Tiga Hari Bersama Phantom dan 4Minute di Jakarta

29 Oktober 2012

Untuk pertama kalinya Phantom menginjakkan kaki di Indonesia. Berdasarkan jadwal mereka akan mendarat pukul 15.40 WIB di bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Para penjemput dari Phantomism (nama fans Phantom) sudah bersiap disana sejak jam 14.00. ReKon sendiri baru tiba di sana pukul 14.30. Tidak banyak memang yang datang ke bandara. Jika dihitung hanya ada 7 orang, sudah termasuk ReKon. Tapi semangat mereka tidak main-main, seperti ditunjukkan dengan fanboard, makanan kecil dan hadiah yang sudah mereka persiapkan. Pukul 15.30 WIB pesawat mereka akhirnya mendarat dan para Phantomism bersiap menyambut mereka. Namun ternyata baru sekitar pukul 17.00 WIB Phantom keluar.

Phantom terlihat kaget dengan adanya Phantomism yang menyambut mereka. Mereka mengambil semua gift dan snack yang disiapkan Phantomism, termasuk roti dari ReKon. Beberapa juga ada yang bersalaman dan ber-hi5 dengan mereka. Melalui akun Twitter mereka, Phantom mengatakan bahwa mereka senang dan tidak menyangka Phantomism yang menyambut di bandara.

Beruntungnya Phantomism saat itu, ketika Phantom sudah masuk ke kendaraan yang disiapkan, mereka tidak langsung jalan. Sekitar 5-7 menit kendaraan tetap di tempat, jadi para Phantomism cukup puas berkomunikasi dengan Phantom. Ada yang saling memberikan lambaian dan kode membentuk hati dengan member Phantom, dan yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sanchez. Sempat Phantomism meminta Hanhae untuk membuka jendela mobil, entah siapa yang membuka, jendela mobil sempat terbuka sedikit. Serempak para Phantomism berteriak, lalu jendela ditutup lagi. Terlihat Hanhae yang sedang menertawakan tingkah Phantomism dari balik jendela mobil.

Phantom langsung menuju Indosiar untuk recording acara Buaya Show. Di acara yang dipandu Uya Kuya tersebut mereka akan menyanyikan satu lagunya yang berjudul “Where are you?”. Sampai saat ini belum ada kejelasan kapan acara ini akan ditayangkan.

30 Oktober 2012

Hari ini giliran 4Minute yang akan sampai di Jakarta. Mereka pun baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Indonesia. TIdak kalah dengan persiapan Phantomism, 4nia (sebutan untuk fans 4Minute) juga sudah bersiap menyambut mereka dengan membawa banner, makanan dan surat. Jam kedatangan 4Minute sama persis dengan Phantom, namun yang membedakan adalah mereka tidak lama keluar setelah pesawat mendarat. Sayangnya kali ini mereka datang hanya berempat. Gayoon tidak bisa ikut ke Indonesia karena masalah kesehatan.

4Minute tidak kalah ramah dengan Phantom, terutama Hyuna. Mereka banyak tersenyum dan memberikan lambaian, tidak lupa juga menerima hadiah-hadiah yang sudah disiapkan. Namun karena jumlah 4nia yang cukup banyak, mereka jalan dengan cepat ke mobil dan segera setelah mereka semua masuk, mobil langsung berangkat.

Kali ini juga 4Minute langsung menuju studio 5 Indosiar untuk melakukan recording acara konser debut S4 (boyband Indonesia yang dilatih di Korea) bersama dengan Phantom. Phantom sudah sejak siang melakukan rehearsal dan persiapan recording yang akan dilaksanakan jam 7 malam. Untuk recording ini fans boleh menjadi penonton dengan gratis. ReKon pun tidak mau ketinggalan.

Lokasi berikutnya: Studio 5 Indosiar

ReKon sampai di studio 5 Indosiar pukul 6 sore. Berdasarkan informasi dari seorang kenalan, ReKon masuk studio melalui pintu samping. Ternyata pintu samping tersebut berdekatan dengan ruang tunggu Phantom. Karena pintu ruang tunggu Phantom terdapat kaca di tengahnya, ReKon sempat melihat Sanchez sudah menggunakan kostum dan sedang bersantai.

Di dalam studio, pengisi acara masih sedang melakukan rehearsal. Tidak banyak penonton yang sudah ada di dalam studio. Kebanyakan adalah orang tua, saudara dan kenalan dari anggota S4 atau orang media. Bahkan 4Nia maupun Phantomism tidak terlihat satu pun.

Mendekati jam 7, masih ada beberapa pengisi acara yang menunggu giliran untuk rehearsal. Karena sepertinya recording belum akan dimulai dalam waktu dekat, ReKon mencoba menghampiri ruang tunggu Phantom. ReKon memang berniat meminta tanda tangan dari Phantom, tetapi ReKon bertanya dulu kepada staff apakah diperbolehkan. Ternyata staff Koreanya ramah dan bisa berbahasa Indonesia. ReKon diperbolehkan masuk ke ruang tunggu dan meminta tanda tangan. Sayangnya saat masuk, Phantom sedang makan jadi ReKon menunggu mereka selesai makan baru mendapatkan tanda tangannya.

Selesai mereka makan, ReKon menghampiri Kiggen yang kebetulan sedang di luar dan menyerahkan langsung kertas dan spidol untuk tanda tangan. Kiggen sangat ramah dan mempersilahkan ReKon untuk masuk ke ruang tunggu untuk meminta tanda tangan dari anggota yang lain. Namun ternyata manajer mereka tidak memperbolehkan. Jadi untuk tanda tangan Sanchez dan Hanhae, manajernya yang memberikan. ReKon menunggu di pintu sambil mengucapkan terima kasih kepada Sanchez dan Hanhae setelahnya.

Sekitar jam 8, 4Minute baru melakukan rehearsal untuk lagu Volume Up. Jam 9 fans dari pengisi acara baru diperbolehkan masuk mengisi kursi penonton dan jam 9 lewat baru recording dimulai. Di acara ini Phantom menyanyikan tiga lagu yaitu, Ice, Burning dan Hole in Your Face. Sedangkan 4Minute hanya menyanyikan dua lagu, yaitu Volume Up dan Hot Issue. Namun untuk 4Minute diadakan wawancara singkat di atas panggung.

Phantom

Phantom menunggu giliran tampil dan ada dua orang yang sepertinya kagum sekali dengan Hanhae.

Kasihan Hanhae tertutup bayangan karena sinarnya terhalang besi. Dari staff Indosiar tampaknya tidak sadar akan hal ini, karena mereka tidak melakukan tindakan apa-apa.

 4Minute

4Minute hanya melakukan rehearsal untuk lagu Volume Up, mungkin karena keterbatasan waktu.

Kemudian mereka melakukan recording untuk pembuka acara ini, penampilan untuk dua lagu dan wawancara singkat dengan SM*SH.

Karena terlalu malam ReKon tidak menunggu sampai rekaman selesai. Kami hanya menunggu sampai 4Minute dan Phantom selesai tampil, sekitar jam setengah 12 malam. Berdasarkan info yang ReKon dengar recording benar-benar selesai jam setengah dua pagi.

31 Oktober 2012

Lokasi: Sport Mall Kelapa Gading

Hari ini adalah acara besar yang dinantikan 4nia dan Phantomism. Acara Volume Up Party dimulai pukul 6 sore. ReKon sudah siap di sana dari setengah 4 sore karena akan ada project dari Phantomatic_ID berupa surprise party untuk Sanchez. Melalui project ini, Phantomism juga bisa memberikan hadiah dan surat yang akan diserahkan langsung kepada Phantom. Setelah Phantom selesai melakukan prescon, Phantomism yang berniat mengikuti project berkumpul dan menunggu aba-aba dari staff. Cukup lumayan banyak juga yang mengikuti project, ada sekitar 20 orang yang berkumpul. Jam 5 Phantomism digiring  ke lorong yang menuju ruang tunggu Phantom. Phantomism menunggu disana sambil membawa kue tart, serta hadiah dan surat untuk Phantom, tidak lupa juga banner dan fanboard. Ketika Phantom dibawa manajer untuk keluar, Phantomism mulai bersorak dan menyanyikan lagu ulang tahun dalam bahasa Korea. Phantom sama sekali tidak tahu akan adanya acara ini, sehingga ketika keluar mereka bingung dan kaget.

Ekspresi mereka ketakutan dan bingung ketika baru keluar. Tetapi segera berubah ketika tahu maksud dari project tersebut. Terutama Hanhae, dia tersenyum terus dan tidak tampak tersentuh. Bahkan Kiggen yang terkenal cool pun banyak tersenyum.

Setelah ucapan terimakasih singkat dari Sanchez, Phantomism meminta Sanchez untuk bernyanyi. Sanchez menyanyikan reff dari lagu Seaweed Soup. Kemudian mereka kembali ke ruang tunggu. Selama jalan kembali, Hanhae masih terus sesekali melihat kebelakang, ke arah Phantomism.

Bukan hanya Phantomism yang mempunyai project, 4nia pun sudah menyiapkan project. i_4NIA membagikan balon dukungan untuk 4Minute kepada siapa saja yang datang, dan mereka juga memberikan tumpeng untuk ulang tahun Jiyoon, hadiah dan surat kepada 4Minute. Namun sayang ReKon tidak punya info kapan pemberian hadiah tersebut dilaksanakan.

Acara dimulai tepat pukul 6 sore. Tempat untuk festival tidak terlihat penuh, penonton cenderung untuk berdiri mendekat ke panggung. Tribun walaupun tidak penuh, cukup terlihat ramai. Sedangkan VIP karena memang tidak dijual, tidak terlalu ramai penontonnya.

Phantom menyanyikan 5 lagu, yaitu PhantomCity, Burning, Hole in Your Face, Ice dan covering Move like Jagger. Phantom malam itu membuat semua penonton tertawa dan bergoyang serasa dilantai dansa.

Setelah selesai menyanyikan PhantomCity dan Burning, Kiggen mengatakan bahwa mereka akan kembali lagi nanti. Diselingi dengan penampilan dari Sm*sh, Phantom kembali lagi tampil di panggung dengan lagu Hole in Your Face. Setelah memukau penonton dengan kualitas suara dan rap di lagu tersebut, Phantom melakukan pembicaraan kecil dengan penonton.

Phantom mencoba berbicara bahasa Indonesia, agar tidak salah dia mengambil kertas contekan, yang kemudian diambil juga oleh anggota yang lain. Mereka mengucapkan kalimat-kalimat singkat seperti “Sate enak!”, “Kami cinta Indonesia.” Phantom sepertinya terpikat sekali dengan makanan Indonesia, karena mereka sering sekali mengucapkan nasi goreng dan sate bahkan di akun twitter mereka. Tidak ketinggalan juga, mereka menyukai keripik singkong “Kusuka” yang diberikan oleh salah seorang Phantomism. Sayangnya sampai mereka kembali ke Korea mereka belum sempat mencoba sate, dan mereka sangat menyesal sekali.

Untuk melanjutkan ke lagu selanjutnya, Sanchez mengatakan bahwa mereka akan menampilkan penampilan tiga kali lebih baik, dan mengajak penonton Indonesia bersama menyanyikan Ice. Tetapi dia salah menyebutkan Indonesia dengan Malaysia, kontan anggota Phantom yang lain memarahi Sanchez. Seketika Sanchez pun meminta maaf kepada penonton dengan berlutut dan menyanyikan singkat bagian reff dari Hole in Your Face. Dinyanyikan sepeti ini, penonton tentu tidak bisa marah berlama-lama dengannya.

Setelah lagu Ice, Phantom langsung menyanyikan Move Like Jagger yang sudah dimodifikasi ala Phantom. Penonton tidak berhenti meloncat dan bergoyang bersama Phantom sejak lagu Ice. Penonton juga menyanyikan bagian reff dari Move Like Jagger, dan ini membuat Phantom semakin bersemangat. Bahkan Sanchez sampai melakukan gerakan hip thrust yang disambut dengan sorakan dari penonton. Di akhir lagu, penonton puas dengan penampilan mereka, Phantom puas dengan sambutan penonton.

Setelah diselingi oleh penampilan dari S4, Akhirnya yang ditunggu 4Minutekeluar juga. 4Minute menyanyikan 6 lagu, yaitu Volume Up, Mirror Mirror, HUH, Muzik, Heart to Heart, dan Hot Issue. Mereka banyak melakukan fanservice, terutama Hyuna. Kebetulan juga di luar setelah prescon ReKon sempat bertemu Hyuna. Ketika disapa Hyuna tersenyum dan melambaikan tangan.

Di tengah-tengah penampilan mereka, 4minute melakukan wawancara singkat dan komunikasi dengan penonton, Mereka senang dengan sambutan hangat dari penonton dan mengatakan ingin melakukan konser di Indonesia sambil meminta janji dari 4nia bahwa sambutan dari mereka nanti tidak boleh kalah hangatnya.

Selama lagu Heart to heart,4Minute banyak melakukan aegyo dan fanservice. Hyuna mengambil hadiah topi dari penonton yang berada di depan. Sohyun mengambil handphone salah seorang penonton dan melakukan selca dengan Jiyoon menggunakan handphone tersebut, sedangkan Jihyun lebih banyak tersenyum kepada penonton.

Diakhiri dengan lagu Hot Issue, maka berakhirlah serangkaian acara selama tiga hari ini. Phantom, 4Minute dan S4 langsung menuju bandara untuk kembali ke Korea. Banyak 4nia yang tidak sengaja bertemu dengan 4Minute ketika keluar dari gedung. Namun penonton sopan dan tidak melakukan apa-apa.

Berdasarkan jadwal mereka seharusnya berangkat pukul setengah 12 malam. Tetapi karena pesawat ditunda, akhirnya mereka baru benar berangkat lima jam kemudian. Info ini didapat dari akun twitter Hanhae dan website resmi bandara. Mudah-mudahan walaupun mereka mengalami kejadian seperti ini, tidak membuat mereka jera untuk datang ke Indonesia. Berdasarkan janji mereka, baik Phantom dan 4Minute, mereka ingin sekali mengadakan konser disini. Semoga kita tidak harus menunggu terlalu lama ya!

Written by: Jemuzz 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s