SMTown in Jakarta 22092012: our photo blog

Tanggal 22 September lalu, sejak pagi Gelora Bung Karno dipadati banyak orang dan dipenuhi oleh teriakan. Bukan karena ada pertandingan sepak bola di sana, tapi karena ada SMTown Jakarta. Yup, akhirnya Indonesia diberi kehormatan untuk menyelenggarakan salah satu konser musik terbesar di Asia. Thanks to W Productions and MP Entertainment!

Pemilihan GBK sebagai tempat konser pun bagi kami sangat tepat. Ketika tim Relawan Konser masuk ke dalam GBK, kami semua terperangah melihat stadion ini sudah disulap menjadi tempat pagelaran musik yang luar biasa. Hampir satu lapangan sepak bola diubah menjadi panggung dan kelas festival. Setengah stadion diberikan untuk tempat duduk VIP dan tribun, sedangkan setengah lainnya digunakan untuk memasang poster berukuran besar semua keluarga SM. Melihat semua ini, kami semakin tidak sabar untuk menyaksikan jalannya konser. Sebelum konser dimulai (tepat waktu, pada pukul setengah 7 malam), penonton pun memanaskan suasana dengan yel-yel mereka. Cassiopeia yang berkumpul di tribun terus memanggil nama DBSK/TVXQ, disambut dengan yel dari para ELF. Namun pada akhirnya, semua fandom pun meneriakkan nama Indonesia. Kami bangga loh mendengar penonton Indonesia bisa sekompak ini 🙂

Yang patut disayangkan adalah ketika konser selesai sampah menumpuk di mana-mana 😦 Untuk berikutnya, semoga para penyelenggara konser bisa menyediakan lebih banyak tempat sampah ya. Selain itu, kita sendiri sebagai penonton juga harus sadar diri. Setidaknya sampah kecil seperti permen atau kantong plastik bisa kita simpan dulu. Namun, terlepas dari itu, kami memberi acungan jempol untuk promotor SMTown Jakarta karena proses pembelian tiket yang lancar, produksinya yang memukau dan konser berjalan dengan aman.

Walau sudah lebih dari seminggu berlalu, kami yakin banyak dari kalian yang belum bisa melupakan saat-saat indah, momen-momen mengharukan atau bahkan gerahnya GBK. Semoga foto-foto berikut bisa membuat kalian tersenyum ketika mengingat malam itu ya!

Penonton sudah berkumpul sejak pagi di GBK demi mendapatkan spot terbaik. Sambil mengumpulkan energi, kami pun duduk-duduk di rumput. Jadi seperti piknik loh, ONers! Sayangnya aja gak ada makanannya hehe. Oh iya, rumput GBK sudah dipasang pelindung sebelumnya, dan karena pelindungnya berpori kami jadi paham peringatan dari promotor kepada penonton festival untuk tidak mengenakan sepatu hak tinggi.

Berbeda dengan SMTown di kota lainnya, di Jakarta konser langsung dimulai dengan penampilan f(x). Dengan baju biru, f(x) (minus Sulli) tampil membawakan Hot Summer. Lagu yang pas untuk menggambarkan suasana panas di GBK saat itu! Tapi bener loh, ONers, hampir tidak ada hembusan angin jadi kebayang kan betapa kepanasannya mereka yang ada di kelas festival. Kembali ke f(x), Amber adalah anggota yang paling banyak diteriaki oleh penonton (termasuk salah satu dari kami yang teriakannya kenceeeeng banget).

Nama Kangta, mantan anggota H.O.T, mungkin tidak terlalu familiar di telinga penikmat musik K-pop sekarang. Tapi malam itu Kangta tetap tampil memesona dengan kacamata hitam dan senyumannya. Dan sepertinya Kangta suka sekali dengan kata ‘mantap’ ya? 😀

Key, Amber dan Kris sempat berkolaborasi untuk lagu Like A G6. Mereka bertiga menaiki cart dan bergerak ke panggung depan. Salah satu dari kami yang berada di festival B sempat berada begitu dekat dengan Key, and how he banged his head like a rock star!

Salah satu penampilan favorit kami adalah ketika Super Junior dan f(x) membawakan Oops. Mereka semua begitu lincah di atas panggung dan lirik yang ditayangkan di layar membuat penonton geli. Apalagi Siwon tiba-tiba muncul di atas panggung, tebar pesona, mencium Eunhyuk dan kemudian ngeloyor pergi 😀

Nah, kalau yang berikut ini mungkin membuat banyak fangirls histeris iri ya? Changmin TVXQ dan Kyuhyun Super Junior berduet membawakan Just The Way You Are-nya Bruno Mars. Changmin muncul dari sebelah kanan panggung dan Kyu dari sebelah kiri. Dengan cart, mereka pun sampai ke panggung depan dan di sana seorang fangirl berbaju biru sudah duduk manis. ChangKyu pun berlutut bernyanyi untuk si fangirl beruntung (hayo siapa yang klepek-klepek mupeng?). Selain itu, si fangirl mendapatkan pelukan dari kedua cowok ini. Bahkan Changmin menyeka air mata si fangirl segala loh!

Walau menjadi yang termuda di keluarga SM, bukan berarti EXO minim penggemar. Ketika Kris dkk naik ke panggung, teriakan para fangirls semakin tak terkendali. Pssst, kami juga melihat banyak fanboys EXO loh 😉 Kalau di Super Show 4 lalu hanya EXO M yang datang, kali ini mereka komplit ber-12. Dalam sesi perkenalan, beberapa dari mereka menyapa dalam bahasa Indonesia. Lucunya, mereka tidak malu untuk mengintip contekan di tangan mereka. Chanyeol, anggota EXO-K, pun sempat salah dan malah mengucapkan, “Kami sayang saya,” bukannya “Kami sayang kalian.”

Xiumin EXO-M yang sampai akhir acara tetap terlihat bersemangat!

Beberapa anggota EXO juga tampil bersama TTS dalam lagu DJ Got Us Falling in Love. Fans-nya D.O. mana suaranya?

Pada sesi dance battle,  Tao EXO dan Victoria f(x) tampil duluan dengan tarian khas Cina yang dipadukan dengan wushu. Kemudian disusul dengan Kai (EXO), Taemin (SHINee), Yoona, Yuri dan Hyoyeon (SNSD) dan Yunho (TVXQ) yang keluar belakangan.

Sayang sekali menurut kami malam itu BoA tampil kurang maksimal.  Sebagian penonton pun lebih memilih untuk beristirahat dan duduk-duduk dibandingkan melihat BoA. Tapi Only One tetap saja ditunggu, dan untuk SMTown di Jakarta, BoA menari bersama Taemin SHINee.

SHINee tampil cemerlang di SMTown Jakarta! Mereka membawakan lagu-lagu seperti Lucifer, Love Like Oxygen, dan beberapa lagu diaransmen ulang sehingga terdengar tampil lebih nge-rock di atas panggung.

Ketidakhadiran Minho ditutupi dengan anggota EXO, Luhan dan Sehun, dan agar koreografi Sherlock tidak terganggu, seorang penari latar menggantikan Minho. Kostum SHINee juga sangat menarik, cocok dengan imej mereka yang muda dan edgy.

Shawol sempat menyanyikan’ happy birthday’ untuk Key yang pada tanggal 23 September berulangtahun ke 21.

Apa komentar kalian tentang duet Taemin dan Jonghyun ketika Internet War? Cukup panas ya? Tapi sayang pas terakhir borgolnya gak nyangkut di tangan Taemin ya, Jonghyun :p

Walau sudah beberapa kali manggung di Jakarta, kehadiran Super Junior tetap ditunggu oleh penonton Indonesia, mulai dari Superman yang selalu membuat bulu kuduk merinding sampai Dancing Out yang turut mengajak penonton bergoyang. Lalu kami yakin beberapa dari kalian pasti terharu bisa melihat Kangin di atas panggung kembali 😀

Zhoumi dan Henry (yang absen ketika Super Show 4) juga akhirnya kembali ke Jakarta dan bersama Super Junior M membawakan Perfection. Seperti biasa, Super Junior sangat playful dan berusaha memberikan yang terbaik untuk para ELF dan penonton lainnya, dan keliatan sekali betapa mereka sudah merasa akrab dengan penonton Indonesia!

Bias-nya siapa ini?

Kini giliran SONE yang jejeritan ketika SNSD naik ke panggung. Kesembilan gadis cantik ini membawakan hits-hits mereka seperti Gee, Genie dan puncaknya adalah The Boys dengan kostum biru putih mereka yang sangat keren itu.

Para admin kagum sama para fanboys yang tidak malu dan ragu untuk menunjukkan kecintaan mereka sama SNSD, terlihat dari kaos pink dan light saber pink yang mereka bawa 😀 Mereka juga kompak mengucapkan selamat ulang tahun ke Hyoyeon yang tepat berulangtahun pada tangal 22 September.

Setelah menunggu lama, Cassiopeia  pun akhirnya bisa menikmati penampilan TVXQ! di Indonesia. Walau terlihat sangat kepanasan, Yunho dan Changmin memukau ketika membawakan Maximum, Mirotic, Keep Your Head Down dan Rising Sun. Rising Sun menjadi puncak konser malam itu dengan tata lampu yang gemerlap dan kembang api besar yang mewarnai langit malam Jakarta.

Changmin mengatakan bahwa mereka ingin kembali ke Indonesia. Yuk doakan saja ada promotor Indonesia yang tertarik 🙂

Sebagai penutup, seluruh anggota keluarga SM keluar (kecuali Leeteuk yang sedang tidak sehat) dan membawakan Hope. Balon putih kemudian dilepas, menambah meriahnya suasana malam itu yang sebelumnya sudah dipercantik dengan kembang api.

Satu malam yang tidak terlupakan ya, ONers? We hope you had fun at SMTown too, and see you at the next concert!

Tunggu cerita kami berikutnya dari konser JROCK EVOLUTION Jakarta, INORAN Hongkong dan Big Bang Alive Tour Jakarta!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s