BIGBANG Alive Tour Jakarta 12102012-13102012

Akhirnya hari yang ditunggu selama berbulan-bulan datang juga. BIGBANG ALIVE TOUR in JAKARTA. Tiba di Mata Elang International Stadium Ancol sekitar pukul 3, antrian untuk penonton VIP dan Tribun sudah terlihat sangat panjang. Dari beberapa VIPs yang kami tanya, mereka sudah antri sejak pukul 10 pagi, padahal gerbang baru akan dibuka pada pukul 6 dan konser baru dimulai pukul 8. Selain mengenakan beberapa atribut pelengkap konser (kaos, lightstick, banner dll), mereka pun membawa payung, kacamata hitam, kipas dll. Kami memutuskan untuk makan terlebih dahulu di area mall. Toh tiket kami memang di area tribune, jadi tidak terlalu masalah.

Sekitar pukul  5.30 kami memutuskan untuk jalan-jalan di sekitar venue. Booth yang menarik perhatian kami adalah booth merchandise. Di sana dijual beberapa merchandise official dari YGE seperti kaos, hoodie, kipas, tas, crown lightstick dll. Karena official langsung dibawa dari Korea, ya harganya pun cukup lumayan. Berkisar 250 – 800 rb. Pukul 6, venue sudah dibuka, kami pun sudah mengantri. Begitu masuk ke dalam venue, layar besar menampilkan beberapa MV  terbaru BIGBANG. Baru melihat MVnya saja, para VIPs sudah berteriak histeris, termasuk kami.

Pukul 8, lampu dimatikan. Lautan warna kuning yang tercipta dari Crown lightstick mulai terlihat. Teriakan histeris penonton membahana seantero Meis ketika intro Alive dimainkan. Kain putih yang menutupi panggung mulai diangkat, terlihatlah 5 kapsul transparan berisikan Taeyang, Daesung, G-Dragon, Seungri dan TOP seperti alien yang dikirimkan ke bumi. G-Dragon membuar gemetar para  penonton dengan berteriak ‘What’s up Indonesia? Jakarta. Make some noise!!!” Yes baby, BIGBANG are still alive and they’re ready to party.

Mereka menyapa penonton dengan lagu-lagu yang menghentak seperti Tonight, Hands Up dan tentu saja Fantastic Baby membuat suasana menjadi semakin panas. Setelah memainkan tiga lagu, mereka menghilang sejenak dari panggung. Para dancer Hitech dan Crazy melakukan semacam battle dance di panggung. Tidak lama kemudian BIGBANG muncul membawakan lagu lama mereka How Gee. Di lagu ini GD-TOP keluar dengan mengendarai Segway dan Taeyang naik sepeda. Setelah Stupid Liar, GD-TOP menghilang ke balik panggung, sementara Taeyang, Daesung dan Seungri menyapa para penonton dengan bahasa Inggris.  Nope, bukan hanya Taeyang, tapi Seungri dan Daesung pun berbicara dalam bahasa Inggris. ‘Apa kabar? Selamat datang di rangkaian Alive Tour di Jakarta.’ Kata Seungri. ‘Nama saya Daesung. Aku cinta kamu.’ Kata Daesung yang langsung disambut teriakan histeris para penonton. Sedangkan Taeyang merapkan kata2 ‘Aku.. aku.. cinta padamu’ berulang-ulang.

Ketika Seungri bertanya ‘Apa yang kamu suka dari Indonesia?’, Daesung meneriakkan’MAKAAAANNN’ lalu dilanjutkan ‘saya suka Rendang’ (LOL) sedangkan Taeyang bilang ‘saya suka mi goreng.’ Dan Seungri ‘ saya suka lontong.’ Okesip.

Dialog mereka bertiga memberikan waktu untuk GD-TOP untuk berganti kostum, karena tidak lama kemudian, mereka berdua muncul dari balik panggung menggunakan semacam tahta yang terbuat dari tumpukan subwoofer untuk lagu K‘nock Out. Mereka mengenakan Jas bercorak api (GD) dan es (TOP). Lagu High-high membuat semua penonton loncat-loncat. Highlight yang ditunggu, apa lagi kalau bukan tarian G.H.E.T.T.O  E.L.E.C.T.R.O.

Penampilan solo pertama datang dari maknae Seungri. Dia terlihat gagah dengan menggunakan semacam rompi anti peluru berwarna hitam., kacamata hitam dan pistol laser. He looked so handsome and cool. Strong Baby dan What Can I Do di remix abis-abisan jadi music techno untuk performance kali ini. Lalu mereka berlima kembali menyanyikan lagu2 yang ada ada album Jepang mereka, yaitu Gara-gara Go dan Number 1.

Tempo pertunjukan menurun ketika BIGBANG menyanyikan lagu Bad Boy. Semua penonton turut bernyanyi bersama mereka, dari awal hingga akhir lagu. Penonton kembali dimanjakan dengan alunan musik lembut dari Blue. Saya pribadi memiliki keterikatan khusus dengan lagu ini, mengingat ini adalah lagu pertama yang keluar setelah insiden tahun lalu, juga ditambah dengan musik dan lirik yang menyayat hati membuat saya menjadi sedikit mellow. Setelah Love Song dan Feeling, kali ini giliran Taeyang yang menyanyikan lagu solonya. Look Only at Me dan Wedding Dress dibawakan dengan suara dan koreografi yang apik, seperti yang sudah bisa kita harapkan. Taeyang juga tak lupa melakukan fan-service. Apa lagi kalau bukan merobek kausnya untuk menampilkan perutnya yang rata dan kotak-kotak.

Saya harus akui, Wings yang dibawakan oleh Daesung adalah salah satu performance solo yang paling saya tunggu-tunggu. Tempo lagunya sangat cocok dengan suaranya. Liriknya pun sangat pas dengan karakternya yang positif dan selalu tersenyum. Bisa dibilang ini adalah lagu ‘curhat’ Daesung setelah apa yang ia alami di tahun 2011. Di akhir penampilannya, Daesung mengenakan sayap putih yang besar dan ‘terbang’ di udara. Sambil terus tersenyum, tidak salah kalau julukannya adalah Smiling Angel 🙂

Salah satu momen favorit para VIPs mungkin ketika BIGBANG menyanyikan Haru-Haru versi akustik. Di lagu ini, suara para penonton menggantikan suara para member BIGBANG, seolah-olah mereka ingin mempersembahkan lagu tersebut untuk idolanya. Lagu Lies dan Last Farewell pun tak lupa dinyanyikan oleh mereka. Dan sebelum mengakhiri konser megah tersebut, BIGBANG membawakan Heaven, Fantastic Baby dan Bad Boy sebagai encore. Sekitar 25 lagu dibawakan oleh BIGBANG dalam konser berdurasi 2,5 jam ini, dan VIPs pun pulang dengan hati senang.

Untuk hari kedua, kami memilih untuk menonton dari kelas Festival supaya kami bisa bebas bergerak mengikuti irama lagu. Begitu kami memasuki area Festival, bagian depan yang dekat panggung sudah lumayan padat. Sepanjang pertunjukkan, beberapa kali terlihat staf membopong penonton yang pingsan keluar. Keadaan ini membuat anggota BIGBANG khawatir dan Taeyang beberapa kali meminta penonton untuk mundur dan merenggangkan barisan depan. Yang lucu adalah ketika penonton Festival B sibuk memperhatikan TOP yang sedang berdiri di depan mereka, Taeyang sedikit kesal dan mengatakan, “Don’t look at TOP, look at me!”

Susunan lagu yang dibawakan masih tetap sama. Namun, tidak lagi berbicara tentang makanan, kali ini Seungri memamerkan frase bahasa Indonesia baru yaitu, ‘Di mana toilet?’ yang langsung membuat seisi MEIS tertawa. Di akhir pertunjukkan, Daesung pun dengan logat yang seperti logat Jawa berulangkali mengucapkan ‘selamat malam’ dan ‘selamat tinggal’. Momen lain yang berkesan pada hari kedua adalah ketika lagu Blue dibawakan, penonton serentak mengeluarkan lightstick biru yang sebelumnya sudah dibagikan. Lautan kuning berganti menjadi lautan biru dan suasana sendu pun kembali tercipta di MEIS.

Di hari terakhir ini, Seungri merekam aksi para hyung, penari dan band ketika encore. Hasil rekamannya bisa kalian lihat di akun Youtube YG loh! Peristiwa tidak terlupakan lainnya ketika encore adalah ketika seorang penonton nekat menaiki pagar untuk bisa memegang TOP yang sedang turun di Festival B. Jaket TOP sempat ditarik, tapi dengan sigap bodyguard langsung mengamankan si fan yang lepas kendali.

Big Daddy sebagai pihak promotor sudah bekerja dengan sangat baik, mengingat ini pertama kalinya mereka menyelenggarakan konser K-Pop. Ada sedikit kekurangan di sana sini. Seperti misalnya sistem antrian yang kurang diatur dengan baik, sehingga para penonton tribun yang notabene harusnya memiliki nomor tempat duduk tetap harus menganti dari pagi layaknya penonton di kelas standing. Kalau venue, tempat yang dipilih memang sudah tempat yang memiliki kapasitas paling besar di Indonesia, tapi masih kurang memadai dan kurang nyaman untuk penonton. Tapi terlepas dari itu, BIGBANG Alive Tour Jakarta membuat kami berkomentar : WOW, FANTASTIC BABY 😀

Momen-momen seru lainnya di BIGBANG Alive Tour Jakarta:

By @ira_ines, edited by AP.

Photo credits are as tagged.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s