, kalian naik Skytrain saja ya, ONers. Naik bus kota mungkin akan membingungkan wisatawan. Untuk taksi, pilihlah taksi berwarna pink dan hijau-kuning. Ingatkan sopir dengan baik-baik untuk selalu memasang argo meter.

Lalu bagaimana biaya selama berada di sana? Jangan khawatir, ONers, biaya makan di sana tidak menguras kantong kok! Misalnya saja, harga sepiring chicken rice di food court mal Siam Paragon hanya sekitar IDR 20 ribu. Di mal-mal lain yang tidak semewah Siam Paragon (contohnya MBK) bisa lebih murah lagi. Tidak sekadar murah, makanan di Bangkok juga enak dan terbilang sesuai dengan selera orang Indonesia 🙂 Kalian ingin membeli CD juga? Jangan khawatir, di mal Siam Paragon banyak tersedia CD artis Jepang dan Korea dengan harga terjangkau karena biasanya CD tersebut dirilis edisi Thailandnya.

ceinder_bangkok_hisukhumvit_2011

Salah satu kamar di Hi-Sukhumvit

Sekian dulu tips menonton konser di Bangkok dari RekON. Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar atau mention kami di Twitter ya, ONers. Untuk tulisan berikutnya, kami akan membahas negara-negara lain seperti Singapura, Hong Kong dan Filipina!

by: AP

Advertisements

4 responses to “Menonton Konser di Bangkok

  1. selamat malam
    saya mau bertanya, tadi pagi pertama kalinya saya beli tiket di TTM dan sudah bayar lewat kartu kredit, tulisannya sih sukses
    tapi saya ga dapat email konfirmasi
    setelah saya check di bagian “Purchase History”
    saya sempat liat ada hasil pembelian saya dalam status “Proccess”
    dan ada “time remaining” 6 Minutes
    setelah itu saya logout dan sekitar 1 jam kemudian saya login lagi dan pas saya cek lagi kok semua sudah hilang ya yang ada di purchase history nya? jadi kosong gitu dengan status di bagian “show” : No Order, jadi pembelian saya gagal atau gimana ya?
    terus juga saya ada masalah dengan bagian “edit profile” karena ga bisa isi negara, provinsi, dan kota

    siapa tau anda lebih mengerti, mohon di share thanks 🙂

    • Halo~ waktu admin beli lewat TTM e-mail konfirmasi langsung masuk ke e-mail admin tidak lama setelahnya. Kamu sudah cek ke bank-nya apakah CC kamu terpakai atau tidak? Kalo belum berarti transaksi kamu gagal dan harus ulang lagi. Bagian edit profile admin agak lupa, maaf. Nanti kalo admin buka akun TTM-nya admin update lagi ya. Makasih pertanyaannya 🙂

  2. Hai min
    Infonya sangat membantu buat aku ni soalnya mau backpaker nnton konser di bangkok
    Ohiya TTM itu bener2 trusted kan min? Soalnya baru pertama kali nnton di bangkok
    Makasii sebelumnya^^

    • Halo! Sebenarnya kami tidak begitu sering menonton konser di Bangkok/Thailand, tapi sejauh ini pengalaman kami baik-baik saja. Apabila ada masalah (amit-amit), TTM juga bertanggung jawab karena merupakan perusahaan ticketing besar dan resmi.

      Selamat menonton ya di Bangkok, semoga lancar semuanya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s